-->

Mengubah Powerpoint Menjadi Video. Gunakan 2 Cara ini!

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Udah pernah kepikiran nggak sih, gimana kalau presentasimu nggak hanya tampil di layar PowerPoint, tapi bisa dinikmati dalam bentuk video yang lebih dinamis? Nah, kali ini kita akan bahas cara mengubah presentasi PowerPoint jadi video dengan mudah. 

Mari kita simak!

Kenapa Penting?

Sebelumnya, tahukah kamu mengapa kita perlu mengubah presentasi Power Point jadi video? Ternyata ada beberapa alasan seru loh kenapa kita perlu mengubahnya. Berikut penjelasannya!

1. Lebih Mudah Dibagikan dan Diakses

Pertama, setelah susah payah membuat presentasi yang keren, pasti ingin kan hasil karyamu itu bisa dinikmati oleh orang lain? Nah, dengan mengubahnya menjadi video, presentasi bisa lebih mudah dibagikan ke teman, keluarga, atau bahkan followers kamu di media sosial. Jadi, tidak perlu lagi repot-repot mengirim file satu per satu, melainkan hanya perlu share link videonya!

2. Menambah Dinamika dan Keleluasaan

Selanjutnya, video mempunyai kelebihan dalam memberikan dinamika yang lebih pada presentasimu. Kamu bisa menambahkan efek-efek keren, transisi yang smooth, dan animasi. Sehingga presentasi akan lebih hidup. Dimana, audiens tidak hanya membaca slide, tapi juga ikut terbawa suasana yang kamu buat. Seru bukan?

3. Memperluas Jangkauan Audiens

Dengan mengubah presentasi menjadi video, kamu bisa memperluas jangkauan audiens. Video akan lebih bisa dicerna oleh berbagai kalangan, termasuk orang yang mungkin tidak terlalu suka membaca presentasi statis. Dengan ini, kita bisa menjangkau lebih banyak orang.

4. Kesempatan Menyampaikan Ide Lebih Kreatif

Mengubah presentasi menjadi video memberikan kamu kesempatan untuk menyampaikan ide dengan lebih kreatif. 

Dalam hal ini, kita bisa menciptakan narasi, menambahkan musik latar, atau bahkan memberikan voiceover yang personal. Jadi, tidak hanya terpaku pada presentasi, tapi juga karya seni yang bisa dinikmati.

5. Mengikuti Trend Konten Digital

Di era digital sekarang, video menjadi salah satu konten yang paling populer. Kamu bisa lebih relevan dengan mengikuti tren ini. Apalagi, video juga lebih banyak diminati oleh orang-orang yang menyukai kegiatan multitasking. Misalnya saja, saat santai dengan minum kopi atau sambil bekerja, mereka tetap bisa menyimak presentasimu.

Tips Penting Saat Mengubah Presentasi PowerPoint Jadi Video 

Setelah mengetahui mengapa perlu mengubah power point menjadi video, kamu pasti ingin melakukannya juga bukan? Tapi sebelum memulai, ada beberapa tips penting yang perlu kamu perhatikan agar video yang dibuat sesuai dengan keinginan. 

Yuk simak bersama!

1. Pastikan Semua Elemen dalam Presentasi Sudah Komplit

Pertama, pastikan presentasi sudah lengkap dengan semua elemen yang ingin kamu tampilkan dalam video. Mulai dari gambar, efek transisi, sampai animasi harus sudah siap. Tujuannya, agar video yang dihasilkan memuaskan!

2. Pilih Kualitas Video yang Sesuai dengan Kebutuhanmu

Selanjutnya, kamu juga perlu memilih opsi kualitas video yang sesuai dengan kebutuhan. Tapi perlu diingat, semakin tinggi kualitas video, makan akan semakin besar pula ukuran filenya. Jadi, pertimbangkan ukuran file yang sesuai dengan kapasitas penyimpanan yang tersedia.

3. Tentukan Durasi Tampilan Setiap Slide dengan Bijak

Jangan lupa atur durasi tampilan untuk setiap slide. Hal ini perlu diperhatikan agar video tidak terlalu cepat atau lambat. Sehingga audiens nyaman saat menikmati setiap detail presentasi.

4. Pilih Format Video yang Kompatibel

Selanjutnya, pilih format video yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini, format video MPEG-4 disarankan sebagai kompatibilitas terbaik utnuk pemutar video. 

Dengan menggunakan format ini, tidak akan ada masalah saat menonton videonya.

5. Perhatikan Waktu Penyimpanan Video

Pastikan waktu penyimpanan video tidak terlalu lama, ya. Hal ini bisa mempengaruhi kualitas video yang dihasilkan. Untuk itu, cobalah mencari jeda waktu penyimpanan yang pas agar hasil videonya tetap oke.

6. Gunakan Layanan atau Aplikasi yang Terpercaya dan Aman

Hal terakhir ini penting banget. Jika kamu memilih untuk menggunakan layanan konversi online, maka pilihlah layanan yang terpercaya dan aman. 

Kamu tidak mau mengalami data yang dimiliki bocor bukan? Jadi, pastikan pilihanmu aman dan bisa diandalkan. Jangan lupa baca panduan yang tersedia juga, agar proses konversi berjalan lancar.

2 Cara Mengubah Powerpoint Menjadi Video

Oke, sekarang sudah mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan dan pentingnya mengubah presentasi power point menjadi video bukan? 
Lalu bagaimana cara melakukannya? Sebenarnya, ada beberapa cara untuk mengubah Power Point menjadi video. Untuk kali ini, kita akan membahas 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan menggunakan Fitur bawaan Power Point dan menggunakan layanan konversi online.  
Langsung saja kita simak langkah-langkahnya!

1. Menggunakan Fitur Bawaan Powerpoint

Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur bawaan PowerPoint. Ya benar sekali, sekarang kamu bisa dengan mudah mengubah presentasi pada PowerPoint menjadi video tanpa perlu aplikasi tambahan.

Berikut langkah-langkahnya!

  • Membuka File PowerPoint yang Ingin Diubah

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka file PowerPoint yang ingin diubah menjadi video. Pastikan file PowerPoint sudah siap untuk diubah menjadi tontonan yang lebih dinamis.

  • Menuju "Save As Video" di Menu File

Setelah membuka file PowerPoint, klik menu "File" di pojok kiri atas layar. Nah, di sana kamu akan menemukan opsi "Save As Video" atau "Simpan Sebagai Video." Klik opsi ini, dan kita akan masuk ke langkah berikutnya.

  • Mengatur Opsi Video Sesuai Kebutuhan

Pada menu "Save As Video," kamu akan mendapatkan beberapa opsi seru untuk diatur. Diantaranya kualitas video, resolusi, dan waktu tunggu antar slide. Untuk itu, pilih opsi yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan presentasimu. Agar video yang dihasilkan semakin oke!

  • Menyimpan Hasil Video ke Lokasi Pilihan

Setelah mengatur semua opsi, langkah selanjutnya hanya perlu mengklik "Save As" dan tentukan lokasi penyimpanan file video. Kamu bisa menyimpannya pada folder yang mudah diakses, agar bisa langsung dibagikan atau kita lihat kapanpun. 

2. Konversi Menggunakan Aplikasi Online

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi online. Cara ini cocok digunakan jika kamu ingin mengubah presentasi PowerPoint menjadi video tanpa harus repot mendownload aplikasi tambahan. 

Ada beberapa situs web keren yang bisa menjadi pilihan seperti Vimeo, iLovePDF, atau Online-Convert yang bisa kamu coba. Yuk, simak langkah-langkahnya!

  • Buka Situs Web Layanan Konversi Online Pilihanmu

Pertama, buka situs web dari layanan konversi online yang kamu pilih. Pastikan telah memilih situs yang terpercaya dan aman ya, agar data yang dimiliki tetap aman.

  • Unggah File PowerPoint yang Ingin Diubah

Setelah masuk ke situs, biasanya kamu akan melihat tombol "Unggah" atau "Choose File." Untuk itu, klik opsi ini untuk mengunggah file PowerPoint yang ingin diubah menjadi video. 

  • Pilih Opsi Konversi Sesuai Kebutuhanmu

Pada tahap ini, kamu bisa memilih berbagai opsi konversi sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari format video, resolusi, sampai kualitas video bisa diatur sesuai dengan selera. Sehingga, video hasil konversi bisa sesuai dengan keinginan!

  • Klik "Convert" atau "Start" dan Tunggu Proses Selesai

Setelah semua opsi diatur, langkah selanjutnya hanya perlu klik tombol "Convert" atau "Start" untuk memulai proses konversi. 

  • Mengunduh Hasil Konversi

Selanjutnya, kamu bisa melakukan proses unduh video hasil konversi. Dan selesai, file power point sudah berubah menjadi video.

Menyimpan Presentasi PowerPoint Sebagai Gambar

Jadi gimana? mengubah power point menjadi video bukan hal yang sulit bukan? Semoga artikel ini membantu, ya. Selamat mencoba! 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter