-->

Duplicate Shape, Align dan Distribute: Fitur Kreatif Power Point yang Wajib Kamu Tahu

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Apakah kamu sering menggunakan shape atau bentuk dalam presentasi power point? Jika iya, pasti sudah familiar dengan fitur duplicate shape, align, dan distribute dalam Power Point. Tapi, sudahkah tahu apa itu fitur duplicate shape, align, dan distribute dan bagaimana cara menggunakannya? Jika belum, yuk simak artikel ini sampai habis!

Apa Itu Fitur Duplicate Shape, Align, dan Distribute dalam Power Point?

Fitur duplicate shape, align, dan distribute dalam Power Point merupakan fitur yang berguna untuk membuat banyak kumpulan shape sehingga menjadi rata posisinya, simetris, berpola, dan proporsional jaraknya antara satu shape dengan shape lain tanpa harus mengaturnya satu per satu. 

Dengan fitur ini, kita dapat membuat desain slide lebih menarik, kreatif, dan profesional.

Mengapa Fitur Duplicate Shape, Align, dan Distribute dalam Power Point Penting?

Fitur duplicate shape, align, dan distribute dalam Power Point memiliki peran penting dalam pembuatan presentasi power point. Pasalnya, fitur satu ini memiliki berbagai manfaat.

Yuk simak beberapa manfaat yang bisa kita peroleh.

1. Mempercepat Proses Desain Slide 

Dengan fitur ini, kamu tidak perlu lagi mengcopy paste atau menggeser shape satu per satu, tetapi cukup dengan beberapa klik saja, kita dapat membuat banyak shape yang rapi dan teratur.

2. Memperbaiki Tampilan Slide 

Manfaat ke dua dari fitur ini adalah kamu dapat membuat slide presentasu lebih estetis, harmonis, dan seimbang. Kita juga dapat mengatur posisi, ukuran, dan jarak shape sesuai dengan keinginan.

3. Menambahkan Variasi Slide 

Selanjutnya, kita dapat membuat slide power point lebih variatif, dinamis, dan unik, dengan menggunakan berbagai bentuk, warna, dan pola shape.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Duplicate Shape, Align, dan Distribute dalam Power Point?

Setelah mengetahui beberapa manfaatnya, sekarang kamu pasti penasaran bagaimana dengan cara mengunakannya bukan? Cara menggunakan fitur duplicate shape, align, dan distribute dalam Power Point sebenarnya sangatlah mudah. 

Kamu hanya perlu memilih shape yang ingin diduplikat, align, dan distribute, kemudian mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Tab Format Shape 

Langkah pertama, kamu perlu membuka Tab Format Shape, kemudian klik icon Arrange. Selanjutnya akan muncul beberapa opsi seperti Align, Group, Rotate, Flip, Bring Forward, Send Backward, Selection Pane, dan Align to Slide.

2. Pilih Opsi Duplicate 

Untuk menggunakan fitur duplicate shape, kamu dapat memilih opsi Duplicate, atau menekan tombol Ctrl + D. Sehingga akan muncul shape baru yang sama persis dengan shape yang telah dipilih. Kita dapat mengulangi langkah ini sesuai dengan jumlah shape yang diinginkan.

3. Gunakan Opsi Align

Jika ingin menggunakan fitur align, pilihlah opsi Align. Langkah berikutnya, kamu bisa memilih jenis align yang diinginkan. 

Adapun opsi yang bisa kita pilih yakni Align Left, Align Center, Align Right, Align Top, Align Middle, atau Align Bottom. Selanjutnya, shape yang dibuat akan menjadi rata sesuai dengan arah yang kamu pilih.

4. Opsi Distribute

Selanjutnya, pilihlah opsi Distribute. Kemudian, kita bisa memilih jenis distribute yang diinginkan. Kamu bisa menggunakan Distribute Horizontally atau Distribute Vertically sesuai dengan kebutuhan. Sehingga, shape yang telah dibuat akan menjadi berjarak sama rata sesuai dengan sumbu yang dipilih.

Tips dan Trik Menggunakan Fitur Duplicate Shape, Align, dan Distribute dalam Power Point

Agar hasil desain slide power point lebih maksimal dan profesional, kakmu perlu memperhatikan beberapa tips dan triknya.

Berikut beberapa tips dan trik yang dapat kita lakukan.

1. Memilih Shape yang Sesuai

Pertama, pastikan untuk memilih shape yang sesuai dengan tema dan tujuan presentasi. Jika ingin membuat slide yang informatif, kamu bisa menggunakan shape yang sederhana dan formal. Misalnya seperti kotak, lingkaran, atau segitiga. 

Jika ingin membuat slide yang kreatif, kamu bisa menggunakan shape unik dan artistik, seperti bintang, hati, atau awan.

2. Memilih Warna yang Sesuai

Selanjutnya, pilihlah warna yang sesuai dengan mood dan pesan presentasi yang telah dibuat. Jika ingin membuat slide yang serius, gunakanlah warna yang netral dan gelap seperti hitam, putih, atau abu-abu. Sebaliknya, jika ingin membuat slide yang ceria, kita bisa menggunakan warna yang terang dan kontras, seperti merah, kuning, atau hijau.

3. Memperhatikan Prinsip Desain Slide

Memperhatikan prinsip desain slide power point juga menjadi hal yang penting dilakukan. Kamu bisa menggunakan shape yang minimalis dan tidak terlalu banyak. Hal ini dilakukan untuk menciptakan slide power point yang simpel. 

Jika ingin membuat slide yang menonjol, kamu bisa menggunakan shape yang besar dan berani. Sedangkan untuk membuat slide yang seimbang, kita bisa menggunakan shape yang simetris dan harmonis.

Demikianlah penjelasan tentang fitur duplicate shape, align, dan distribute dalam Power Point. Fitur duplicate shape, align, dan distribute dalam Power Point merupakamfitur yang berguna untuk membuat banyak kumpulan shape agar menjadi rata posisinya, simetris, berpola, dan proporsional jaraknya antara satu shape dengan shape lainnya tanpa harus mengaturnya satu per satu. 

Fitur duplicate shape, align, dan distribute dalam Power Point penting karena berfungsi untuk mempercepat proses desain slide, memperbaiki tampilan slide, dan menambahkan variasi slide. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam membuat slide presentasi yang lebih menarik dan profesional. Jika memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya! 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter