-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Ini Cara Cepat Tidur yang Mudah dan Praktis

Posting Komentar
Konten [Tampil]
susah tidur

Triprofik.com-Bagi yang mengalami sulit tidur atau insomnia ada beberapa tips supaya dapat tidur dengan nyenyak, berbagai keluhan tentang insomnia memang sangat memprihatinkan, sebab dengan susah tidur anda bisa saja lemah dalam menjalani aktivitas disiang harinya.

Berbagai cara mungkin dapat membantu anda dalam mempercepat pola tidur yang anda jalani, sulit tidur bisa disebabkan beberapa kasus, biasanya sering begadang tiap malam atau memang kerjanya dimalam hari maka kebiasaan tersebut akan tertanam dalam pola pikir dan tubuh kita, sehingga disaat anda ingin memulai tidur malam tidak akan cepat tidur bahkan tidak bisa sama sekali.

Kenali Beragam Cara Cepat Tidur yang Mudah dan Praktis

Insomnia memang sangat berpengaruh pada kesehatan, jika anda mengalami insomnia maka cepatlah lakukan pengobatan, jangan sampai berlarut-larut dalam ketidak nyamanan, sebab semakin lama penyakit bersarang semakin lama pula cara mengembalikannya.

1.Tidur di jam yang sama tiap malam

Disiplin tidak hanya dalam kegitan kantor atau sekolah, tidurpun harus disiplin, dengan disiplin tubuh dan pikiran anda akan terlatih semaksimal mungkin, memang pada awalnya akan terasa kesulitan, anda pasti tidak akan bisa tidur jika sudah mengalami insomnia, namun dengan keinginan yang kuat cobalah disiplin dalam tidur.

Disiplin dalam tidur adalah tidur dijam yang sama dan bangun dijam yang sama pula.

2. Matikan peralatan elektronik

Sebelum anda melanjutkan untuk tidur maka matikan dulu semua peralatan eletronik seperti telepon seluler, tablet atau komputer, sekitar 1 sampai setengah jam sebelum tidur, disaat bangun tengah malam, jangan sampai menghidupkan ponsel sebab pancaran cahaya ponsel akan menimbulkan menurunnya produksi hormon melatonin, sehingga membuat tidur Anda terganggu.

Bahkan beberapa penelitian ponsel yang berdekatan dengan kita saat tidur akan menggangu otak dan tubuh kita, gelombang magnetik akan mempengaruhi otak serta tubuh kita.

3. Hindari konsumsi makanan atau minuman ini sebelum tidur

Hindari mengkonsumsi makanan mengandung lemak tinggi sebelum tidur, sebab tubuh akan bekerja  lebih keras dalam memproduksi lemak makanan sebelum tidur, lebih baik mengkonsumsi susu hangat yang rendah kandungan lemaknya, maka dapat membantu mempercepat pola tidur anda.

4.Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat sebelum tidur akan membantu mempercepat mengawali tidur anda, pasalnya air hangat akan memberi efek rilex dan ringan pada tubuh, sehingga tubuh cenderung tenang dan santai.

5.Konsumsi makanan berkarbohidrat

Konsumsi makanan berkarbohidrat sebelum tidur diyakini akan mempercepat tidur anda, karbohidrat akan meningkatkan kadar hormon tryptophan yang membuat Anda lebih mudah mengantuk. Namun, hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

6.Melakukan latihan pernapasan

Cara cepat tidur yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan latihan pernapasan. Caranya, tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, tahan napas selama tujuh hitungan, dan buang napas pelan-pelan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi pola ini sebanyak empat kali.

Lakukan dengan rutin, insyaAllah dapat membantu anda dalam mempercepat awal tidur. beberapa cara diatas dapat anda coba satu persatu, jika masih tidak bisa cobalah cara lain atau dengan inisiatif sendiri, konsultasi pada dokter adalah lebih baik.

Baca Juga: Cara Mudah dan Cepat Mengeluarkan Kapas Cotton Bud Yang Tertinggal Di Telinga

Cara Cepat tidur dengan Fitnes

Di sesi ini saya mau bercerita tentang pengalaman saya disaat susah tidur, pada awalnya pola tidur saya berjalan normal dan tidak ada gejala yang menganggu, namun setelah saya sering lembur dalam bekerja, kerja malam sampai pagi dan tidur dipagi hari.

siklus kerja malam yang saya jalani ternyata berdampak pada pola tidur saya, sehingga disaat saya ingin memulai tidur malam seperti biasanya, tidak dapat tidur bahkan sampai tembus pagi.

Berbagai cara dan tips sudah saya lakukan, namun tidak dengan obat obatan, sebab saya khawatir akan kecanduan.

Susah tidur dimalam hari menyebabkan tubuh lemah dan sulitnya beraktivitas disiang hari, sering sekali saya tidak masuk kerja karena tidak dapat tidur dimalam harinya.

kejadian ini terus menerus hingga beberapa bulan kedepan sejak awal sering tidak tidur malam, kualitas tidur siang tidak sama dengan tidur dimalam hari.

Lalu saya mencoba mengikuti Fitnes disuatu daerah kecematan tetangga saya, dan setelah malam harinya pada waktu menunjukkan jam 10 tubuh dan mata saya mulai melemah dan sayapun ingin segera tidur.

Wal hasil dengan mengikuti fitnes disiang harinya saya dapat tidur dengan nyenyak dimalam harinya, nah bagi anda yang sedang mengalami sulit tidur tidak ada salahnya mencoba aktivitas fitnes, andai saja dekat rumah ada GYM yakni saya akan melakukan olahraga fitnes dengan rutin.

Jika lokasi anda jauh dari tempat fitnes anda dapat mencoba cara lain seperti olahraga ringan lari pagi atau olahraga disiang harinya, bisa dicoba dengan bersepeda push up serta beberapa aktivitas yang dapat meringankan kerja otak.

Sejatinya susah tidur adalah pola tubuh yang awalnya disiplin dengan waktu sehari-hari namun dibentur dengan kegiatan yang perubahan waktunya begitu signifikan, sehingga tubuh sulit menerima pola aktivitas tersebut.

Baca Juga: Mama Papa Wajib Tahu, Begini Syarat dan Biaya Cara Membuat Akta Kelahiran Anak


Tag
cara agar cepat tidur menurut islam#cara tidur cepat 30 detik#cara mudah untuk tidur
cara cepat tidur malam menurut islam#cara cepat tidur untuk insomnia#cara agar bisa tidur sendiri
doa agar cepat tidur#makanan untuk cepat tidur

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter