-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Dampak Positif Dengan Adanya Perbedaan Madzhab

Post a Comment
Dengan adanya perbedaan itulah Islam dengan mudah di kerjakan oleh penganutnya, sebab perbedaan tidak selamanya menjadi sebuah pemisah antara ummat, dengan perbedaan ummat islam dapat berbagi dan tetap dalam kontesk AL-Qur'an dan Hadist.

yang mana sebuah pedoman dari asal-muasal yang satu hukum namun di kembangkan dengan perbedaan yang masih dengan dalil yang sama.

Dalil utamanya tetap merujuk pada al-Qur'an dan Hadist, meskipun berbeda pendapat intinya tetap ada dalil di antara penganut Madzhab itu sendiri.

dampak positif dengan adanya perbedaan Madzhab itu sendiri sangat jelas dan dapat mempermudah untuk menngerjakan hukum-hukum dalam islam itu sendiri.

  1. Memudahkan masyarakat untuk merujuk pada hukum yang sesuai keinginannya. dengan catatan masih dalam lingkup 4 Madzhab yang sudah terkenal dalam bidang fiqih.
  2. Memperkuat hukum fiqih Islam dengan cara ijtihad atau mengikuti pendapat paling kuat.
  3. Tetap sah meskipun mengikuti Madzhab tertentu apabila berada di suatu daerah yang beda Madzhab, yang mana hal ini telah di contohkan oleh imam Syafi'i di saat sholat berjama'ah saat mengunjungi gurunya yaitu Imam Malik. atau lebih di kenal dengan Madzhab Maliki
  4. Menghidari sikap Taqlid Madzhab di kalangan Masyarakat

Adapun dampak negatifnya> ialah dengan adanya anggapan salah, oleh orang yang tidak tahu-menahu tentang Madzhab yang bukan di anutnya, sehingga beranggapan orang lain tidak sah melaksanakan hukum islam seperti sholat atau yang lainnya. yang mana hal ini dapat terjadi pada orang awam, serta fanatik dengan perbedaan yang belum mereka ketahui.



Jika di lihat dalam bentuk tabel, maka bentuknya seperti di bawah ini.




Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close