Studi membuktikan: Kurang Tidur Bisa Picu Pikun di Usia Muda

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Studi membuktikan: Kurang Tidur Bisa Picu Pikun di Usia Muda

,
kurang tidur beresiko pikun dan pelupa
Triprofik.com-Pemuda di jaman sekarang tidak jarang ditemukan mengalami pikun atau pelupa termasuk saya sendiri yang mengalami lupa terlalu dini. Sebuah studi dari American Academy of Neurology mengatakan pria yang tidak tidur lebih dari satu malam berisiko terkena alzheimer, akibat meningkatnya protein tau dalam darah.

"Studi kami yang menunjukkan bahwa usia muda dan juga sehat yang melewatkan tidur satu malam akan meningkatkan tau dalam darah. Kurangnya waktu tidur berdampak buruk pada kehidupan diusia muda," kata penulis studi yang juga ahli saraf Universitas Uppsala, Swedia, Dr Jonathan Cedernaes, dikutip dari CNN.

Menurut asosiasi alzheimer, tau adalah protein yang membantu menstabilkan susunan sel-sel saraf otak. Penumpukan protein tau menyebabkan sel saraf jadi berantakan dan memicu alzheimer.

Bagi pemuda yang kurangnya waktu tidur dapat mengganggu kemampuan otak untuk membersihkan protein tau pada sel saraf otak. Sebab protein tau akan dibersihkan ketika tidur.

Mimiliki waktu tidur yang cukup adalah hal yang paling berharga dalam hidup di usia muda, namun yang berlebihan juga tidak baik.

"Ketika anda memiliki waktu tidur yang cukup,itu akan meningkatkan pembersihan protein abnormal dalam saraf otak, dan kami pikir itu bagus," kata ahli saraf Mayo Clinic, Dr Donn Dexter.

Studi menunjukkan pria yang tidak tidur memiliki peningkatan protein tau dalam darah rata-rata 17 persen, sedangkan yang cukup tidur hanya meningkat 2 persen.


jadi bagi para pemuda sempatkanlah tidur yang cukup dan tidak sering begadang kalau tidak ada perlunya, seperti lagunya bang Roma aja, ok sampai disini  dulu semoga bermanfaat.

Sumber: Detik.com



Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler