-->

Membuat Presentasi PowerPoint yang Mencolok dengan Template Infografis

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Presentasi PowerPoint saat ini sudah menjadi salah satu komponen wajib dalam berbagai kegiatan kantor dan akademis. Mulai dari rapat tim, pelatihan karyawan, presentasi bisnis, hingga ujian semester dapat memanfaatkan PowerPoint sebagai alat bantu penyampaian materi.

Agar presentasi PowerPoint dapat menarik perhatian audiens, tentu saja diperlukan tampilan dan desain yang menarik. Salah satu cara yang sedang populer adalah dengan memanfaatkan template infografis PowerPoint.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel ini untuk mengetahui kelebihan penggunaan template infografis sampai tips cara memanfaatkannya secara maksimal agar hasil presentasinya benar-benar memukau audiens.

Pengertian template infografis PowerPoint

Template infografis PowerPoint merupakan desain slide PowerPoint siap pakai yang dibuat secara khusus dengan gaya visual infografis.

Infografis sendiri merupakan representasi informasi atau data dalam bentuk visual yang ditujukan agar informasi mudah dipahami dengan cepat. Infografis umumnya memanfaatkan berbagai elemen visual seperti grafik, diagram, ikon, peta, dan lainnya.

Kelebihan Menggunakan Template Infografis

Sebelum mengetahui bagaimana cara memanfaatkan template infografis untuk presentasi PowerPoint, penting juga mengetahui terlebih dahulu apa saja keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan template ini. 

Berikut beberapa kelebihan utama penggunaan template infografis untuk presentasi PowerPoint

1. Mudah Dipahami 

Pertama, infografis dalam template PowerPoint membantu audiens cepat memahami isi presentasi. Dengan berbagai elemen visual seperti grafik dan diagram, informasi kompleks pun dapat disajikan dengan cara yang lebih sederhana. 

2. Hemat Waktu, Lebih Banyak Konten Berkualitas

Selanjutnya, dengan menggunakan template infografis, waktu yang biasanya kamu habiskan untuk merancang desain presentasi bisa dihemat secara drastis. Kita hanya perlu menyesuaikan konten tanpa perlu repot membuat desain infografis dari awal. 

Dengan begitu, kamu bisa fokus pada konten presentasi yang lebih berkualitas tanpa harus khawatir tentang aspek desain.

3. Tingkatkan Profesionalisme Presentasi

Dengan template infografis, presentasimu akan terlihat lebih profesional dan terstruktur. Pasalnya, desain yang telah dipersiapkan dengan baik termasuk layout, tipografi, dan warna yang terkoordinasi, akan memberikan kesan yang positif pada audiens. Terutama dalam situasi bisnis atau akademis.

Beragam Jenis Template Infografis PowerPoint

Setelah mengetahui berbagai keuntungan yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan template infografis untuk presentasi PowerPoint, kini saatnya mengenal lebih jauh ragam template infografis yang tersedia.

Secara garis besar, template infografis PowerPoint dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis berdasarkan tema dan gaya desainnya, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Template Infografis Minimalis 

Jika memilih template infografis minimalis, artinya kamu sedang memilih kesederhanaan dan keeleganan. Dengan dominasi warna netral dan sedikit elemen dekoratif, template ini sangat cocok untuk presentasi korporat yang membutuhkan tampilan serius. 

Pesan yang ingin disampaikan akan terfokus tanpa distraksi visual yang berlebihan. Jadi, bagi kamu yang menghargai keanggunan dalam presentasi, template minimalis adalah pilihan yang tepat.

2. Template Infografis Vintage 

Bagi kamu yang ingin memberikan sentuhan klasik dan karakter pada presentasimu, template infografis bergaya vintage bisa menjadi pilihan menarik. Dengan mengadaptasi elemen retro seperti kertas buram, efek tua, dan bingkai kayu, tampilan infografismu akan terasa unik dan berbeda. Hal ini bukan hanya presentasi, tetapi juga perjalanan melintasi waktu yang bisa menghidupkan kembali nuansa yang klasik.

3. Template Infografis Bergaya Doodle

Template infografis bergaya doodle membawa nuansa personal dan artistik ke dalam presentasimu. Dengan sketsa tangan dan coretan pensil, gambar akan terlihat seolah dibuat secara manual.

Template ini memberikan kesan keceriaan dan keunikan. Cocok digunakan untuk presentasi yang ingin memberikan sentuhan lebih pribadi, seperti proyek kreatif atau presentasi informal. 

Jadi, jika kamu ingin tampil beda dan mencuri perhatian, template bergaya doodle bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

Cara Mendapatkan Template Infografis PowerPoint

Setelah mengenal beragam jenis template infografis PowerPoint beserta keunikan gaya desainnya, tentu kamu penasaran bagaimana cara mendapatkan template-template ini bukan?

Untungnya ada beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan saat ingin mengakses template infografis PowerPoint, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Temukan Template Infografis PowerPoint Gratis di Situs Penyedia

Kamu bisa mulai mencari template infografis PowerPoint dengan mengunjungi situs-situs penyedia template gratis. Di sana, kita dapat menemukan berbagai opsi yang dapat diunduh tanpa dipungut biaya. Meskipun template gratis ini mungkin memiliki keterbatasan fitur, namun tetap memberikan solusi yang efektif untuk presentasi yang menarik.

2. Akses Kualitas Premium dengan Berlangganan Layanan Berbayar

Jika Kamu menginginkan kualitas premium dan lebih banyak pilihan, berlangganan layanan berbayar seperti Envato Elements bisa menjadi solusi. 

Dengan membayar langganan, Kamu tidak hanya mendapatkan akses ke template infografis PowerPoint, tetapi juga ke berbagai sumber daya desain lainnya. Ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan kualitas presentasimu dan memiliki lebih banyak opsi kreatif.

3. Modifikasi Template Gratis Sesuai Kebutuhanmu

Alternatif lain yang bisa Kamu coba adalah dengan memodifikasi template infografis PowerPoint yang sudah tersedia secara gratis. Dalam hal ini, kita dapat menyesuaikan desain, warna, teks, dan elemen visual lainnya sesuai dengan kebutuhan presentasi. Ini adalah cara yang efisien dan hemat biaya untuk memiliki template yang sesuai dengan selera dan pesan yang ingin disampaikan.

4. Bergabung dengan Komunitas Desain dan Kreativitas

Sebuah sumber tambahan yang sering diabaikan adalah bergabung dengan komunitas desain dan kreativitas. Di sini, Kamu dapat berbagi pengalaman dengan desainer lain, mendapatkan rekomendasi template, atau bahkan mendapatkan template secara cuma-cuma dari komunitas. 

Hal ini bisa menjadi cara yang menyenangkan dan informatif untuk menemukan template yang sesuai dengan kebutuhan presentasimu.

Itulah beberapa langkah praktis untuk membuat presentasi PowerPoint yang eye-catching dengan memanfaatkan template infografis. Pasalnya, template infografis PowerPoint yang atraktif dapat menjadikan presentasi kamu terlihat jauh lebih modern dan professional. 

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai pilihan template yang tersedia secara gratis maupun berbayar. Semakin sering mencoba mengedit template, semakin terasah pula skill kamu dalam mendesain presentasi yang memukau audiens. Selamat mencoba dan sukses dengan presentasi infografis PowerPointmu!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter