-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Pantai Malekambang Malang, pas benget bagi yang suka sejarah dan pantai

Post a Comment
Gambar oleh akun Facebook Sandi Privat
Triprofik.com-Pantai Malekambang Malang-Hai sobat my trip, sudah lama nich tidak mengupas seputar wisata , dikarenakan ada sedikit kesibukan yang lain, sehingga lupa untuk menyenangkan diri, ok gaes kali ini saya akan mengupas wisata Pantai Balekambang malang , kota Malang sendiri berada di provinsi jawa timur, kota terbesar kedua setelah kota Surabaya dan kota terbesar ke 12 se Indonesia.



Pantai di malang balekambang adalah sebuah pantai yang terletak di pesisir selatan pulau jawa ini dan  berhadapan langsung dengan samudera Indonesia, yaitu dengan titik letak secara administratif masuk wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur dan merupakan salah satu wisata andalan Kabupaten Malang sejak 1985 hingga kini.

Uniknya Pantai  ini  adanya sebuah pura yang posisinya berada di tengah pantai dan tepat diatas batu karang , kebanyakan orang menyebutnya Pantai balekambang ini dengan Tanah Lot-nya jawa timur. 

Wisata pantai malang terfavorit

Jika dilihat dari beberapa gambar pantai balekambang membuat diri ini ingin sampai pada Pantai balekambang, dengan adanya pemandangan indah, merupakan sebuah tempat paradise jawa timur. apalagi ditambah cantiknya dengan wisata alami yang terbentuk ribuan tahun yang lalu.

Untuk Jam buka seperti halnya pantai lainnya,  yang merupakan wisata alami tentunya buka selama 24 jam , dan dapat dikunjungi kapan saja anda mau berlibur.

Pantai merupakan tempat menenangkan hati dan pikiran kita, selalu bersahabatlah dengan pantai jangan musuhi mereka dengan sampah manusia,  jadi  Pantai balekambang banyak tempat dan cara berlibur sesuka hati kamu sobat my trip.


Gambar oleh akun Facebook Jatimku

Rute Menuju Pantai Pantai balekambang

Akses untuk menuju Pantai balekambang tergolong cukup mudah yaaa, apalagi dengan adanya Google maps yang selalu setia menemani perjalanan sobat, tapi kadang google maps juga bingung nichhh menentukan lokasi yang bener bagi pengunjungnnya,  sehingga membuat sobat kesasar dan tak tentu arah tujuan, heheh...ya jalan satu-satunya mencari informasi melalui artikel yang mengupas tuntas tentang suatu tempat yang ingin sobat kunjungin.

nah untuk Pantai balekambang berkisaran 60 kilometer dari kota malang, dengan kondisisi jalanan mulus, akan tetapi akses jalanan berupa tanjakan tajam dan belokan yang begitu menantang, namun sobat tetap disuguhi dengan pemandangan indah yang  belum sobat lihat lohhh, pasti terbayar dechhh perjalanan sobat....

Tempat hunting di sawojajar

Jika  di tempuh dengan angkutan umum,  anda bisa mulai dari Terminal Arjosari Malang, anda tinggal menggunakan jasa angkutan umum seperti Bus yang memiliki jurusan ke terminal Gadang, kemudian setelah sampai terminal Gadang anda melanjutkan dengan angkutan umum yang menuju ke Bantur, Dari Bantur anda dapat turun di Gondang legi atau Pagelaran.


Wisata malang terfavorit

Dari Gondang LEGI atau Pagelaran anda dapat menggunakan jasa ojek yang cukup banyak ditemukan di tempat ini, yang pasalnya tidak ada angkutan umum yang menuju langsung pada wisata Pantai Balekambang ini.

Dan jika anda rombongan, tentunya kendaraan pribadi lebih aman dan lebih mudah untuk menuju Pantai Balekambang ini. 

Disepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan pepohonan lebat yang masih alami, seakan-akan menuju tempat misterius saja sobat... jadi sobat secara tidak langsung akan menikmati pemandangan selama dalam perjalanan ini.



Pantai di malang yang dekat

lain sobat menikmati Pantai balekambang dengan menyusuri bibir pantai, sobat juga dapat menjelajahi sebuah pulau kecil yang  berada ditengah pantai dan sobat dapat meng explor pulau ini, sebab ada sebuah jempatan yang menghubungkan antara pulau-pulau ini lohhh, cukup indah bukan ?....
Gambar oleh akun Facebook wisata malang
Sejarah Awal Terbukanya Pantai Balekambang

Pantai balekambang ini dulunya tidak begitu dikenali oleh wisatawan, dikarenakan lokasinya yang tertutup pepohonon lebat, namun setelah perangkat desa Srigonco  mencoba membuka akses menuju Pantai balekambang agar masyarakat luas dapat mengenali Pantai balekambang ini, selain karena pantainya yang menyajikan pemandangan  indah, jadi cukup bersaing dengan panta-pantai yang lain, dan pada akhirnya Pantai balekambang juga dapat di akses dan dikenal oleh masyarakat luas hingga saat ini.

Pembukaan lokasi ini terjadi pada tahun 1978 lohhh cukup lumayan lama yaa sobat my trip, sehingga bupati Malang meresmikan Pantai balekambang ini, yang waktu itu Bupati Malang masih dipinpin oleh Eddy Slamet.

Sepotong Kisah di Pantai Balekambang

Ada sebuah Lagenda di Pantai balekambang, yaitu setiap malam suro atau malam bulan Muharrom
makam Syaikh Abdul Jalil  ramai dikunjungin para peziarah,  konon katanya Syaikh Abdul Jalil adalah yang pertama membuka akses untuk menuju   Pantai balekambang hingga dapat dikunjungin saat ini, Syaikh Abdul Jalil adalah seorang ulamak yang berasal dari Yogyakarta.

Selain itu  Pantai balekambang juga penyimpan sejarah agama Hindu , hal ini kerena adanya sebuah pura Amarta yang berada di pulau Ismoyo, yang menjadi tujuan acara nyepi di pantai ini, jadi pantai Pantai balekambang menjadi rame pengunjung di saat upacara nyepi sudah hampir dimulai.

Hiburan Yang Dapat Anda Nikmati
 Pantai balekambang malang ini juga menyajikan berbagai kegiatan outdoor  dengan membayar 20.000 saja,  begitu juga sobat sambil menikmati indahnya pemandangan laut, dengan biota laut yang sangat mengagumkan ini.

ok sobat my trip sampai disini dulu ulasan tentang Pantai Balekambang Malang jika ada kesempatan sempatkan berlibur yaaaa, mungkin ada jadwal liburan yang sudah tidak menemukan referensi, nah ini saatnya sobat mengunjungi wisata Pantai Balekambang Malang yahhh......

Tiga Pulau yang ada di pantai Balekambang
Pantai Balekambang identik dengan adanya tiga pulau yang terletak hampir menengah dari bibir pantai, pulau-pulau ini yang pertama bernama pulau Anoman, pulau Ismoyo dan juga pulau Wisanggeni.
 
Gambar oleh akun Facebook Piknik yuk

Keindahan pulau kecil dapat dilihat dari bibir pantai dan juga dapat anda kunjungin melalui jempatan yang sudah disediakan, dan pasalnya terdapat sebuah Pura Amarta di Pulau  ini. anda juga dapat menyasikan biota laut dari pantai ini.


selamat berlibur dan tetap utamakan safety keselamat kita ya sobat......


 

Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close