Menghilangkan Jerawat Beserta Bekasnya di Punggung dan Pipi Secara Alami Dengan Cepat

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Menghilangkan Jerawat Beserta Bekasnya di Punggung dan Pipi Secara Alami Dengan Cepat

,
Triprofik.com-Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang di bagian tubuh tertentu.Jerawat adalah suatu penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,"Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya." Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres

Triprofik.com-Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang di bagian tubuh tertentu.Jerawat adalah suatu penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,"Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya." Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.Wikipedia

Sebelum kita membahas Cara menghilangkan jerawat beserta bekasnya di punggung dan pipi secara alami dengan cepat, baik kita tahu terlebih dahuli apa saja penyebab timbulnya jerawat pada kulit kita 

Beberapa Penyebab Terjadinya Jerawat.

1. Produksi minyak berlebihan

Jerawat tidak selalu muncul karena kotoran dan atau polusi yang notabene dari luar tubuh kita, Namun adakalanya Jerawat juga disebabkan oleh faktor dari dalam tubuh. Seperti minyak berlebih misalnya. Alasan kenapa produksi minyak berlebih bisa memicu adanya jerawat adalah sebagai berikut. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.

2. Adanya sel-sel kulit mati di tubuh

Umumnya memang jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat akan timbul ketika kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Setelah sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah debu atau kotoran yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk gumpalan kecil yang cukup untuk menyumbat pori yang akan menjadi bintik hitam atau putih pada kulit. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.

3. Kulit terpapar Bakteri

Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut P. acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu salah satu jenis jerawat yang akan meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.

4.Kosmetik yang tidak aman

Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori sehingga bisa juga memicu peradangan pada kulit dan akhirnnya akan menimbulkan jerawat.

5. Penggunaan Obat-obatan tertentu

Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat pada kulit.

6. Telepon Genggam

Permukaan telepon genggam bisa jadi media subur untuk tumbuhnya bakteri. Untuk mencegahnya, bersihkan permukaan telepon secara rutin dengan alkohol, dan usahakan jangan menempelkan telepon genggam ke pipi ketika menelepon.

hal tersebut sudah pernah diteliti oleh para ilmuan dan sangat mengejutkan hasilnya.

sebagaimana di kutip dari liputan6.com. Sebuah penelitian yang dilakukan sejumlah ahli dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, Inggris, menemukan, ponsel ternyata menjadi rumah dari bakteri berbahaya seperti E.coli, MRSA, juga 1.000 jenis bakteri lainnya. Meski sebagian besar bakteri tersebut tidak berbahaya, satu dari enam ponsel yang dijadikan objek penelitian mengandung bakteri E.coli, penyebab dari banyak kasus kematian.

Penelitian ini melibatkan 390 partisipan dari 12 kota. Ditemukan 92 persen dari total seluruh ponsel mengandung berbagai macam bakteri yang dapat berujung pada serangan berbagai macam penyakit. Yang lebih berbahaya lagi, seluruh bakteri yang ditemukan pada telepon genggam partisipan memiliki potensi besar untuk bermutasi menjadi bakteri super MRSA.

Menurut beberapa sumber, MRSA adalah salah satu tipe bakteri Staphylococcus yang ditemukan pada kulit dan hidung yang kebal terhadap antibiotik. Jumlah kematian akibat infeksi bakteri MRSA lebih banyak dibandingkan dengan angka kematian akibat sindrom penurunan sistem kekebalan tubuh alias AIDS.

7.Stres

Sebenarnya, stres tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Masalahnya, ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Tak hanya itu, stres membuat orang tersebut mempunyai pola makan yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai "pelarian" dari stres.

Nah setelah kita mengetahui apa saja penyebab terjadinya jerawat di atas, maka sekarang kita menuju step berikutnya,yakni

Cara Menghilangkan Jerawat secara alami

Seperti pepatah mengatakan "Mencegah lebih baik daripada Mengobati" samahalnya dengan mengatasi jerawat, proses pencegahan adalah yang paling utama dan paling efektif untuk mengurangi jerawat di tubuh kita.Ilmupedia.net

Untuk pencegahannya kamu bisa melakukan hal-hal berikut. Seperti yang dilansir oleh Merdeka.com, di antaranya:

1. Jaga kebersihan kulit di area yang berjerawat.
2. Bersihkan area tersebut dengan menggunakan pembersih atau sabun wajah sebanyak dua kali sehari.
3. Gosok kulit dengan lembut agar tidak mengalami iritasi.
4. Olahraga memang erat kaitannya dengan kesehatan dan kebugaran tubuh manusia. dan olahraga dapat meminimalisir terjadinya jerawat dengan cara memperbaiki sirkulasi darah. Meningkatnya aliran darah, akan membantu memelihara sel kulit agar tetap sehat, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkannya.

Dalam informasi lain yang kami dapat, Meski info disini masih belum kami dapatkan info lebih lanjutnya, juga Perlu di perhatikan untuk menghindari dari tidak mengusapkan Telapak Tangan yang kotor bahkan meski bersih sekalipun pada bagian-bagian tubuh yang sensitif terkena jerawat seperti muka,bahu atau punggung, pada saat bagian-bagian tersebut berkeringat.

Untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut disarankan untuk selalu membawa lap muka yang bersih atau tissu, dan kalaupun terpaksa mengusap bagian tubuh yg berkeringat tadi karena kita lupa membawa lap atau tissu maka pakailah bagian tangan lain selain telapak tangan.

dilansir dari kompas.com Cara menghilangkan jerawat secara alami di bawah ini, dipercaya efektif untuk membuat kulit kembali sehat dan bebas dari jerawat. Namun perlu diingat, belum banyak penelitian yang bisa mengonfirmasi manfaat bahan-bahan di bawah ini. Sehingga, meski cara ini alami, kita tetap perlu berhati-hati dalam menjalankannya.

1. Lidah buaya

Gel lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan di kulit yang muncul akibat jerawat. Lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan sulfur. Dua bahan ini sudah sering digunakan untuk mengatasi jerawat di kulit.

Untuk cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat:
Kerok gel lidah buaya dengan menggunakan sendok ataupun alat sejenis.
Setelah itu oleskan hasil kerukan tadi ke wajah atau bagian yang berjerawat sebagai pelembap. Ulangi 1-2 kali sehari Jika muncul iritasi, rasa gatal, atau kemerahan, sebaiknya hentikan penggunaan.

2. Cuka apel

Cuka apel mengandung beberapa jenis asam organik yang dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi minyak berlebih. Untuk menggunakan cuka apel sebagai pembasmi jerawat, berikut ini langkah-langkahnya.
Campur 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air,aduk dan pastikan campuran kedua bahan tersebut tercampur rata. Bersihkan wajah, setelah itu oleskan campuran cuka apel ke kulit, menggunakan kapas steril. Biarkan selama 5-20 detik. Bilas wajah dengan air hangat atau air bersih, lalu keringkan. Ulangi langkah di atas 1-2 kali sehari. Jika kulitmu sensitif, campurkan cuka apel dengan lebih banyak air. Perhatikan juga bahwa cuka apel dapat menimbulkan iritasi pada beberapa orang, sehingga, jangan menggunakannya secara berlebihan.

3. Madu

Madu mengandung antioksidan yang dapat membersihkan kotoran di wajah, serta mencegah penyumbatan di pori-pori. Selain itu, madu juga bersifat antibakteri dan mengandung bahan yang dapat membantu penyembuhan luka.
Untuk caranya kita cukup mengoleskan madu ke kulit menggunakan kapas steril, untuk mendapatkan manfaatnya dalam menghilangkan jerawat.

4. kayu manis

Kayu manis kaya akan antioksidan dan mengandung bahan antibakteri, dan dapat membantu meredakan jerawat yang meradang.
Untuk caranya cukup campurkan kayu manis dengan madu, untuk membuat masker yang bisa meredakan jerawat, dengan langkah berikut. Campur 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh kayu manis bubuk, dan aduk hingga membentuk konsistensi seperti pasta. Setelah wajah dibersihkan, oleskan pasta tersebut ke kulit dan diamkan selama 10-15 menit. Lalu, cuci muka hingga bersih dan keringkan.

5. Bawang putih.

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui sebagian manfaat bawang putih adalah sebagai pereda timbulnya jerawat. karna memang notabe dari bawang putih adalah bumbu atau rempah. Namun di balik itu bawang putih dipercaya dapat membantu mengatasi infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri. Kamu dapat menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam asupan harian, untuk mendapatkan manfaatnya. Sebaiknya, kamu tidak mengoleskan bawang putih langsung ke kulit wajah yang berjerawat, karena dapat menyebabkan iritasi dan sakit pada saat terpapar bawang putih.

6. Es batu

Meski tidak akan menyembuhkan jerawat secara tuntas, es batu dapat membantu meredakan jerawat yang meradang. Caranya kamu di cukupkan mengkompres jerawat yang sedang meradang dengan es batu yang dibalut dengan kain, untuk merasakan manfaatnya. Es batu akan membantu mengencangkan pembuluh darah, sehingga kemerahan dan peradangan di kulit dapat mereda.

7. Perasan jeruk lemon

Air jeruk lemon mengandung asam sitrat, yang baik untuk mengatasi jerawat. Untuk menghilangkan jerawat menggunakan air jeruk lemon, kamu harus ambil kapas steril terlebih dahulu, lalu celupkan ke perasan air jeruk lemon. Setelah itu, usapkan kapas tersebut ke kulit yang berjerawat, dan diamkan semalaman. Namun, ingat risiko iritasi. Jika kulit terasa perih setelah dioleskan air perasan jeruk lemon, lebih baik jangan dilanjutkan perawatannya dan segeralah berkonsultasi dengan dokter.

8. Minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya dapat menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan jerawat secara alami. Kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang ada di dalamnya, memungkinkan minyak membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi kemerahan serta pembengkakan pada jerawat. Kamu dapat menggunakan virgin coconut oil, untuk dioleskan ke kulit yang berjerawat.

9. Tea tree oil

Tea tree oil sudah banyak menjadi bahan campuran di produk-produk kecantikan penghilang jerawat. Pasalnya, bahan yang satu ini memiliki sifat antibakteri dan antiperadangan, sehingga dianggap efektif untuk mengempiskan jerawat.
Untuk caranya kamu dicukupkan mengoleskan tea tree oil pada bagian yang berjerawat dan pastikan teroles secara merata pada semua bagian, diamkan sampai 10-15 menit lalu bersihkan muka menggunakan facial foam yang cocok dengan kulit. Lakukan sampai jerawat benar-benar hilang dari tubuh kamu.

10. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang dinamakan katekin dalam jumlah banyak. Sehingga, mengonsumsi maupun menggunakan teh hijau sebagai produk kecantikan, dapat membantu menghilangkan kotoran serta bahan yang bisa menyebabkan kerusakan sel.

11. Putih telur

Protein dan vitamin yang ada pada putih telur, dapat membantu mengencangkan dan mengeluarkan minyak dari kulit. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori, dan membantu meredakan peradangan di kulit akibat jerawat. Gunakan putih telur untuk membasmi jerawat dengan cara mengoleskannya ke kulit yang berjerawat, dan diamkan selama 10 menit. Lalu, bilas dengan air hingga bersih. Perlu diperhatikan, telur mentah dapat mengandung bakteri yang bisa mengganggu kesehatan. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah telur yang bersih dan organik.

12. Kulit jeruk

Selain meredakan jerawat, kulit jeruk ternyata juga dapat memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan. Kulit jeruk mengandung vitamin C dan antioksidan, yang baik untuk regenerasi sel kulit. Untuk menggunakannya, parut kulit jeruk lalu haluskan dengan air, hingga berbentuk seperti pasta. Setelah itu, oleskan ke kulit dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air.

13. Hindari stres

Nah selain usaha dengan bahan-bahan di atas,perlu juga kamu menjaga tubuh dari jerawat dari dalam. Hormon yang dikeluarkan tubuh saat stres, dapat memicu produksi minyak (sebum) berlebih dan menyebabkan kulit meradang, sehingga memperparah jerawat. Selain itu, stres juga dapat memperlambat proses penyembuhan luka hingga 40%, dan memperlambat penyembuhan bekas jerawat.
15. banyak minum air putih
Mengonsumsi cukup air putih perlu dilakukan bagi yang sedang berjerawat. Sebab, cairan yang cukup akan membantu proses penyembuhan di kulit berjalan lebih cepat, dan mengurangi risiko munculnya jerawat baru. Jika kulit sampai kering karena kekurangan cairan, maka kulit akan mudah iritasi, sehingga jerawat pun akan lebih mudah muncul.

Untuk menghilangkan bekas jerawat kamu bisa melakukan 4 hal dibawah

dilansir oleh bola.com ada 6 hal untuk meghilangkan bekas jerawat secara alami,namun disini kami rangkum dan kami ambil tips-tips yang paling lumrah di masyarakat untuk menghilangkan jerawat.

1. Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dengan Tomat

Tomat adalah sayuran yang kaya akan vitamin A dan C, serta karoten yang merupakan antioksidan. Kandungan-kandungan dalam tomat mampu menyembuhkan kerusakan kulit akibat jerawat.

Cara menggunakan tomat:
  1. Iris tomat dibagi menjadi 3-4 bagian
  2. Tempelkan pada kulit atau bisa dihaluskan menjadi masker
  3. Diamkan 20-30 menit
  4. Bilas wajah dengan air bersih atau lebih baik menggunakan air es supaya lebih segar
  5. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dengan Kentang

Kentang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. 

Cara menggunakan kentang sebagai berikut:
  1. Iris kentang tipis-tipis
  2. Tempelkan pada area bekas jerawat
  3. Biarkan selama 10 menit, kemudian cuci wajah dengan air bersih
  4. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu

3. Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dengan Baking Soda

Baking soda biasanya dipakai sebagai bahan untuk membuat kue. Namun baking soda juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit.

Bahan ini bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Kok bisa? Baking soda terdiri dari kristal sodium bicarbone yang berfungsi mengelupas kulit mati ketika digunakan sebagai scrub pembersih.

Cara menggunakan baking soda:
  1. Siapkan baking soda secukupnya, paling sedikit satu sendok teh
  2. Campur air secukupnya
  3. Aduk hingga mengental
  4. Oleskan pada area bekas jerawat sambil memijitnya
  5. Diamkan selama 2-3 menit
  6. Bilas wajah dengan air hangat
  7. Oleskan pelembap alami, seperti minyak zaitun.

4. Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dengan Lemon

Lemon memiliki kandungan asam alfa-hidroksi alami (AHA) yang dapat menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Hal ini juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit. Jika Anda sulit menemukan lemon, Anda bisa menggunakan perasan air jeruk nipis.

Cara menggunakan lemon atau jeruk nipis:
  1. Belah buah menjadi 2 bagian, kemudian peras
  2. Oleskan air perasan tersebut ke wajah
  3. Diamkan sampai kering
  4. Bilas wajah dengan air bersih
  5. Gunakan pelembap untuk tetap menjaga kelembapan kulit
  6. Lakukan perawatan dua hari sekali secara teratur
Nah dari sekian banyak tips untuk mengatasi jerawat di tubuh kita,point kedua perihal pencegahanlah yang paling utama dalam memerangi jerawat.

Selamat mencoba dan good luck...

Sekian Artikel info tentang "Menghilangkan Jerawat Beserta Bekasnya di Punggung dan Pipi Secara Alami Dengan Cepat " saya susun agar memberi manfaat kepada khalayak umum dan sharing pengalaman. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita semua.

NOTE : Jika artikel ini memang berguna untuk Sobat,Mohon agar artikel ini di share kepada yang lain,agar Sobat kita yang lain juga mendapatkan manfaatnya,TERIMAKASIH !

Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler