Apa itu Dejavu? dan apa penyebabnya

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Apa itu Dejavu? dan apa penyebabnya

,
Triprofik.com-Apa itu Dejavu ? pertama kali saya mendengar nama Dejavu, saya begitu merasa aneh dan asing dengan sebutan Dejavu akan tetapi setelah saya menelusurinya, Dejavu adalah sebuah keadaan yang seolah-olah pernah mengalaminya, hal ini terjadi sekitar 10 sampai 30 detik dan mungkin bisa lebih dari satu kali, hal ini memang sering terjadi pada sebagian orang dan dan bahkan hidup dilingkaran waktu Dejavu.

Ternyata saya pernah mengalami Dejavu
waktu itu saya pernah, bahkan sering mengalami suatu keadaan yang seolah-olah pernah terjadi pada saya sebelumnya, dan serentak saya terkejut dengan sebuah keadaan tersebut, akupun memberi tau pada orang-orang sekitar disaat kejadian, namun mereka tidak menanggapinya, bahkan mereka seperti berada dialam lain yang sepertinya mereka tidak mendengar apa yang saya katakan.



Sekitar jam 13:00 siang itu saya meresakan kejadian yang saya rasa pernah terjadi sebelumnya itupun saya kaget dengan suatu keadaan tersebut, menurutku ada sesuatu yang aneh dan jarang terjadi, dan ini saya rasakan sekitar tiga kali kejadian, sejatinya saya tidak tau apa yang terjadi pada saya, namun beberapa tahun kemudian tepat saya menulis artikel ini saya mulai tahu apa yang saya alami itu dan ternyata disebut Dejavu.

Asal usul kata Dejavu
Dejavu berasal dari bahasa prancis  “déjà vu”  yang artinya "sudah pernah melihat" nama ini dicetuskan oleh  Émile Boirac seorang filosofis dan ilmuwan asal Prancis pada tahun 1876. para ilmuwan sudah banyak yang mencoba memecahkan apa dan mengapa Dejavu bisa terjadi, salah satu ilmuwan mengungkapkan Sigmund Freud: terjadinya Dejavu karena mempunyai keinginan yang masih terpendam, Sementara menurut Carl Jung, dejavu berhubungan dengan alam bawah sadar kita. 

Penjelasan Dejavu ini sangat sulit terpecahkan bahkan tidak ada simulasi yang dapat menggambarkan tentang Dejavu, akan tetapi sebagian orang pernah mengalaminya dan hal ini tidak begitu berdampak buruk pada seseorang yang mengalaminya.

Penyebab Dejavu

1. Error
Otak manusia juga bisa mengalami error, ingatan yang bocor akan menyebabkan penyimpanan memori otak bocor sehingga kejadian yang dialami sekarang  tidak dapat tersimpan dengan baik, yang mana kejadian masa lalu bocor dan seolah-olah kejadian sekarang sudah pernah terjadi di masa lalu, namun sejatinya kejadian sekarang tidak pernah terjadi dimasalalu hanya saja kita yang merasakan kejadian tersebut sudah pernah terjadi.

2.Reminder
Dejavu memang suatu hal jarang terjadi pada manusia, namun yang pernah mengalami ini akan merasakan suatu hal asing dan aneh dan bahkan mereka akan beranggapan ada suatu hal yang mereka takuti akan terjadi, dan itu saya alami sendiri, namun salah satu penyebab Dejavu ialah Reminder yang mana otak berusaha mengingat pada suatu keadaan yang bisa berupa suasana,waktu, tempat, objek, suara dan beberapa perasaan sehingga memicu ingatan yang sudah tersimpan dalam otak sebelumnya.

3.Organised Thought
Taukah anda ?.. otak manusia memiliki sebuah pola yang dapat menyimpan suatu kejadian yang berupa Bau, rasa, suasana, percakapan, atau yang sejenisnya sehingga jika terjadi hal yang sama pada kejadian yang merupakan contekan dari rasa atau kejadian yang sejenisnya seakan-akan kejadian tersebut pernah dialaminya.


Menurut Dr. Michio kaku Dejavu adalah kesalahan otak yang memicu ingatan yang salah dalam mengingat suatu hal, otak mengambil suatu potongan ingatan yang berupa kejadian atau suasana serta beberapa objek tertentu yang sejatinya tidak ditemukan kapan dan pernah terjadi apa tidak. minimnya ingatan yang sulit dingat akan menyebabkan bercampurnya kejadian yang seolah-olah sama.

Lingkaran waktu misterius
Dilansir dari bbc.com ada sorang pri terjebak oleh lingkaran waktu atau kejadian yang meraka seolah-olah pernah mengalaminya yang disebut Dejavu.



pria ini mengalaminya selama beberapa menit bahkan lebih sehingga tidak dapat memikirkan hal lain selain kejadian yang pernah dialaminya, pria ini merasakan suatu episode di film  thriller Donnie Darko.

Adanya suatu peristiwa disaat dia ingin memotong rambut lalu dia mengalami DEJAVU sehingga tidak dapat memikirkan hal lain, lingkaran waktu yang membuat pria ini terjebak dalam Dejavu , kata Dr Moulin.

Berikut istilah Kejadian yang hampir sama
Dejavu: kejadian yang seolah-olah pernah terjadi pada seserorang yang seakan-akan kejadian tersebut pernah dialaminya.

Jamais vu : kebalikan dari Dejavu atinya tidak pernah melihat, yaitu untuk menjelaskan sesuatu yang biasanya akrab namun terasa asing atau aneh dan ganjil.

Presque vu: artinya Hampir melihat, jika digambarkan, berusaha  mengingat atau hampir ingat suatu keadaan yang pernah diingat, seperti sedang belajar atau menjawab soal ujian.

Déjà entendu: artinya sudah pernah mendengar seperti percakapan atau sebuah kata yang pernah didengar atau juga bisa diartikan mendengar sebuah lirik lagu dan musik.

Sekian apa yang dinamakan Dejavu , semoga dapat membantu pemahaman atau kejadian yang mungkin anda alami.





Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler