-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Perbedaan mendalam operasi sistem Windows 32bit dengan 64bit

Post a Comment
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay
Triprofik.com-pengertian 32 bit dan 64 bit- Dulu di awal-awal saya menggunakan komputer tidak begitu paham apa yang berkaitan dengan komputer, yang penting saya menggunakannya sesuai kebutuhan saya, bisa online atau simpan menyimpan data seperti lagu, film, foto dan berbagai data yang dapat disimpan di dalam memory komputer, memang sich saya tidak pernah kursus langsung tentang ilmu komputer hanya saja setiap harinya berkecipung di dunia komputer.



pengalaman saya di saat mau mendownload aplikasi editor video yang berkualitas tinggi hampir satu GB, namun setelah selesai mendownload aplikasi tersebut tidak dapat terinstal di komputer saya, hanya ada keterangan berbahasa ingris yang jika di terjemah " operasi windows tidak kompatibel dengan 32 bit, akhirnya saya cari tau tentang apa yang dimaksud 32bit tersebut, setelah saya cari sana-sini dengan bertanya pada kawan yang lebih berpengalaman dari saya, dan juga googling di mbah google, ternyata keterangannya begini.


Perbedaan windows 32bit dengan 64 bit

ternyata di dalam komputer itu terdapat operasi windows 32bit dan 64bit jika di lihat dari angkanya saja cukup menentukan perbedaan tersebut, windows 32bit dan 64bit adalah satuan angka yang mengacu pada operasi sistem pc atau CPU yang menangani informasi bit di dalam berbagai komputer.


Arti dari nama atau jumlah bit itu sendiri

dalam pembahasan ini kita menganali jumlah yang tertera pada masing-masing bit tersebut, agar tidak membingungkan kita ambil contoh saja.

dalam 32bit komputer kita mampu menampung 64 nilai komputasi begitu juga sebaliknya dengan 64bit yang mampu menampung 4 kali lebih banyak yaitu sekitar 256 nilai komputasi, dari sini saja kita sudah mulai paham perbedaannya.



Hubungan yang di hasilkan 64bit dengan 32bit

sistem ini sangat menentukan apa yang dijalankan dalam operasi di komputer kita dan memiliki hubungan erat dengan prosesor yang di miliki pada komputer yang dijalankan, untuk menggunakan versi antara 32bit dengan 64bit sebaiknya di sesuaikan dengan prosesor yang sudah tertanam dalam komputer kita.


misalnya jika prosesor anda menggunakan 64 maka di sarankan untuk menggunakan 64bit pula, meskiput dengan 32bit masih bisa berjalan, namun alahkah baiknya jika sesuai kebutuhan komputer anda.

namun jika prosesor anda menggunakan sistem 32bit maka anda harus menggunakan 32bit, jika menggunakan 64bit maka komputer anda tidak kompatibel,  singkatnya jika prosesor anda menggunakan sistem 64bit sudah pasti bisa dengan 32bit namun jika prosernya 64bit maka tidak akan kompatibel menggunakan 32bit.

Perbedaan di tinjau dari segi RAM ( Random access memory )

jika di tinjau dari segi ram maka sistem operasi 32bit hanya mampu menggunakan ram 4 GB ke bawah, itupun yang dapat dijalankan sekitar 3 GB ke bawah hingga 2 GB saja,

Berbeda dengan sistem 64bit yang mampu menggunakan ram maximal 192 GB. Sistem ini mampu di gunakan dengan pekerjaan yang di anggap berat oleh komputer seperti editor video, game dengan spesifikasi  tinggi ataupun para editor yang sudah profesional.



Dalam segi penggunaannya

Dalam segi penggunaanya windows 32bit cenderung denga pekerjaan yang ringan-ringan saja, seperti internetan, mengetik dan pekerjaan kantoran lainya.

berbeda dengan windows 64bit yang mampu meng operasikan pekerjaan ber kapasitas tinggi, khususnya para editor youtuber atau keperluan editing lainnya seperti fotoshop.


Kelebihan serta kekurangan yang terdapat dalam windows 32bit dan 64bit

Tentunya dalam hal ini sangat menentukan dari awal pembahasan artikel ini atau poin penting yang wajib kita ketahui, agar kita tidak salah pilih menggunakan operasi simtem windows yang sesuai dengan komputer kita.


Kelebihan sistem operasi 32bit
  1.  kompatibel dengan driver lama
  2. kompatibel dengan softwer lama serta cocok untuk pengguna komputer lawas
  3. mampu bekerja secara optimal meskipun mempunyai Ram 2GB

Kekurangan sistem operasi 32bit

  1. tidak dapat menggunakan Ram 4 GB
  2. tidak kompatibel dengan softwer berat
  3. terbatasnya softwer baru yang cocok dengan operasi sistem32bit
  4. tidak mampu menjalankan pekerjaan berat seperti para editing


Kelebihan operasi sistem 64bit

  1. Mampu membuat pekerjaan prosesor lebih cepat dan optimal
  2. dapat menggunakan softwer yang kompatibel dengan sistem 32bit
  3.  sangat cocok dengan softwer terbaru
  4. lebih cepat dalam pekerjaan
  5. mampu melakukan pekerjaan berat seperti editing, main game berat hingga membuat animasi 3D

Kekurangan sistem operasi 64bit

  1. tidak kompatibel dengan softwer lawas yang masih banyak di gunakan
  2. tidak cocok dengan komputer lawas yang kebanyakan softwer dan drivernya tidak kompatibel

Cara mengetahui komputer mengunakan operasi sistem 32bit atau 64bit

jika windows 7
pertama anda tinggal tekan tombol win atau klik start di pojok kiri bawah kemudian klik kanan my komputer pilih propeti maka akan muncul data operasi yang di gunakan pada komputer anda. cukup mudah bukan.


sekian sedikit keterang perbedaan antara operasi sistem 32bit dan 64bit, jika ada yang tidak di pahami kasik tau kami yaa..dengan komen di bawah.
Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close