-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Panduan lengkap sebelum berkunjung ke Kawah Ijen untuk pemula

Post a Comment
pendakian kawah ijen untuk pemula

ilmupedia.Net-Kawah Ijen memang menjadi tujuan para wisatawan disaat musim liburan, banyak orang berburu keindahan yang tertanam dalam gunung ijen ini, dari sekian tempat wisata yang ada didunia hanya kawah ijen yang menyajikan api biru dimalam harinya, bagi kamu yang penasaran dengan indahnya kawah ijen, berikut panduan sebelum berkunjung ke kawah ijen bagi pemula agar selama dalam pendakian kamu merasa nyaman dan tidak ada yang disesalkan.

Seperti biasa gunung memang tempat yang indah untuk dikunjungi namun sayangnya semua gunung merupakan tempat tinggi yang harus mempunyai badan sehat bagi para pendakinya, pendakian kawah ijen tidak begitu sulit tidak seperti gunung lainya di Indonesia.

Jalur pendakian dikawah ijen sudah terbentuk sejak kawah ini ramai dikunjungi para pelancong dunia, bukan lagi di Indonesia tapi dunia, ya kawah ijen memang sudah tenar diseluruh dunia, jika kamu berkunjung ke kawah ijen pastinya akan menemukan banyak turis asing yang berpapasan denganmu, itu sudah hal yang biasa.

Pegunungan yang menyajikan kawah yang begitu cantik ini merubah kehidupan masyarakat sekitar kawah ijen, salah satunya mahirnya bahasa asing bagi penduduk setempat, kamu yang bertahun tahun belajar bahasa inggris pastinya akan kalah saing dengan para penduduk lokal disekitar kawah ijen, mereka sangat jago dalam berbahasa inggris, itulah dampak dari adanya kawah ijen.

Tentunya bukan itu saja, banyak hal lain yang membuat tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi, nah bagi kamu yang ingin bekunjung ke kawah ijen ada panduan lengkap untuk pemula yang harus dipenuhi sebelum pendakian itu dimulai.

Waktu yang tepat untuk ke kawah Ijen

Waktu yang sangat bersahaba disaat kamu mau berkunjung ke kawah ijen maka disarankan pada bula n Mei sampai Juni, karena cuaca dibulan tersebut sangat bersahabat pada suasana sekitar kawah ijen, dengan begitu kamu dapat melihat panorama cantiknya kawah ijen dan sunrise di gunung ijen.

Rute menuju kawah Ijen ada dua jalur

Kawah Ijen yang terhimpit diantara dua kabupaten ini mempermudah bagi kamu yang ingin menjangkaunya, kamu bisa saja melalui jalur kota Banyuwangi atau juga melalui Kabupaten Bondowoso, semua perjalanan melalui jalur keduanya sangat nyaman dan aman.

Bila dari jakarta maka perjalanan lebih nikmat menggunakan pesawat yang mendarat di bandara internasional Banyuwangi, hindari mendarat di bandara Juada internasional Surabaya maka kamu akan menjalani jalur darat selama  10 jam lamanya


Dimana Tempat menginap

Jika kamu dari kota besar seperti Jakarta dan Surabaya maka disarankan menginap sebelum kekawah Ijen, ada banyak hotel dibanyuwangi yang dapat kamu singgahi, jadi sebelum berangkat ke kawah Ijen disarankan istirahat guna memulihkan kondisi tubuh yang mulai melemas selama perjalanan karena sulitnya mencari penginapan di sekitar gunung Ijen,  namanya gunung dan sudah mendekati hutan belantara.

Dimana tempat makan

Tak perlu khawatir jika mengenai tempat makan, sebelum pendakian ada banyak warung makan yang ada disekitar tempat parkir, dengan lahan parkir yang luas sehingga dipinggiran ada warung makan lengkap dan bermacam menu, kamu bisa saja mengisi tenaga sebelum pendakian diwarung tersebut dan sesudah pendakian juga tidak masalah.


Berikut panduan lengkap bagi pemula sebelum mendaki kawah Ijen

1.Persiapan fisik 

Persiapan fisik seminggu sebelum pendakian dimulai adalah cara paling ampuh untuk melatih rasa lelah saat pendakian, jika kamu sudah melakukan persiapan fisik maka selama pendakian tidak akan merasakan capek yang keterlaluan, setidaknya kamu sudah dapat menahan lelah dalam pendakian, latihan fisik dapat kamu lakukan dengan berlari, bersepeda atau panjat pinang, semua yang berkaitan dengan kekuatan kaki akan menunjang masa pendakian kekawah Ijen.

2.Buang air sebelum mendaki

Selama pendakian tidak ada toilet dipinggir jalur pendakian, oleh sebab itu kamu disarankan membuang air terlebih dahulu, demi kenyamanan antar tiem, ingat jika digunung jangan buang air sembarangan selain menjaga kebersihan gunung merupakan tempat yang sakral.

3.Menggunakan jaket tebal

Seperti biasa cuaca dipegunungan sangat dingin bahkan jika kamu tidak menggunakan jaket yang tebal akan berdampak buruk pada kondisi tubuhmu apalagi harus mendaki dengan kekuatan tubuhmu, oleh sebab itu sebelum ke kawah ijen persiapkan jaket, kaos kaki tebal yang dapat menahan dinginnya cuaca dipegunungan.

4.Masker penahan bau blerang

Membawa masker guna antisipasi setelah kamu berada di dekat kwah Ijen, seperti namanya saja kawah ijen yang mengeluarkan bau belerang yang begitu menyengat, sehingga bagi kamu yang tidak menggunakan masker maka akan tidak kuat menghirup udara di kawah ijen, masker disini bukan sekedar masker biasa yang digunakan dalam perjalanan, melainkan masker untuk menahan bau dari belerang yang sangat membahayakan tubuh kita.

5.Gunakan sepatu gunung

Gunakan sepatu yang mempunyai alas bergigi agar dapat menahan jalanan menanjak yang ada dijalur pendakian kawah ijen, sebab jalur pendakian dipenuhi pasir halus yang berpotensi mudah terpeleset, apalagi dikanan kirinya berupa jurang yang sangat dalam.

6.Membawa barang penting

Membawa barang seperlunya saja, bagi kamu yang sedang menjalani persiapan ke kawah ijen maka disaat pendakian bawalah barang yang dianggap paling penting dalam masa pendakian, seperti air kemasan, makanan yang dapat menambah daya tahan tubuh, kamera dan baterai tambahan.

7.Membawa senter

Karena jam buka kawah ijen sekitar pukul 01 dini hari maka membawa senter sangat penting sebab waktu pendakian dikawah ijen adalah tengah malam karena setelah sesampainya dikawah ijen kamu akan menemukan api biru yang biasa disebut blue fire oleh warga asing, 

8.Kacamata 

Nah bagi kamu yang hobi foto grafer maka kacamata adalah hal yang paling utama untuk mengabadikan momen dikawah ijen, sebab disaat kamu mendakati Blue fire maka kacamata akan melindungi dari gas panas yang terbawa oleh angin.

9.Membawa obat obatan

Pendakian yang menguras tenaga akan mengakibatkan turunnya kesehatan tubuh, bagi kamu pemula yang belum pernah perjalanan kegunung maka sangat disarankan membawa obat-obatan seperti minyak angin, tisu basah dan obat lainnya yang dianggap perlu dalam pendakian.

10.Makan sebelum pendakian

Pendakian kawah ijen sekitar 2 jam perjalanan normal, sangat disarankan jika kamu mengisi perut terlebih dahulu, sebab tidak ada warung makan selama pendakian, cuman adanya warung kopi yang menyediakan mie instan siap saji.

11.Ojek online/ojek pangkalan

yang satu ini bila kamu sudah tidak dapat mendaki dengan kekuatan kakimu maka ada opsi lain dalam pendakian kekawah Ijen, kamu bisa memesan ojek yang sedang mangkal dalam jalur pendakian, biasanya ojek ini memasang tarif sesuai kesepakatan tergantung seberapa dekat kamu dengan kawah ijen, begitu juga dengan jalur menuruni kawah ijen.

Ojek ini mempermudah kamu dalam pendakian, kamu akan menaiki kereta dorong yang dikemudikan oleh beberapa orang, sebab jalur yang kadang landai dan ada juga yang terjal, demi keamanan ojek ini sudah dikendalikan oleh 3 sampai 5 orang

Setelah semua persiapan fisik sudah lengkap maka kamu tinggal action untuk meluncur ke tempat tujuan, ya begitu lah panduan bagi pemula untuk mendaki kawah Ijen.




Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close