-->

4 Cara Convert PowerPoint dalam Jumlah Banyak ke Word

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Halo, kamu pasti setuju dengan pendapat bahwa File Power Point banyak digunakan dengan tujuan pendidikan atau penggunaan kantor bukan? Setiap orang pasti pernah berada dalam situasi di mana kita perlu mengconvert presentasi PowerPoint dalam jumlah banyak ke dokumen Word bukan?

Mengapa Mengubah PowerPoint ke Word Itu Penting?

Pada dasarnya, file Power Point berisi slide teks, foto, video atau bahkan suara. Lalu, mengapa mengubah Power Point ke Word bisa sangat penting? Sebab dengan mengonversinya ke dalam dokumen Word, kamu akan mendapatkan sejumlah manfaat yang signifikan. Berikut beberapa manfaat Mengubah Power Pint ke Word.

1. Aksesibilitas yang Lebih Luas

Salah satu alasan utamanya adalah aksesibilitas. Dengan menggunakan dokumen Word akan lebih umum dan mudah diakses oleh banyak orang. Pasalnya, hampir setiap komputer atau perangkat dapat membuka file Word tanpa perlu perangkat lunak tambahan. Sehingga memungkinkan informasi yang kamu sertakan dalam presentasi dapat diakses oleh lebih banyak orang.

2. Kemudahan Berbagi dan Kolaborasi

Manfaat selanjutnya adalah dengan mengonversi PPT ke Word akan memudahkan dalam berbagi dan kolaborasi. Kamu dapat dengan mudah mengirim dokumen Word melalui email atau berbagi di platform kolaborasi seperti Google Drive atau SharePoint. Hal ini memungkinkan rekan kerja atau tim untuk bekerja sama dalam meninjau atau mengedit konten dengan lebih efisien.

3. Fleksibilitas dalam Pengeditan 

Dokumen Word memberikan fleksibilitas lebih besar dalam mengedit konten. Kamu dapat dengan mudah menambahkan atau menghapus teks, gambar, atau elemen lain tanpa perlu merusak tata letak keseluruhan. Sehingga akan sangat bermanfaat jika ada perubahan yang perlu dilakukan atau jika ingin menyesuaikan presentasi untuk berbagai keperluan.

4. Konversi ke Format Lain

Dokumen Word dapat dengan mudah diubah menjadi berbagai format lainnya, seperti PDF. Ini bisa sangat berguna jika kamu ingin membuat versi cetak dari presentasi atau perlu mengkonversi ke dalam format lain dengan tujuan tertentu.

5. Integrasi dengan Isi Lain

Terkadang, kita mungkin perlu mengintegrasikan konten dari beberapa presentasi PowerPoint ke dalam satu dokumen. Maka, Word adalah alat yang tepat untuk melakukan ini. Pasalnya, ini akan memungkinkan kamu menggabungkan informasi dari berbagai sumber dengan mudah.

Mengubah Power Power Point ke Word

Oke, sekarang sudah tahu kan? Mengapa mengubah Power Point ke Word menjadi sangat penting? Lalu bagaimana cara mengubahnya? Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk mengubah Power Point ke Word. Mari kita simak penjelasannya!

1. Mengubah PPT ke Word Secara Online

Cara pertama yang bisa dipilih adalah dengan mengubah presentasi PowerPoint (PPT) ke dokumen Word (DOC) secara online. Proses ini dapat sangat membantu jika ingin mengintegrasikan elemen-elemen presentasi ke dalam dokumen Word. Yuk, kita simak langkah-langkahnya!

  • Langkah pertamanya adalah dengan membuka web kamu, kemudian kunjungi situs web yang menyediakan layanan konversi dari PPT ke Word. Dalam hal ini, terdapat beberapa situs yang bisa dipertimbangkan. Contohnya seperti "Smallpdf", "Zamzar", "Online2PDF", atau "ilovepdf". Pastikan untuk mencari situs yang menawarkan layanan konversi secara gratis.
  • Pada situs web konversi yang kamu pilih, cari opsi untuk mengunggah file Power Point yang ingin dikonversi. Biasanya, akan terdapat tombol "Unggah" atau "Pilih File" yang bisa digunakan.
  • Setelah berhasil mengunggah file PPT, pilih format keluaran yang kamu inginkan. dalam hal ini adalah "Word" atau "DOC".
  • Selanjutnya, klik tombol "Konversi" atau "Mulai Konversi" untuk memulai proses konversi.

  • Tunggu sebentar hingga situs web menyelesaikan proses konversi. Waktu yang diperlukan tergantung pada ukuran presentasi dan kecepatan koneksi internetmu.

  • Setelah konversi selesai, situs web akan memberikan tautan untuk mengunduh dokumen Word yang sudah dikonversi. Klik tautan tersebut untuk mengunduh file DOC.

  • Buka dokumen Word yang baru diunduh untuk memeriksa hasil konversi. Pastikan tata letak dan formatnya sesuai dengan kebutuhan.

2. Cara Mudah Mengubah PPT ke Word Tanpa Koneksi Internet

Saat  koneksi internet terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali. Kamu juga masih bisa mengubah presentasi PowerPoint ke dokumen Word loh. Yuk kita simak cara mengubah PPT ke Word secara offline.

  • Buka Microsoft PowerPoint

Pertama, buka aplikasi PowerPoint di komputermu. Pastikan sudah memiliki Power Point yang ingin kamu ubah.

  • Pilih "File" dan "Simpan Sebagai"

Klik pada tab "File" yang terdapat di sudut kiri atas layar, lalu pilih "Simpan Sebagai" dari menu yang muncul.

  • Pilih Jenis File

Pada jendela "Simpan Sebagai", kamu akan melihat opsi "Jenis". Kemudian pilih "Dokumen Word (* .docx)" dari daftar opsi yang tersedia.

  • Tentukan Lokasi Penyimpanan

Selanjutnya adalah dengan menentukan lokasi di mana kamu ingin menyimpan dokumen Word yang baru. Kemudian, tambahkan atau beri nama dokumen tersebut sesuai keinginanmu.

  • Klik "Simpan"

Setelah semua pengaturan sudah benar, klik tombol "Simpan". PowerPoint akan mulai mengonversi presentasi menjadi dokumen Word.

  • Buka Dokumen Word

Setelah proses konversi selesai, buka dokumen Word yang baru kamu buat. Pastikan untuk memeriksa tata letak dan formatnya agar sesuai dengan yang diinginkan.

3. Cara Menyalin Presentasi PowerPoint ke Dokumen Word per Halaman

Cara selanjutnya adalah, kamu bisa mengcopy paste presentasi PowerPoint ke dokumen Word. Proses ini bisa sangat membantu jika ingin mengintegrasikan elemen-elemen dari presentasi ke dalam laporan atau dokumen tertentu. Mari kita lihat langkah-langkahnya.

  • Buka presentasi PowerPoint yang ingin disalin. .

Langkah pertama adalah dengan memilih teks atau elemen grafis yang ingin kamu sertakan pada dokumen Word. Cukup dengan mengklik dan menyorot teks atau elemen yang diinginkan.

  • Mulai Proses Copy

Setelah selesai memilih, tekan tombol "Ctrl" + "C" pada keyboard untuk menyalinnya. Hal ini bertujuan untuk menggandakan konten yang kamu inginkan.

  • Buka Word

Selanjutnya, buka dokumen Word di mana kamu ingin meletakkan teks atau elemen tersebut. 

  • Menempatkan Dokumen

Setelah membuka dokumen word, tempatkan kursor pada lokasi di mana kamu ingin meletakkan teks atau elemen tersebut. Kini kamu siap untuk menggabungkan elemen ini.

  • Menempelkan Teks

Terakhir, tekan tombol "Ctrl" + "V" pada keyboardm untuk menempelkan teks atau elemen yang kamu salin dari PowerPoint ke dokumen Word.

Selesai, kamu telah berhasil menyalin isi dari presentasi PowerPoint ke dokumen Word.

4. Mengubah PowerPoint ke Word tanpa Harus Menyalin Satu per Satu Halaman

Untuk mengubah isi presentasi PowerPoint ke dalam dokumen Word tanpa harus menyalin satu per satu halaman, kamu bisa menggunakan metode penyisipan objek atau gambar dari presentasi PowerPoint ke dokumen Word. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka dokumen Word di mana kamu ingin menyisipkan presentasi PowerPoint.
  • Pada PowerPoint, buka presentasi yang ingin disisipkan.
  • Kemudian, klik kanan pada slide pertama atau slide yang ingin disisipkan ke Word, lalu  pilih "Salin" dari menu yang muncul.
  • Selanjutnya, kembali lagi ke dokumen Word, tempatkan kursor pada tempat yang ingin kamu sisipkan presentasi PowerPoint.
  • Kemudian, klik kanan pada dokumen Word dan pilih "Tempel" atau "Tempel Khusus" jika ingin memilih opsi format yang berbeda. 
  • PowerPoint slide akan disisipkan ke dalam dokumen Word sebagai gambar atau objek.
  • Kamu juga bisa mengatur ukuran dan posisi slide PowerPoint sesuai dengan keinginan di dokumen Word.
  • Ulangi langkah-langkah 3 hingga 6 untuk setiap slide yang ingin disisipkan.
  • Setelah selesai, kamu akan memiliki dokumen Word dengan slide PowerPoint yang disisipkan di dalamnya.
  • Dengan metode ini, kamu dapat menyisipkan seluruh presentasi PowerPoint ke dalam dokumen Word tanpa harus menyalin halaman per halaman. 

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk convert Power Point ke Word. Dengan cara-cara ini, kita dapat mengubah PPT ke Word sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. 

Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan ragu untuk berbagi dengan teman-temanmu yang mungkin membutuhkannya. Terima kasih sudah membaca, dan slamat mencoba!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter