-->

Menggunakan Shape di PowerPoint untuk Membuat Presentasi yang Lebih Menarik

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Kali ini, kita akan membahas artikel tentang cara menggunakan shape di PowerPoint untuk membuat presentasi yang lebih menarik dan profesional. Shape adalah bentuk-bentuk geometris yang dapat kita sisipkan ke dalam slide PowerPoint untuk membuat diagram, grafik, ilustrasi, atau dekorasi. Shape sangat berguna untuk menyampaikan informasi secara visual dan membuat slide kita tidak membosankan.

Shape pada Power Point

Tahukah kamu, bahwa shape di PowerPoint bisa kita manfaatkan dengan berbagai cara yang kreatif dan inovatif? Pasalnya, Shape di PowerPoint tidak hanya sekedar bentuk-bentuk biasa yang dipilih dan tempelkan begitu saja. Shape pada PowerPoint bisa kamu ubah, gabungkan, isi dengan gambar, dan format dengan berbagai efek yang menawan.

Menggunakan shape di PowerPoint dengan cara yang tepat, bisa membuat presentasi menjadi lebih menonjol, unik, dan profesional. Kita bisa membuat slide yang memikat perhatian audiens dan meninggalkan kesan yang positif. Selain itu juga bisa menyampaikan pesan dengan lebih efektif dan meyakinkan.

Lalu, bagaimana caranya? Simak tutorial berikut ini sampai selesai ya. Kamu akan melihat betapa mudah dan menyenangkan menggunakan shape di PowerPoint. Ayo, kita mulai!

Cara Menggunakan Shape di PowerPoint 

Pertama, kita akan membahas cara membuat slide PowerPoint menjadi lebih menarik dan profesional dengan memanfaatkan fitur shape. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, shape merupakan elemen yang dapat mempercantik tampilan slide dan membuat presentasi kita lebih dinamis. Yuk, simak langkah-langkahnya!

1. Buka PowerPoint dan Pilih Slide

Pertama, bukalah program PowerPoint dan buat slide baru. Pilih slide yang akan diberi shape atau buat slide baru sesuai kebutuhan presentasimu.

2. Pilih Menu "Shapes"

Pada ribbon di bagian atas, klik tab "Insert" dan pilih menu "Shapes." Di sana, kamu akan menemukan berbagai pilihan bentuk geometris dan objek lainnya.

3. Pilih Shape yang Diinginkan

Setelah memilih menu "Shapes," pilihlah bentuk yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ada banyak pilihan, mulai dari lingkaran, persegi, panah, hingga bentuk-bentuk khusus lainnya.

4. Gambar Shape di Slide

Selanjutnya, klik area slide dan tarik kursor untuk membuat shape sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kamu juga dapat menggunakan handle pada shape untuk mengubah ukuran dan bentuknya.

5. Atur Warna dan Gaya Shape

Klik kanan pada shape yang telah dibuat, lalu pilih "Format Shape." Di sana, kamu dapat mengatur warna isi (fill), garis (outline), efek bayangan, dan berbagai opsi penataan lainnya sesuai dengan keinginanmu.

6. Duplikasi dan Pengelompokan Shape

Untuk menciptakan desain yang lebih kompleks, kamu bisa menduplikasi shape dan mengelompokkannya. Klik kanan pada shape, pilih "Copy," dan kemudian "Paste." Setelah itu, kita bisa mengelompokkan shape tersebut.

7. Animasikan Shape (Opsional)

Untuk memberikan efek animasi pada shape, pilih tab "Animation" dan pilih efek animasi yang diinginkan. Pastikan animasi tersebut mendukung presentasimu dan tidak terlalu berlebihan.

8. Simpan dan Lihat Presentasimu

Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan perubahan setelah mengedit shape. Lihat tampilan slide secara keseluruhan untuk memastikan semuanya terlihat sesuai dengan yang diinginkan.

Cara Format Shape di PowerPoint

Selanjutnya, kita akan membahas langkah-langkah cara memformat shape di PowerPoint agar tampilan presentasimu semakin menonjol. Yuk, simak langkah-langkahnya dengan seksama!

1. Pilih Shape yang Ingin Diformat

Pertama, klik pada shape yang ingin kamu atur tampilannya di dalam slide PowerPoint. Pastikan shape yang dipilih sesuai dengan konsep presentasimu.

2. Buka Tab "Format"

Setelah memilih shape, buka tab "Format" yang terletak di bagian atas PowerPoint. Tab ini akan memberikan akses ke berbagai opsi penataan shape.

3. Atur Warna Shape

Selanjutnya, klik pada menu "Shape Fill" untuk mengganti warna isi shape. Pilih warna yang sesuai dengan tema atau pesan yang ingin disampaikan. Kamu juga bisa menggunakan opsi "More Fill Colors" untuk warna kustom atau "Picture" untuk menggunakan gambar sebagai isi shape.

4. Modifikasi Garis Shape

Gunakan opsi "Shape Outline" untuk merubah tampilan garis shape. Kamu bisa memilih warna, ketebalan, atau gaya garis yang cocok. Jika garis tidak diperlukan, klik "No Outline" untuk menghapusnya.

5. Tambahkan Efek Visual

Pilih "Shape Effects" untuk menambahkan efek visual pada shape. Ini termasuk bayangan, kilauan, atau efek 3D. Jelajahi opsi "3-D Format" atau "3-D Rotation" untuk penyesuaian yang lebih rinci.

6. Kesempatan untuk Eksperimen

Pada tahap ini, cobalah untuk memodifikasi shape sesuai kebutuhan dan selera kamu. Eksplorasi warna, garis, dan efek visual untuk mendapatkan kombinasi yang paling sesuai dengan presentasimu.

7. Contoh Praktis: Membuat Shape yang Menarik

Sebagai contoh, mari kita format shape hati. Klik shape hati, lalu masuk ke tab "Format." Gunakan "Shape Fill" untuk memberi warna merah, "Shape Outline" untuk garis hitam, dan "Shape Effects" untuk menambahkan efek bayangan dengan pilihan "Outer Offset Bottom Right."

8. Lihat Hasilnya

Sekarang lihat hasilnya! Shape hati kamu telah bertransformasi menjadi lebih menarik dan berdimensi. Perubahan warna, garis, dan efek telah memberikan sentuhan profesional pada presentasimu.

Menggabungkan Shape di PowerPoint untuk Kreativitas Tanpa Batas

Langkah ketiga yang tak kalah menarik, yaitu bagaimana menggabungkan shape di PowerPoint. Tahap ini akan memberi sentuhan kreatif pada presentasi kita. Mari kita lihat caranya dengan seksama!

1. Buat Beberapa Shape yang Ingin Digabungkan

Mulailah dengan membuat beberapa shape yang ingin kita gabungkan. Mungkin shape hati dan lingkaran? Kemudian, pilihlah shape sesuai dengan konsep yang ingin kamu sampaikan.

2. Pilih dan Gabungkan Shape

Tekan tombol Ctrl sambil mengklik shape yang ingin digabungkan. Setelah itu, buka tab "Format," lalu pilih menu "Merge Shapes." Di sana, kamu akan menemukan beberapa opsi, seperti Union, Combine, Fragment, Intersect, dan Subtract.

3. Pilihan Union: Menggabungkan Tanpa Menghilangkan Bagian

Jika kamu ingin menggabungkan shape tanpa kehilangan bagian, maka pilihlah opsi "Union." Sebagai contoh, mari kita gabungkan shape hati dan shape lingkaran. Pilih kedua shape tersebut, lalu buka tab "Format," dan pilih "Merge Shapes," lalu pilih "Union."

4. Pilihan Combine: Menggabungkan dengan Menghilangkan Bagian Tumpang Tindih

Selanjutnya, jika kamu ingin menggabungkan shape dengan menghilangkan bagian yang tumpang tindih, pilihlah opsi "Combine." 

Sebagai contoh, gabungkan shape hati dan shape lingkaran dengan menghapus bagian tumpang tindih. Caranya sama seperti sebelumnya, pilih keduanya, kemudian buka tab "Format," dan pilih "Merge Shapes," lalu pilih "Combine."

5. Hasil Kreatif dan Unik

Sekarang, lihatlah hasilnya! shape hati dan lingkaran kamu menjadi satu bentuk baru dengan menggabungkan atau menghilangkan bagian tumpang tindih. Ini memberi kebebasan kreatif untuk menciptakan bentuk unik sesuai dengan ide presentasimu.

Oke, itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan jika ingin menggunakan shape di Power Point. Semoga langkah-langkah ini dapat membantu kamu menciptakan presentasi yang lebih unik dan memikat! 

Selamat berpresentasi!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter