Pantai klayar pacitan Cantik ada sruling samudera

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Pantai klayar pacitan Cantik ada sruling samudera

,
Triprofik.com Pantai klayar pacitan adalah sebuah destinasi wisata cantik di daerah pacitan jawa timur, tak jarang pantai ini sering dijadikan tempat liburan para wisatawan yang memang ingin berniat untuk berkunjung ketempat ini.
gambar by:Raden paku



Dihiasi dengan tebing tinggi curam sehingga menambah panorama cantiknya pantai klayar, pantai klayar terkenal dengan lagunya didi Kempot yang memang asli lagu campursari, menjadi topang terkenalnya pantai klayar dipacitan ini.

Lagu pantai klayar
Indahnya pemandangan dipantai klayar membuat pantai ini dijadikan sebuah judul lagu oleh seorang campursari Didi kempot, dan juga proses penyutingan video klip dilakukan di pantai ini, berikut lagu dan videonya.


Rute menuju pantai klayar pacitan
Pasir dengan warna kecoklatan yang luas menghiasi sepanjang pantai klayar sehingga menjadi primadonanya pacitan, pantai selatan ini berlokasi di desa Kalak, kecamatan Donorejo, kabupaten Pacitan , provinsi Jawa timur.

Apabila dari pusat kota pacitan kamu tinggal mengikuti arah bis solo-pacitan dipertigaan dadapan belok kiri, kemudian setelah sampai didesa candi belok kanan lalu lurus dan ikuti arah sehingga sampai disebuah pertigaan lalu ikuti papan petunjuk arah yang menuju pantai klayar dipacitan tersebut.

Untuk rute dari berbagai kota lainnya kamu tinggal ambil ancer-ancer dari arah kota pacitan sehingga menjadi mudah dalam perjalanan kamu, atau tinggal mengikuti arah petunjuk google maps.

Asal-muasal nama pantai klayar
Nama pantai klayar  ada dua versi, untuk versi yang pertama, Dahulu kala ada sebuah perahu besar terdampar di daeran pantai klayar tersebut, adanya perahu sebelum terdampar masih terombang ambing terbawa ombak, hal ini dinamakan Glayar namun lama kelamaan sebutan Glayar berubah menjadi Klayar sehingga terkenal sampai sekarang.

Untuk versi kedua: Dari awal pantai ini sudah sering dikunjungi oleh penduduk setempat baik sore hari ataupun pagi hari, istilah klayar di ambil dari bahasa jawa yang berasal dari klayar-kluyur dan mempunyai arti jalan-jalan, nah untuk mempermudah penyebutan maka tersebutlah nama panggilan dengan Klyar.

Tiket masuk pantai klayar pacitan
Menikmati pantai klayar kamu hanya tinggal membayar tiket 5000 per orang dihari biasa, untuk hari libur sabtu dan minggu kamu dikenakan biaya 10.000 per orang, bagi yang membawa kendaraan pribadi sepeda motor dikenakan biaya 2000 untuk parkir dan 5000 untuk mobil, dengan biaya segitu kamu dapat menikmati indahnya pantai Klayar ini.



Obyek wisata pantai klayar

1.Hamparan pasir panjang dan luas
Klayar mempunyai gradasi pasir putih dan bertransisi kecoklatan bila sudah mendekati bibir pantai, pemandangan ini dapat dilihat dengan dron sehingga dari arah kejauhan luas pantai klayar lebih indah dan panorama alam khas pantai selatan dengan ombaknya yang besar serta warna toska air laut.

2.Batu karang raksasa
Dibagian tengah pantai klayar terdapat sebuah batu karang raksasa yang dapat dinikmati oleh pengunjung, dan sudah dilengkapi dengan safety pengunjung agar tidak mendekati tebing, sehingga aman untuk dinikmati pengunjung yang yang membawa anak kecil, batu karang ini konon katanya berasal dari pertarungan mahluk gaib, namun juga dapat dilihat hasil dari bentukan erosi air laut dari tahun ketahun.

3.Sruling samudra
Nah destinasi ini paling seru dan dapat kita bermain didekat seruling samudra ini, aktraksi ini terjadi karena adanya lubang ditengah batu karang dan apabila hembusan angin dan air laut bersamaan maka hembusan angin membawa air laut terjun keatas permukaan dan menimbulkan bunyi layaknya seperti seruling samudera.

4.Batu Sphinx dan Sumur
Batu karang yang terbentuk oleh benturan air laut menggambarkan bentuk sphinx yaitu patung singa raksasa yang terdapat dimesir, maka tak jarang penyebutan batu karang tersebut dengan sebuah nama sphinx.

Selain itu terdapat sebuah sumur diantara bebatuan karang tersebut dengan ukuran lebar yang bemacam-macam, ada tiga buah sumur yang disebut dalam pantai klayar ini.


Luasnya pantai klayar ini membuat wisatawan kelelahan jika harus jalan kaki dari awal sampai ujung pantai, nah untuk mengatasi hal ini kamu dapat menyewa ATV yamg terdapat disekitar pantai, kamu dapat jalan-jalan lebih puas dan tidak capek menelusuri pantai klayar, apalagi bersama sahabat atau teman-teman kamu.

wisata ini begitu lengkap dengan adanya sebuah warung-warung yang menyajikan makanan untuk sekedar mengisi kekosongan perut selama menjelajahi pantai ini, jadi tidak usah khawatir deh kalau soal makan-makan.

Pantai ini selalu rame pengunjung loh, hampir tiap hari pantai ini tidak pernah sepi, memang sih pantai ini dapat kita nikmati sambil menghilangkan penatnya pekerjaan sehari-hari dan semoga dapat terhibur ya.

Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler