-->

Mengatur Kontras dan Brightness pada Power Point Menggunakan Fitur Koreksi

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Tahukah kamu, bahwa tidak semua gambar yang kita masukkan ke dalam slide Power Point memiliki kualitas yang baik. Ada kalanya gambar terlihat terlalu gelap, terlalu terang, atau kurang tajam. Hal ini tentu akan mengurangi kualitas presentasi dan membuat audiens kurang tertarik.

Untuk mengatasi masalah ini, Power Point telah memiliki fitur yang dapat membantu untuk mengubah kecerahan, kontras, atau ketajaman gambar dengan mudah dan cepat menggunakan fitur Koreksi. Dengan menggunakan fitur ini, kita dapat membuat gambar lebih sesuai dengan tema dan nuansa presentasi.

Mengatur Kontras dan Brightness pada Power Point

Bagaimana cara menggunakan fitur Koreksi ini? Yuk langsung saja, simak langkah-langkah berikut ini.

1. Pilih Gambar yang Ingin Diubah

Pertama, pilihlah gambar yang ingin diubah kecerahan, kontras, atau ketajamannya. Kamu bisa memilih gambar yang sudah ada dalam slide Power Point, atau memasukkan gambar baru dari komputer atau internet. 

Untuk memasukkan gambar baru, klik tab Sisipkan, lalu pilih Gambar. Kemudian, cari gambar yang kamu inginkan dan klik Sisipkan.

2. Pilih Fitur 

Setelah gambar masuk ke dalam slide Power Point, klik gambar tersebut untuk memilihnya. Kamu akan melihat tab Format Gambar muncul di atas menu Power Point. Tab ini berisi berbagai pilihan untuk mengedit gambar, termasuk fitur Koreksi.

3. Klik Koreksi dan Pilih Opsi yang Diinginkan

Setelah memilih gambar, klik tab Format Gambar, lalu klik tombol Koreksi. Tergantung pada ukuran layarnya, tombol Koreksi mungkin akan terlihat berbeda. Dengan ini, kamu bisa mengenali tombol ini dengan melihat ikon berbentuk mata dengan garis diagonal di atasnya.

4. Memilih Salah Satu Opsi

Setelah mengklik tombol Koreksi, kamu akan melihat beberapa opsi untuk mengubah kecerahan, kontras, atau ketajaman gambar. Kita bisa memilih salah satu opsi yang sudah tersedia, atau mengklik Opsi Koreksi Gambar untuk mengatur sendiri nilai-nilai yang diinginkan.

Opsi pada Tombol Koreksi

Berikut ini terdapat beberapa penjelasan singkat mengenai opsi-opsi yang ada di bawah tombol Koreksi.

Yuk simak bersama.

1. Ketajaman/Kelembutan 

opsi ini berfungsi untuk mengatur seberapa tajam atau lembut gambar kamu. Gambar yang terlalu tajam akan terlihat kasar dan bergerigi, sedangkan gambar yang terlalu lembut akan terlihat buram dan tidak jelas. 

Dalam hal ini, kamu bisa memilih gambar mini sesuai dengan keinginan. Gambar mini di sebelah kiri menunjukkan lebih banyak kelembutan, dan gambar mini sebelah kanan menunjukkan lebih banyak ketajaman.

2. Kecerahan/Kontras

Opsi ini berfungsi untuk mengatur seberapa terang atau gelap gambar pada Power Point. Gambar yang terlalu terang akan terlihat pudar dan hilang detailnya, sedangkan gambar yang terlalu gelap akan terlihat suram dan tidak menarik. 

Sama seperti sebelumnya, kita bisa memilih gambar mini yang sesuai dengan keinginan. Gambar mini di sebelah kiri menunjukkan kurangnya kecerahan, dan gambar mini sebelah kanan menunjukkan lebih banyak kecerahan. Sedangkan gambar mini di bagian atas menunjukkan kurangnya kontras, dan gambar mini di bagian bawah menunjukkan lebih banyak kontras.

3. Opsi Koreksi Gambar 

Selanjutnya adalah opsi Koreksi Gambar. Ini berfungsi untuk mengatur nilai-nilai kecerahan, kontras, atau ketajaman gambar secara manual. Kamu bisa menggeser slider atau memasukkan angka di kotak yang tersedia. Selain itu, kita juga bisa mengatur warna, transparansi, atau efek artistik gambar di sini.

Menyimpan Perubahan dan Selesai

Setelah puas dengan hasil perubahan gambar, klik tombol Koreksi lagi untuk menyimpan perubahan. Kamu bisa melihat perubahn pada gambar sekarang. Gambar akan terlihat lebih tajam, lebih terang, atau lebih gelap sesuai dengan pilihan.

Selanjutnya, kita juga bisa mengubah ukuran, posisi, atau rotasi gambar dengan menggunakan alat-alat yang ada di tab Format Gambar.

Manfaat Mengatur Kontras dan Brightness pada Power Point

Setelah mengetahui cara mengatur dan beberapa opsinya, kamu pasti penasaran. Mengapa kita perlu Mengatur Kontras dan Brightness pada Power Point Menggunakan Fitur Koreksi?

Lalu, apa manfaatnya bagi presentasi kita?Simak penjelasan berikut ini.

1. Meningkatkan Keterbacaan dan Keterlihatan Slide 

Dengan mengatur kontras dan brightness, kita bisa membuat slide Power Point lebih mudah dibaca dan dilihat oleh audiens. Pasalnya, kontras yang tinggi antara latar belakang dan teks akan membuat teks lebih jelas dan tidak menyilaukan mata. 

Brightness yang sesuai akan membuat gambar lebih tajam dan detail. Hal ini akan membantu audiens untuk mengikuti dan memahami presentasi dengan lebih baik.

2. Menciptakan Suasana dan Nuansa yang Sesuai 

Dengan mengatur kontras dan brightness, kita bisa membuat slide lebih menarik dan menyenangkan. Kontras dan brightness dapat menimbulkan efek psikologis tertentu pada audiens, seperti rasa senang, sedih, marah, atau tenang. 

Kita bisa memilih kontras dan brightness yang sesuai dengan tema dan tujuan presentasi, misalnya menggunakan kontras dan brightness yang tinggi untuk menunjukkan kegembiraan, semangat, atau urgensi, atau menggunakan kontras dan brightness yang rendah untuk menunjukkan kesedihan, ketenangan, atau kematangan.

3. Membuat Slide Lebih Konsisten dan Harmonis 

Dengan mengatur kontras dan brightness, kita bisa membuat slide lebih konsisten dan harmonis. Pasalnya, kontras dan brightness yang sama atau seragam pada setiap slide akan membuat presentasi terlihat rapi dan profesional. 

Kontras dan brightness yang berbeda atau bervariasi pada setiap slide akan membuat presentasi terlihat dinamis dan kreatif. Selanjutnya, kamu bisa memilih kontras dan brightness yang sesuai dengan gaya dan karakter presentasi.

Penutup

Selamat, kamu sudah berhasil mengatur kontras dan brightness pada Power Point. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat presentasi lebih kreatif serta profesional.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter