-->

Lakukan Beberapa Tips ini untuk Mengedit Template Infografis Power Point

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Terkadang mengedit template infografis bisa sedikit rumit jika tidak memiliki keahlian dan pengalaman desain grafis bukan? Untuk itu, pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa tips yang bisa membantumu menghasilkan infografis yang memukau dengan mudah. Yuk, simak!

Tips Mengedit Template Infografis

Infografis merupakan cara visual yang efektif untuk menyampaikan informasi melalui kombinasi data, fakta, dan desain yang menarik. Salah satu cara praktis membuat infografis adalah dengan mengedit template yang telah tersedia.

Yuk ikuti langkah berikut ini, agar bisa menciptakan infografis yang tidak hanya informatif, tapi juga estetis.

1. Menciptakan Tata Letak yang Memikat

Saat mulai mengedit template infografis, pertimbangkan untuk menciptakan tata letak yang memikat. Mulailah dengan menentukan objek-objek utama seperti grafik, ilustrasi, dan teks. Kemudian, letakkan elemen-elemen ini secara strategis agar pembaca bisa dengan mudah mengikuti alur cerita infografis.

2. Pilihan Warna yang Menyala 

Warna memiliki kekuatan untuk menarik perhatian. Maka dari itu, pilihlah warna latar belakang dan objek pendukung yang sesuai dengan tema infografismu. Jangan ragu untuk berkreasi, tetapi pastikan warnanya kontras dan memberikan keseimbangan visual yang menyenangkan mata.

3. Membuat Informasi Lebih Hidup

Agar infografis terlihat hidup, kita perlu memasukkan data dan informasi aktual. Pastikan semua informasi yang kamu sampaikan akurat dan terkini. Jangan lupa untuk menggunakan teks yang singkat dan jelas, agar pembaca tidak kehilangan fokus.

4. Memilih Gambar dan Ikon yang Pas 

Selanjutnya, ilustrasi dan ikon dapat memberikan sentuhan khusus pada infografis. Untuk itu, ganti gambar dan ikon template dengan yang lebih sesuai dan berkualitas tinggi. Pastikan keduanya mendukung tema infografis dan menjadikannya lebih menarik.

5. Konsistensi Desain yang Memikat 

Kamu tentu menginginkan infografis terlihat profesional, bukan? Maka, pertahankan konsistensi dalam pemilihan warna, font, dan gaya desain secara keseluruhan. Hal ini akan membuat infografismu terlihat rapi dan mudah dipahami.

6. Pilihan Visualisasi yang Tepat

Selanjutnya, pilihlah jenis grafik atau diagram yang sesuai dengan data yang ingin kamu sampaikan. Pasalnya, visualisasi yang tepat akan membantu pembaca memahami informasi dengan lebih baik. Pastikan grafik yang kamu pilih tidak hanya estetis, tapi juga informatif.

7. Uji Keterbacaan dan Kejelasan 

Sebelum mengonfirmasi desain akhir, ujilajh keterbacaan teks dan ukuran font. Ingatlah bahwa pembaca memiliki berbagai tingkat pemahaman, jadi pastikan infografismu dapat dicerna dengan baik oleh semua kalangan.

8. Responsif di Semua Perangkat 

Infografis yang responsif sangatlah penting, terutama dalam era digital ini. Oleh karena itu, pastikan desainmu tetap menarik dan informatif di berbagai perangkat, mulai dari laptop hingga smartphone.

9. Pendapat Orang Lain Penting 

Kamu pasti ingin pendapat tambahan, bukan? Sebelum menyelesaikan infografismu, mintalah pendapat dari teman atau kolega. Pasalnya, perspektif tambahan bisa memberikan insight yang berharga.

Menyempurnakan Tampilan Presentasi Infografis

Agar informasi pada infografis lebih mudah dicerna, diperlukan cara visual yang menarik saat mempresentasikannya. Nah, kali ini kita akan bahas cara-cara untuk menyempurnakan tampilan presentasi infografis agar informasinya lebih mudah audiens cerna.

1. Latar Belakang yang Menceritakan 

Pertama, sesuaikanlah latar belakang slide presentasi infografis dengan tema yang kamu angkat. Jangan ragu untuk berkreasi! Misalnya, jika tema presentasimu tentang keberlanjutan, gunakan gambar latar belakang yang mencerminkan alam atau energi terbarukan. Ini memberikan suasana yang pas dan membuat informasi lebih dekat dengan hati.

2. Gerakkan Penonton dengan Animasi yang Elegan 

Selanjutnya, beri sentuhan magis pada presentasimu dengan menambahkan animasi dan efek transisi antar slide. Pasalnya, animasi yang elegan akan membuat penonton terkesan dan terlibat. 

3. Cantumkan Sumber Sebagai Penghormatan 

Jangan lupa untuk mencantumkan sumber atau credit template infografis yang kamu gunakan. Hal ini bukan hanya menjadi sebuah etika, tapi juga memberikan penghormatan kepada kreativitas penciptanya. 

4. Kreatifitas untuk Mempermudah Pemahaman 

Selain menggunakan template, coba padukan kreativitasmu dalam menyampaikan informasi. Gunakan ikon atau grafik yang tak hanya menarik, tapi juga mempermudah pemahaman. Pikirkan cara unik untuk menyajikan data, misalnya, dengan menyusun slide secara berurutan atau menambahkan ilustrasi yang menggambarkan konsep dengan jelas.

5. Interaksi yang Menghibur 

Langkah berikutnya, buatlah ruang untuk interaksi dengan penonton. Tanyakan pendapat atau berikan pertanyaan menarik. Kamu bisa menggunakan slide interaktif atau membuat beberapa pertanyaan untuk dijawab bersama-sama. Dengan begitu, presentasimu tak hanya informatif, tapi juga menghibur.

Cara Memastikan Presentasi Infografis Tetap Mencolok

Tentu kamu ingin presentasimu mencolok dan meninggalkan kesan mendalam, bukan? Nah, mari kita bahas cara-cara cerdas agar presentasi infografismu tetap mencuri perhatian dan meninggalkan kesan yang tak terlupakan.

1. Menarik dengan Visual

Pertama, jangan biarkan presentasimu dipenuhi oleh teks berlebihan yang bisa membuat bosan. Sebagai gantinya, berfokuslah pada elemen visual yang menarik perhatian. 

Gunakan grafik, ilustrasi, dan ikon untuk menyampaikan informasi dengan cara yang lebih menarik. Ingat, mata lebih suka melihat gambar daripada membaca teks panjang!

2. Beri Sentuhan Pribadi pada Setiap Slide 

Saat menggunakan template presentasi, jangan lupa untuk memberikan sentuhan pribadi pada setiap slide. Kamu bisa mencoba variasi dalam penggunaan warna, layout, atau bahkan tambahan ilustrasi yang mencerminkan kepribadianmu. 

3. Jaga Konsistensi Gaya Desain 

Meskipun kamu perlu mencari variasi, tapi jangan sampai kehilangan konsistensi gaya desain keseluruhan. Pertahankan tema warna, jenis font, dan gaya desain agar presentasimu terlihat teratur dan profesional. 

4. Gunakan Elemen Visual yang Menggoda

Selanjutnya, elemen visual adalah kunci utama untuk menjadikan presentasimu mencolok. Untuk itu, plihlah grafik yang jelas, ikon yang menggoda, dan ilustrasi yang mendukung cerita yang ingin kamu sampaikan. Pastikan setiap elemen dipilih dengan hati-hati agar memberikan daya tarik visual yang kuat.

5. Pertimbangkan Tata Letak yang Efektif

Kamu juga perlu mencermati tata letak setiap slide agar efektif dan mudah dipahami. Letakkan elemen-elemen visual secara strategis sehingga audiens dapat mengikuti alur cerita tanpa kesulitan. Pasalnya, tata letak yang baik dapat meningkatkan daya ingat penonton terhadap informasi yang disampaikan.

6. Uji Keterbacaan dan Kejelasan

Sebelum melakukan presentasi, sebaiknya lakukan uji keterbacaan dan kejelasan presentasimu. Pastikan semua elemen, baik itu teks maupun grafis, dapat terbaca dengan jelas. Hal ini membantu penonton untuk lebih fokus dan memahami isi presentasimu tanpa hambatan.


Demikian beberapa tips praktis untuk mengedit berbagai template infografis power point agar sesuai dengan topik dan kebutuhan kamu. Pastikan tata letak dan hierarki informasinya sudah tersusun dengan rapi. 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu bisa menciptakan presentasi infografis power point yang menarik dan informatif. Informasi yang ingin disampaikan akan tersaji apik melalui infografis yang dibuat. Semoga sukses!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter