Destinasi Goa Gajah Ubud, termasuk warisan dunia yang harus dilindungi

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Destinasi Goa Gajah Ubud, termasuk warisan dunia yang harus dilindungi

,

Triprofik Goa Gajah atau Pura Goa Gajah merupakan sebuah tempat bersejarah dan kebudayaan yang telah ditetapkan oleh Unesco, dengan keunikan yang diberikan oleh Goa gajah ini, sehingga banyak wisatawan yang penasaran dan ingin melihat langsung seperti apa bentuk unik Goa Gajah tersebut.

Pura Goa Gajah memiliki bentuk bangunan yang fenomenal, lain dari pada yang lain, sehingga tak heran jika wisatawan banyak yang mengunjunginya, sesuai dengan namanya Gua Gajah adalah sebuah Gua yang mempunyai arsitektur unik dan ukiran yang berada di dinding Gua.


Pengunjung yang datang untuk menyaksikan Goa Gajah ini dapat mengunjungi dua area yang berbeda, yang pertama area sebelah utara yang merupakan keberadaan warisan ajaran siwa, terbukti dengan adanya patung anesha serta Trilingga., dan dijadikan sebagai peribadahan ummat Hindu di Bali.

Sedangkan lokasi kedua berada di bagian selatan yang menjadi tempat peribadatan ummat Budha, Area ini disebut Tukad Pangkung menyimpan stupa buddha dalam sikap Dhyani Buddha Amitabha, dan stupa ini mempunyai cabang tiga yang dipahat pada dinding batu.

Dibagian area depan terdapat sebuah  arca seperti arca Hariti, arca Ganesha serta archa Raksasa, dan juga sebuah kolam pemandian suci yang terletak di Jl.Krijgman, keberadaanya kolam ini dapat disaksikan langsung oleh wisatwan yang datang kesini, dalam kolam pemandian suci terdapat terdapat dua arca yakni arca WIdyadara dan Widyadhari.

Sejarah Goa Gajah 
Pada tahun 1923 petinggi hindia belanda menemukan keberadaan arca Ganesha, Trilingga serta Hariti, sehingga laporan penemuan tersebut di tindak lanjuti oleh pemerintah hindia belanda dengan mendatangkan   Dr. WF. Stuterhiem yang melakukan penelitian di Bali pada tahun 1925.

Penelitain ini diteruskan pada masa setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1950, Penelitian dilakukan oleh J.L Krijgman bersama dengan staf lainnya dari Dinas Purbakala RI, mereka melakukan sebuah penelitian pada tahun 1954 sampai 1979.

Hasil dari sebuah penelitian tersebut menemukan enam patung yang berbentuk perempuan dan sebuah petirtaan kuno.


Tiket Masuk Goa Gajah
Untuk mengunjungi obyek wisata Goa Gajah, wisatawan harus membayar terlebih dahulu, dan berikut tiket masuk Goa Gajah.

Kategori Harga Tiket


Tiket Masuk Rp 30.000 / orang
Parkir Mobil Rp 5.000 / mobil
Parkir Motor Rp 2.000 / motor
Catatan: Harga tiket ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pengurus tempat wisata

Daya Tarik Goa Gajah
Pertama memasuki area Goa Gajah wisatawan harus menuruni anak tangga, disekeliling temppat ini di tumbuhi pepohonan yang rindang, sehingga membuat suasana sejuk dan asri, pepohonan ini sudah ada dalam jangka waktu ratusan tahun yang lalu.

area wisata Goa Gajah dapat dilihat dari anak tangga, pada area bawah setelah menuruni anak tangga, akan terdengar sebuah gemercik air mancur yang keluar dari arca, serta bebatuan yang runtuh bekas gempa, Sedangkan Goa Gajah Giayar sendiri, letaknya tidak jauh dari pancuran arca tersebut.

Keunikan yang ada di obyek wisata Goa Gajah
Karena yang paling terkenal dengan keberadaan Goa Gajah ini, adalah keunikannya, dan berikut keunikan Goa Gajah

  • Pintu masuk Goa hanya cukup dengan satu orang
  • di awal memasuki pintu Goa terdapat ukiran pada dinding dan ada dua patung penjaga
  • dalam Goa ruangannnya berbentuk huruf T dengan tinggi 2 meter dan lebar 2 meter
  • pada area dinding gua terdapat sebuah ceruk yang mungkin pada jaman dulu dijadikan tempat bertapa, namun sekarang wisatawan juga dapat duduk di tempat tersebut


Bukan itu saja di area Goa juga terdapat patung petirtaan dengan tujuh patung widyadara–widyadari yang sedang memegang air suci.

Lokasi Obyek wisata Pura Goa Gajah
Lokasinya berada di sebelah barat Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar.Berjarak kurang lebih 27 km dari Denpasar.



Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler