-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Simak Gerhana Bulan apa saja yang akan terjadi di Tahun 2020 wilayah Indonesia

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Triprofik.com-Fenomena gerhana bulan memang sering terjadi di Indonesia, kita dapat melihat fenomena ini dengan mata telanjang, di tahun 2020 indonesia akan mengalami beberapa fenomena Gerhana bulan, apa saja gerhana bulan yang akan terjadi di Indonesia? 

Gerhana bulan bisa terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Hal ini terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama. Sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalang oleh bumi.

Menurut BMKG salah satu gerhana bulan yang akan terjadi di wilayah Indonesia adalah gerhana bulan Penumbra atau disebut juga gerhana bulan Sebagian.

Gerhana bulan penumbra adalah gerhana yang seluruh bagian bulannya berada di bagian penumbra bumi. Pada saat gerhana bulan penumbra, bulan masih terlihat meskipun tidak terlalu terang.

Keliatan samar samar, gerhana ini penumbra ini akan terjadi esok hari di tanggal 11 Januari 2020

BMKG memprediksi di tahun 2020 ini akan terjadi enam kali gerhana yaitu 2 kali gerhana matahari dan 4 kali gerhana bulan.

Selain di tanggal ini, ada juga beberapa gerhana bulan yang nantinya menyambangi Indonesia menurut prediksi BMKG. Apa saja?

Berikut Daftar Gerhana yang akan terjadi di wilayah sebagian Indonesia


1. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) : 11 Januari 2020 yang dapat diamati dari Indonesia.

2. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) : 6 Juni 2020 yang dapat diamati dari Indonesia.

3. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) : 5 Juli 2020 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

4. Gerhana Bulan Penumbra (GBP) : 20 November 2020 yang dapat diamati dari wilayah Indonesia bagian Barat menjelang gerhana berakhir.


Sumber: Detik.com

Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter