Wae Rebo, Sebuah desa indah dibalik bukit Nusa Tenggara Timur

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Wae Rebo, Sebuah desa indah dibalik bukit Nusa Tenggara Timur

,

Triprofik.com Menjelajah gunung itu sudah hal yang biasa bagi para pendaki, namun jika menjelajah kesebuah desa unik dan cantik diatas gunung merupakan pengalaman berkesan, Wae Rebo sebuah desa dibalik bukit dengan keunikan dan budaya yang masih melekat pada masyarakatnnya.

Desa Wae Rebo terletak di Flores Nusa Tenggara Timur, untuk mencapai desa Wae Rebo anda harus menempuh perjalanan kaki sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan dengan traking melalui jalan setepak melewati tiga pos, pertama anda akan melewati pos  Wae Lomba, Poco Roko, Nampe Bakok.



Akses menuju desa Wae Rebo ini cukup terbilang sulit, dengan melewati jalan setapak layaknya mendaki sebuah gunung, Desa Wae Rebo ini berada di ketinggian 1000 mdpl, bagi para pendaki mungkin ketinggian ini tidak begitu menantang, namun bagi sebagian orang yang ingin mengunjungi desa Wae Rebo harus berjuang terlebih dahulu, traking jalan setapak.

Desa Wae Rebo ini sudah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pata tahun 2012 dengan menyisihkan 42 negara lain.

Meskipun lokasinya  sulit dijangkau, namun desa Wae Rebo sudah dikenal oleh dunia, sehingga desa ini sudah familiar di masyarakat dunia, oleh sebab itu anda dapat mengunjungi desa Wae Rebo dengan menginap atau hanya sekedar pengunjung biasa.

Aktivitas masyarakat Wae Rebo
Penghasilan Masyarakatt desa Wae Rebo ini adalah Kopi, Kopi di Desa Wae Rebo memiliki beragam jenis kopi, dan merupakan penghasilan yang paling utama, selain kopi masyarakat Wae Rebo juga bertani menanam jagung, untuk para wanita bertenun kain yang memiliki warna cerah, jadi bagi wisatawan yang suka mengoleksi kain Cura, merupakan koleksi unik dari desa Wae Rebo.

Keunikan yang lain dari desa Wae Rebo adalah bentuk rumahnya yang kerucut, terdapat 7 rumah kerucut yang tiap rumah berisi beberapa kepala keluarga, masyarakat Wae Rebo sangat ramah terhadap wisatawan yang datang.

Rute menuju desa Wae Rebo
Masyarakat yang ramah, tempat yang indah merupakan suatu dorongan bagi seseorang yang ingin mengunjungi desa Wae Rebo ini, banyak wisatawan dari berbagai negara di eropa yang berkunjung ke desa Wae Rebo, sejak tahun 2000 an desa ini sudah dapat kunjungan dari turis mancaneraga, lalu pada tahun 2003 pengunjung dari luar negeri semakin meningkat, sehingga masyarakat Wae Rebo memilih merawat wisata yang ada di Desa Wae Rebo ini.

Untuk akses menuju lokasi anda harus melalui sebuah desa Denge yang merupakan desa terdekat dengan desa Wae Rebo, Desa Denge ini tempat transit terahir wisatawan yang ingin menuju Wae Rebo, kendaraan hanya bisa di desa Denge, jadi untuk menuju Desa Wae Rebo anda harus rela jalan kaki sejauh 3-4 jam perjalanan.

Selama perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang subur, kicauan burung serta bunyi hewan akan menambah ke alamian di Flores ini, pemandangan hijau merupakan petualangan hutan yang asri, dalam perjalanan jika anda lelah membawa barang bawaan, maka boleh menyewa seseorang yang siap mengangkut barang bawaan anda, sehingga anda tetap nyaman dalam perjalanan, sebelum memasuki desa Wae Rebo, salah satu dari rombongan harus membunyikan kentongan yang merupakan sebuah tanda bahwasanya akan ada tamu yang datang.

Oleh sebab itu anda akan disambut dengan ramah oleh masyarakat desa Wae Rebo, begitu juga tersedia penginapan jika anda ingin bermalam didesa Wae Rebo.



Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler