-->

Cara Menghapus Latar Belakang Dari Gambar di PowerPoint

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Kita mungkin ingin menghapus latar belakang dari gambar yang dimasukkan ke slide, agar gambar tersebut lebih sesuai dengan tema atau desain presentasi bukan? Yuk simak artikel kali in untuk mengetahui cara menghapus latar belakang dari gambar di PowerPoint. Selain itu juga, terdapat beberapa tips yang dapat membantu kamu untuk menghasilkan gambar yang berkualitas dan profesional. Mari kita mulai!

Menghapus Latar Belakang Power Point

PowerPoint adalah salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk membuat dan menyajikan presentasi. Dengan PowerPoint. Kita dapat menambahkan berbagai elemen visual yang menarik, seperti gambar, grafik, animasi, dan video.

Menghapus latar belakang dari gambar di PowerPoint sebenarnya tidak sulit. Kita dapat melakukannya dengan menggunakan fitur bawaan PowerPoint yang bernama Remove Background. Fitur ini dapat mengenali objek atau subjek dalam gambar dan memisahkannya dari latar belakang. Selain itu juga dapat menyesuaikan area yang ingin dihapus atau pertahankan dengan mudah.

Mengapa Kita Perlu Menghapus Latar Belakang Dari Gambar di PowerPoint

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa kita perlu menghapus latar belakang dari gambar di PowerPoint? Apa manfaatnya? Apa bedanya dengan gambar yang masih memiliki latar belakang? Yuk simak baik-baik penjelasan berikut ini!

Menghapus latar belakang dari gambar di PowerPoint memiliki beberapa manfaat yang bisa kita rasakan, antara lain.

1. Membuat Presentasi Lebih Bersih dan Rapi. 

Dengan menghapus latar belakang yang tidak relevan atau mengganggu, kita bisa membuat gambar lebih fokus dan terlihat jelas. Selain itu juga bisa menghindari kesan berantakan atau penuh sesak di slide power point.

2.  Membuat Presentasi Lebih Menarik dan Kreatif 

Dengan menghapus latar belakang dari gambar, kita bisa mengganti latar belakang dengan gambar lain yang lebih sesuai dengan tema atau desain presentasi. Kamu juga bisa membuat efek-efek yang unik dan menawan dengan menggabungkan gambar-gambar yang berbeda.

3. Membuat Presentasi Lebih Efektif dan Persuasif 

Selanjutnya, dengan menghapus latar belakang dari gambar, kita bisa menyoroti subjek foto atau gambar yang ingin disampaikan kepada audiens. Kamu juga bisa membuat pesan atau informasi yang lebih mudah dipahami dan diingat oleh audiens.

Cara Menghapus Latar Belakang Dari Gambar di PowerPoint

Untuk menghapus latar belakang dari gambar di PowerPoint, kita bisa menggunakan dua cara yang mudah dan cepat, yaitu dengan fitur remove background dan dengan shapes line freeform. Pasalnya, kedua cara ini sudah tersedia di PowerPoint dan tidak membutuhkan keterampilan desain yang khusus. Berikut penjelasan dan langkah-langkahnya.

1. Menghapus Latar Belakang Gambar dengan Fitur Remove Background

Cara pertama yang bisa digunakan untuk menghapus latar belakang dari gambar di PowerPoint adalah dengan fitur remove background. Fitur ini bisa kita temukan pada tab format yang muncul saat memilih gambar yang dimasukkan ke slide. 

Fitur ini bisa mengenali objek atau subjek dalam gambar dan memisahkannya dari latar belakang. Kita juga bisa menyesuaikan area yang ingin dihapus atau pertahankan dengan mudah. 

Yuk simak langkah-langkahnya.

  • Buka PowerPoint dan buat dokumen baru atau buka dokumen yang sudah ada.
  • Klik tab insert dan klik pictures untuk memasukkan gambar yang ingin kita edit ke slide. Kemudian, kamu bisa memilih gambar dari komputer atau dari sumber online, seperti Bing atau OneDrive.
  • Klik pada gambar yang telah dimasukkan dan klik tab format yang muncul di atas ribbon.
  • Klik remove background yang terletak di grup adjust. 
  • Selanjutnya, di dalam gambar akan terlihat area yang berwarna ungu muda dan garis berbentuk kotak atau marquee line. Area yang berwarna ungu muda adalah area yang akan dihapus, sedangkan marquee line adalah garis yang bisa kita geser untuk menentukan bagian mana dari gambar yang ingin dihapus atau pertahankan.
  • Untuk menggeser marquee line, letakkan kursor pada garis tersebut, kemudian klik dan seret ke arah yang kamu inginkan. Kita bisa menggeser garis ke atas, ke bawah, ke kiri, atau ke kanan. Lakukan ini sampai mendapatkan semua area yang ingin dihapus berwarna ungu muda.
  • Jika melihat ada bagian dari gambar yang ingin dipertahankan tetapi berwarna ungu muda, kita bisa menggunakan alat mark areas to keep yang terletak pada tab background removal. Klik alat tersebut, kemudian klik dan seret pada area yang ingin dipertahankan untuk membuat garis. Lakukan tahap ini sampai semua area yang ingin kamu pertahankan tidak berwarna ungu muda.
  • Sebaliknya, jika kita melihat ada bagian dari gambar yang ingin dihapus tetapi tidak berwarna ungu muda, kamu bisa menggunakan alat mark areas to remove yang juga terletak di tab background removal. 
  • Klik alat tersebut, kemudian klik dan seret pada area yang ingin kita hapus untuk membuat garis. Lakukan proses ini sampai semua area yang ingin kita hapus berwarna ungu muda. 
  • Setelah puas dengan hasilnya, klik keep changes yang terletak di tab background removal atau klik di luar gambar. Kita akan melihat gambar kita tanpa latar belakang. 

Cara Menghapus Latar Belakang Dari Gambar di PowerPoint dengan Alat Shapes Line Freeform

Cara kedua yang dapat kamu gunakan untuk menghapus latar belakang dari gambar di PowerPoint adalah dengan alat Shapes Line Freeform. Alat ini dapat kiyta temukan dalam tab Insert yang ada di ribbon. 
Dengan alat ini, kakmu dapat menggambar garis mengikuti bentuk objek atau subjek yang ingin dipisahkan dari latar belakang. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama, bukalah PowerPoint dan buat dokumen baru atau buka dokumen yang sudah ada.
  • Klik tab Insert dan klik Pictures untuk memasukkan gambar yang ingin diedit ke slide. Kamu dapat memilih gambar dari komputer atau dari sumber online, seperti Bing atau OneDrive.
  • Selanjutnya, klik pada gambar yang kamu masukkan dan klik tab Format yang muncul di atas ribbon.
  • Klik Crop yang terletak di grup Size dan pilih Crop to Shape. Kemudian akan terlihat berbagai pilihan bentuk yang dapat kita gunakan untuk memotong gambar. 
  • Langkah berikutnya, pilihlah Rectangle yang ada di bagian Basic Shapes. Selanjutnya, gambar akan berubah menjadi bentuk persegi panjang.
  • Klik dan seret sudut atau sisi gambar untuk menyesuaikan ukuran dan posisi gambar. Pastikan gambar menutupi seluruh area slide. 
  • Langkah berikutnya adalah mengklik tab Insert dan klik Shapes yang terletak di grup Illustrations. Di sana akan terlihat berbagai pilihan bentuk yang bisa kita gunakan untuk menggambar pada slide. 
  • Selanjutnya, pilih Line yang ada di bagian Lines. Kemudian, kursor akan berubah menjadi silang.
  • Klik dan seret pada slide untuk menggambar garis. Kamu dapat menggambar garis lurus atau melengkung sesuai dengan bentuk objek atau subjek yang ingin dipisahkan dari latar belakang.
  • Untuk menggambar garis lurus, tekan dan tahan tombol Shift saat menggambar. Sedangkan untuk menggambar garis melengkung, lepaskan klik dan klik lagi pada titik yang ingin dibuat lengkungan. 
  • Lakukan tahap ini sampai berhasil membuat garis yang mengelilingi objek atau subjek yang diinginkan. 
  • Setelah selesai menggambar garis, klik kanan pada garis dan pilih Format Shape. Di sana, kamu akan melihat panel yang muncul pada sebelah kanan slide. 
  • Di panel tersebut, klik ikon Fill & Line yang berbentuk ember cat dan pensil.
  • Kemudian, pada bawah bagian Line, klik ikon No Line yang berbentuk garis putus-putus. Hal ini akan menghilangkan garis yang telah digambar. 

Akhir Kata


Itulah beberapa langkah atauCara Menghapus Latar Belakang Dari Gambar di PowerPoint. Dengan langkah-langkah sederhana ini, kamu dapat menciptakan presentasi yang luar biasa. Selamat mencoba, dan semoga presentasimu sukses!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter