-->

Rekam dan Ubah Presentasi PowerPoint Jadi Video Pakai Screencast-o-matic

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Mempresentasikan materi dalam bentuk slide PowerPoint tentunya sudah biasa kita lakukan. Namun terkadang kita ingin mengonversi slide PowerPoint tersebut menjadi video agar lebih interaktif dan mudah dibagikan. Untungnya, Screencast-o-matic hadir sebagai solusinya.

Lantas, bagaimana sih caranya merekam dan mengonversi presentasi PowerPoint menjadi video menggunakan Screencast-o-matic? Yuk simak penjelasan lengkapnya pada artikel berikut ini!

Apa itu Screencast-o-matic?

Screencast-o-matic merupakan salah satu software bawaan gratis yang berfungsi untuk merekam apa yang sedang ditampilkan di layar komputer. Adapun proses perekaman ini biasa disebut screencasting.

Dengan Screencast-o-matic, kita dapat merekam aktivitas di layar komputer, seperti presentasi slide, video, tutorial, dan lain sebagainya. Selain merekam layar, software ini juga dapat merekam suara dari mikrofon sebagai narasi atau penjelasan tambahan.

Hasil rekaman layar dan suara ini nantinya diolah oleh Screencast-o-matic dan disimpan dalam format video yang populer seperti MP4 dan AVI. Selain itu, kamu bisa mengatur resolusi video dan ukuran file-nya dan video yang dihasilkan juga dapat diunggah ke berbagai platform video seperti YouTube agar bisa dibagikan kepada audiens yang lebih luas.

Apa keunggulan dari Screencast-o-matic? 

Setelah mengetahui Screencast-o-matic sebagai software gratis untuk merekam aktivitas layar komputer, selanjutnya mari kita bahas lebih detail mengenai keunggulan yang ditawarkan oleh Screencast-o-matic

Meski gratisan, Screencast-o-matic memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya layak dipertimbangkan untuk digunakan dalam melakukan perekaman video dari layar komputer. Adapun beberapa keunggulan utama dari Screencast-o-matic adalah sebagai berikut.

1. Kemudahan Penggunaan 

Pertama, screencast-o-matic memiliki keunggulan utama dalam kemudahan penggunaan. Dengan antarmuka yang ramah pengguna, kamu bisa menjelajahi fitur-fiturnya tanpa merasa terbatas. Sehingga, kita tidak perlu menjadi ahli teknologi karena alat ini diciptakan agar bisa lebih fokus pada konten kreatifmu tanpa terjebak dalam kompleksitas teknis.

Mengubah Powerpoint Menjadi Video. Gunakan 2 Cara ini!

2. Rekam Layar dan Suara

Kalian pasti bertanya-tanya, apa yang membuat Screencast-o-matic unik? Salah satunya adalah kemampuannya merekam layar dan suara secara bersamaan. Dengan ini memungkinkan kamu untuk memberikan penjelasan yang mendalam, memberikan narasi, atau menyampaikan ide-ide kompleks dalam bentuk video. Sehingga kontenmu akan terasa lebih hidup dan menarik bagi audiens.

3. Format Video Praktis

Keunggulan lainnya terletak pada format video yang dihasilkan oleh Screencast-o-matic, seperti MP4 dan AVI. Dengan format ini, kamu bisa dengan mudah membagikan hasil karyamu di berbagai platform video populer seperti YouTube. Kontenmu akan lebih mudah diakses oleh khalayak luas, dan pesan yang ingin disampaikan akan sampai dengan lebih efektif.

4. Gratis dan Tetap Profesional

Yang paling menarik, Screencast-o-matic adalah alat gratis yang tetap memberikan kesan profesional. Dengan fitur-fitur canggih yang dapat diakses tanpa biaya tambahan, kamu bisa memulai proyek konten tanpa harus menguras kantong. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencoba dan merasakan keunggulan yang ditawarkan oleh Screencast-o-matic.

5. Tersedia untuk Semua Platform

Bagaimana jika menggunakan Windows atau Mac? Screencast-o-matic siap mendukungmu! Keunggulan lain yang perlu kamu ketahui adalah tersedianya versi untuk kedua platform tersebut. Jadi, tidak perlu khawatir tentang kompatibilitasnya, kamu bisa langsung memulai petualangan konten tanpa hambatan.

Persiapan yang Harus dilakukan

Setelah memahami keunggulan Screencast-o-matic sebagai software gratis untuk recording layar, kini saatnya mempersiapkan diri sebelum mulai menggunakannya untuk mengonversi presentasi PowerPoint menjadi video. Agar hasil konversi video berkualitas bagus, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

1. Persiapkan Slide PowerPoint Secara Detail dan Teliti

Pertama, pastikan bahwa semua slide PowerPoint yang akan dikonversi sudah dalam kondisi final. Pastikan susunan dan urutannya sudah ditentukan, animasi, dan transisi sudah ditambahkan sesuai keinginanmu. Hal ini akan membuat proses rekaman berjalan mulus, dan slide siap dipresentasikan tanpa adanya kendala.

2. Pastikan Sistem Operasi dalam Kondisi Terbaru

Selanjutnya, perhatikan komputer kamu. Pastikan sistem operasi Windows atau Mac yang digunakan sudah terupdate ke versi paling baru. Hal ini akan memastikan bahwa Screencast-o-matic dapat berjalan dengan performa maksimal dalam merekam layar. Oh ya, pastikan juga koneksi internetmu lancar selama proses recording agar tidak ada gangguan yang menghambat.

3. Gunakan Mikrofon Eksternal untuk Suara yang Jernih

Bagaimana dengan audio? Jangan lupa untuk menggunakan mikrofon eksternal yang berkualitas. Dengan mengandalkan mikrofon eksternal, suara dan audio yang direkam akan terdengar lebih jernih dan profesional. Ini akan membuat presentasi power point lebih berkualitas dan mudah dipahami oleh audiens.

4. Perhatikan Pengaturan Resolusi dan Ukuran File

Terakhir, screencast-o-matic memungkinkanmu untuk mengatur resolusi video dan ukuran file. Untuk itu, pilihlah pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu. Pastikan ukuran file tidak terlalu besar agar mudah diunggah dan diakses oleh khalayak luas di berbagai platform.

Langkah-Langkah Menggunakan Screencast-o-matic 

Setelah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan, sekarang saatnya kita memasuki tahap aksi. Yuk mulai gunakan Screencast-o-matic secara langsung untuk mengonversi file presentasi PowerPoint (.ppt/.pptx) menjadi video yang menarik. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Buka Aplikasi Screencast-o-matic

Langkah pertama, buka aplikasi Screencast-o-matic yang sudah diinstal sebelumnya. Selanjutnya, kamu akan disambut oleh antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna.

2. Pilih Opsi "Record a Video"

Setelah masuk pada aplikasi Screencast-o-matic, pilih opsi "Record a Video" untuk memulai proses rekaman. Pastikan layar yang akan direkam telah sesuai dengan presentasi PowerPoint yang akan kamu konversi.

3. Atur Pengaturan Rekaman dengan Teliti

Sebelum mulai merekam, kamu perluu mengatur pengaturan rekaman dengan teliti. Caranya, pilih area layar yang akan direkam, pastikan opsi mikrofon terpilih untuk merekam suara, dan sesuaikan pengaturan lainnya sesuai kebutuhan presentasimu.

4. Mulai Rekaman dan Presentasikan Slide PowerPointmu

Setelah melakukan pengaturan, tekan tombol rekam dan mulai presentasikan slide PowerPointmu. Berbicaralah dengan jelas dan pastikan setiap langkah presentasi power point direkam dengan baik.

5. Selesai dan Simpan Hasil Rekaman

Setelah selesai presentasi, tekan tombol stop untuk menghentikan rekaman. Selanjutnya, screencast-o-matic akan secara otomatis menyimpan hasil rekamanmu. 

Langkah berikutnya, kamu dapat menyunting video ini atau menyimpannya langsung dalam format yang diinginkan seperti MP4 atau AVI.

Mengubah Powerpoint Menjadi Video Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

6. Tonton Ulang dan Evaluasi Rekamanmu

Sebelum mengunggahnya ke platform video atau membagikannya, sebaiknya tonton ulang rekamanmu. Pastikan semuanya sesuai dengan harapan seperti suara terdengar jelas, dan presentasimu terlihat menarik.


Selamat! Sekarang kamu telah berhasil menggunakan Screencast-o-matic untuk mengonversi file presentasi PowerPoint menjadi video yang menarik. Dengan langkah-langkah yang sederhana ini, kamu dapat dengan mudah menciptakan konten video berkualitas tinggi untuk berbagi dengan audiensmu.

Sebelum memulai proses konversi, lakukanlah persiapan terlebih dulu. Dengan persiapan yang teliti, hasil konversi video presentasimu akan lebih berkualitas dan memukau. 

Selamat mencoba dan jangan ragu untuk mengeksplorasi lebih banyak fitur Screencast-o-matic!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter