-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Berikut ini 10 Amalan-Amalan Di Bulan Ramadhan Menurut Sunnah

Post a Comment
Triprofik.com-Di Artikel ini kami akan sebutkan amalan-amalan di bulan ramadhan mulai dari hal kecil namun sangat berarti sekali untuk dikerjakan, sebab dengan melakukannya amalan ini maka pahala kamu akan berlipat ganda meskipun amalan ini hanya sebagian kecil saja, tentu dengan begitu amalan ini sangat mudah sekali dilakukan, namun pengetahuan sebagian orang masih belum sempurna. 
amalan bulan ramadhan

Amalan di bulan Ramadhan sesuai sunnah yang akan menambah pahala berlipat ganda, kita tahu di bulan Ramadhan semua kelakuan baik akan berlipat pahala begitu juga sebaliknya, jadi jangan sia-siakan bulan Ramadhan yang akan datang ini, gunakanlah waktumu sebaik mungkin, karena belum tentu kita bisa sampai pada bulan Ramadhan selanjutnya.

Ini Dia 10 Amalan Sunnah Di Bulan Ramadhan 


1.Segerakan Berbuka

Amalan yang paling mudah dan banyak disukai orang ialah segeralah berbuka disaat waktu Maghrib telah tiba, amalan ini kebanyakan orang sudah melakukannya, dengan berbuka di awal waktu, selain kita dapat mengobati rasa lapar dari siang hari kita masih mendapatkan pahala tambahan. dan berbukalah dengan hal yang manis salah satunya dengan Kurma, itupun termasuk sunnah nabi, jadi di bulan puasa itu banyak pahala yang dapat dengan mudah kita raih asal kita tau apa saja yang menjadi sumber pahala di Bulan Ramadhan.

Lalu lebih baik mana dengan Sholat maghrib lebih dulu, memang keduanya sama-sama mempunyai keutamaan yang baik, kita berbuka lebih dulu juga baik dan Sholat Maghrib di awal waktu juga baik dan di sukai Allah, jadi solusi disaat seperti ini, Berbukalah dulu meskipun hanya dengan minum air putih ( Hanya sekedar membatalkan puasa ) Lalu setelah itu Kita Sholat Maghrib di awal waktu, secara tidak langsung, kita sudah mendapatkan dua kebaikan dan dua keutamaan.

عن سهل بن سعد – رضي عنهما – أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال : ((لا يزال الناس بخير ما عجل الفطر)) متفق عليه



Dari Sahal bin Sa’d –radhiyallahu ‘anhu- bahwa Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda, “Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka” (Muttafaqun Alaihi)

2.Mengakhirkan Sahur

Islam itu sangat peduli terhadapap ummatnya, kita di anjurkan untuk selalu mengakhirkan sahur, secara tidak langsung kita di jaga kekuatan tubuhnya untuk menjalani ibadah puasa, dengan mengakhirkan sahur otomatis perut dan tubuh kita akan memperpanjang masa kenyangnya, sebab kita sahurnya di akhir, dengan begitu tubuh kita tepat sehat dan mempunyai persiapan untuk menjalani aktivitas dalam sehari.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dari Zaid bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu berkata :

تَسَحَّرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، ثُمَّ قَامَ إِلَى الصَّلاةِ ، قَالَ : قُلْتُ : كَمْ بَيْنَ الأَذَانِ وَالسَّحُورِ ؟ قَالَ : قَدْرُ خَمْسِينَ آيَةٍ


3.Menahan Diri dari Godaan Nafsu

Jika sebelum bulan Ramadhan kita dengan semena-mena menghamburkan nafsu kita, cobalah sebulan ini saja untuk tidak menturutinya, cobalah tahan nafsumu selama sebulan apakah bisa dan kuat untuk tidak melakukan hal yang disukai nafsu dengan katagori yang menimbulkan dosa, Godaan Syetan memang sudah sekidit terbelenggu dengan hadirnya puasa yang kita jalani, namun kebiasaan kita sebelumnya akan mengontrol aktivitas penunjang untuk melakukan keburukan.

4.Ingat Berdoa Sebelum Makan Buka Dan Sahur 

Berdoa sebelum makan memang sebuah sunnah meskipun bukan bulan Puasa, namun anda pasti tau bukan, segala bentuk amalan baik di bulan Ramadhan akan berlipat ganda, tentu berdoa sebelum berbuka dan sahur masih tergolong pahala yang ada sangkut pautnya dengan adanya Bulan Puasa.

5.Jangan Berkata Kotor Bohong

Perkataan juga menjadi sebuah pedang, karena lisanmu harimaumu, perkataan memang kerap menjadi pemicu awal percekcokan dan pertengkaran, oleh karena itu jagalah hati dan perkataan kalian, dengan tidak berkata kotor maka pahala puasamu akan aman tersimpan

6.I'tikaf di Masjid

Ibadah di bulan ramadhan menanamkan pahala yang banyak dan mudah, I'tikaf hanya sekedar berdiam diri didalam Masjid, ibadah ini sangat mudah dikerjakan oleh semua orang, karena hanya memerlukan kesabaran dan ketenangan dalam berdiam Di Masjid, jika I'tikaf kita kerjakan dalam bulan Ramadhan maka pahala akan berlipat ganda.

7.Sedekah

Sedekah merupakan pekerjaan yang membutuhkan kerendahan dan ketulusan hati, dengan Sedekah hati kita di ajarkan tulus ihklas memberi dan tidak mengharapkan kembali, Sedekah jika tidak di latih sejak dini maka akan sangat berat untuk mengerjakannya, namun siapa yang berani bersedekah akan mendapatkan pahala lebih jika di bulan Puasa.

Rasulullah bersabda: "Siapa saja yang memberi makanan berbuka kepada seorang yang berpuasa, maka dicatat baginya pahala seperti orang puasa itu, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang tersebut (HR. Ahmad)".


8.Membaca AL Qur'an

Perbanyak membaca al Qur'an memang sangat di anjurkan bagi ummat muslim, apalagi di bulan puasa yang memang ditambah pahalanya, biasanya menghatamkan al Qur'an bisa di kerjakan sekali dalam satu bulan atau dua kali, bahkan bisa 4 kali hatam dalam satu bulan.

9.Mandi wajib sebelum Terbit Matahari

Bagi yang mengalami hadast besar maka diwajibkan untuk mandi sebelum terbitnya matahari, hal ini untuk menyambut awal puasamu dalam kedaan suci dari hadast, faidah laiinya, karena menjaga atau sebuah bentuk kehati-hatian masuknya air disaat mandi setelah fajar shubuh.

10.Konsisten/Istiqomah Menjalankan Sunnah

Dan yang paling penting dari segala bentuk ibadah ialah istiqomah mengerjakanya, karena tiada artinya jika kamu tidak bisa bertahan secara rutin untuk menjalankan ibadah sunnah. dan jangan lupa pula untuk tetap menjalankan amalan sunnah tersebut di bulan berikutnya hingga bulan Ramadhan tiba lagi, karena hal inilah yang akan menunjukkan bahwa kamu benar-benar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Itulah amalan di bulan ramadhan sesuai sunnah yang dapat kamu kerjakan untuk menambah pahala dan kualitas hidup kamu, semoga artikel ini menjadi sebuah motivasi bagi kita semua termasuk diriku sendiri. aamiin.














Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close