-->

Ad Unit (Iklan) BIG

50 Wisata di Bondowoso, lengkap dan Istagramable

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Triprofik.com Bondowoso merupakan kota yang terletak di Jawa timur dan tidak memiliki garis pantai, Bondowoso di apit oleh empat kabupaten di kanan kirinya sehingga Bondowoso merupakan daerah tapal kuda dengan wisata alam yang sangat memukau, hamparan pegunungan akan menghiasi disepanjang kota ini, seakan-akan dikelilingi banyak gunung yang menjulang tinggi.

Meskipun tidak memiliki garis pantai namun Bondowoso menyimpan banyak destinasi wisata alam yang dapat dijadikan tempat berlibur, berbagai bukit serta taman dan gunung akan menghiasi wisata di Bondowoso, air terjun dengan bermacam bentuk, tempat bersejarah hingga beberapa megalitikum yang tersimpan rapi dan dikemas dalam wisata Bondowoso.

dan kali ini Triprofik akan membahas satu persatu destinasi wisata yang ada di Bondowoso, mulai dari gunung, bukit,sungai situs bersejarah hingga tempat yang baru-baru ini muncul kepermukaan, dan berikut ulasannya.

Destinasi wisata di kabupaten Bondowoso

1.Kawah Wurung

Kawah Wurung merupakan kawah yang hanya berbentuk lekungan namun tidak ada airnya, hanya berupa bentuk yang menyerupai kawah namun tidak jadi, kawah Wurung berasal dari sebutan nama kawah yang tidak jadi.

Alamat Margahayu, Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68288

Baca Juga: Kawah Wurung Surga Tersembunyi di kabupaten Bondowoso

2.Kawah Ijen

Kawah Ijen memang terkenal ke mancanegara, banyak orang luar negeri yang berdatangan ke kawah Ijen, tak heran jika kawah ini ramai pengunjung, sebab pemandangan alamnya yang tidak dapat dilukiskan dengan sebuah kata-kata.

Alamat  Di bagian utara berbatasan dengan hutan lindung Gunung Remuk dan sebelah Barat berbatasan dengan jalan lintas Banyuwangi – Bondowoso.

Baca Juga: Kawah Ijen Blue Fire Cerita Kami Telat Menikmatinya

3.Puncak Piramid

Puncak Piramid memang menyuguhkan pemandangan alam yang tidak ada duanya, nama piramid di ambil dari bentuk puncak yang menyerupai Piramida di mesir, dengan tebing curam dan terjal, hamparan padang ilalang akan menemani perjalanan para pendaki.

Alamat di Renggano, Curahpoh, Curah Dami, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68251,

Baca Juga: Menuju Puncak Piramid Di kabupaten Bondowoso

4.Bukit Maha dewa
Salah satu pegunungan yang terdapat di Bondowoso dengan keindahan alam yang begitu memukau adalah Bukit Mahadewa yang dapat dijadikan referensi liburan anda.

Alamat Gunung, Kupang, Curah Dami, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68251

Baca Juga: Bukit Maha Dewa Potongan Surga Tersembunyi kabupaten Bondowoso

5.Puncak P28
Karena merupakan pegunungan, jadi wisata di Bondowoso merupakan banyak tempat perbukitan yang menjadi destinasi wisata disini, salah satunya puncak P28 atau dengan nama panjangnya puncak Patirana.

Alamat Jl. Patirana No.24, Krajan, Wonosari, Grujugan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68261

Baca Juga: Wisata Alam Patirana P28 Bondowoso

6.Kawah Ilalang
Kawah Ilalang berada disamping kawah Wurung yang memang terdapat sebuah tempat dengan dipenuhi padang Ilalang, wal hasil tempat ini dijuluki kawah Ilalang dengan spots panorama alam yang sangat memukau.


7.Gunung Raung

Gunung Raung memang terkenal dengan ketinggian dan kecuramannya, sangat mendukung bagi yang suka mendaki gunung  extrem, inilah tempat yang tepat buat menguji adrenalin bagi seorang pendaki.

Alamat Gunung Raung adalah gunung berapi kerucut yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia. Secara administratif, kawasan gunung ini termasuk dalam wilayah tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember


8.Bukit Serading Bondowoso
Bukit Serading merupakan sebuh bentuk pegunungan dengan balutan bukit sehingga tercipta tempat indah diatas bukit, dan bukit ini masih belum familiar ditelinga para pencinta alam.

Alamat di desa pakisan kecamatan Tlogosari kabupaten Bondowoso.


9.Puncak Scorpio

Berbagai puncak yang tertampung dalam kabupaten Bondowoso ini, salah satunya puncak Scorpio yang berada di Wringin Bondowoso ini

10.Bukit Putus
Tak jauh dari Wringin masih ada yang namanya Bukit putus yang ada di Wringin Bondowoso ini, layaknya bukit yang lain, Bukit Gunung Putus menyajikan pemandangan yang sangat indah dengan celah sinar matahari yang masuk dalam bukit ini.




11.Situs Megalatikum
Di Bondowoso terdapat sebuah situs megalatikum yang sama persis dengan  STONEHENGE VAN JAVA, wah cukup menarik bukan, tidak usah jauh jauh keluar negeri, di Bondowoso juga ada loh.

Alamat:  tepatnya di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.


12.Perkebunan Kopi Arabika
Perkebunan kopi Arabika juga melengkapi tempat wisata di Bondowoso ini, memang kota kecil ini masih banyak menyimpan ragam keindahan dengan berbagai macam bentuk.

Alamat: Jampit, merupakan agro wisata di Bondowoso yang dikelolah oleh PTP Nusantara VII Kalista Jampit. Perkebunan ini terletak 74 Km kearah timur kabupaten Bondowoso.


13.Bendungan Sampean Baru / Bosamba
Bendungan ini menampung aliran sungai dari segala penjuru yang datang dari berbagai daerah di Bondowoso, sehingga dialiran sungai ini dapat digunakan untuk olahrga rafting.


Baca Juga: Bosamba Bondowoso Bendungan Indah Dan Segar

14.Puncak Megasari
Ternyata diBondowoso juga terdapat sebuah puncaknya para layang mengawali terbangnya, di puncak ini juga dapat membangun tenda bagi yang ingin bermalam di puncak Megasari.

Alamat Area Sawah/Kebun, Penang, Botolinggo, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68285.


Baca Juga: Tenyata ada puncak Megasari di Bondowoso, Tempat para layang beraksi

15.Kebun Strooberi Jampit

Kecamatan Sempol juga terdapat kebun Stroberi yang dapat dikunjungi atau hanya sekedar pengetahuan saja, banyak yang datang hanya melakukan studi banding dan beberapa aktivitas yang lainnya,

Alamat:Kp. Bedu, Kalisat, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68288.


16.Rawa Indah Almour
Obyek wisata ini cukup lumayan banyak pengunjungnya, selain tempat wisata Rawa Indah juga dapat dijadikan tempat memancing, sambil juga menikmati pemandangan alam dengan berbagai tempat indah dan obyek wisata yang ada disekitar.

Alamat Desa alas sumur kecamatan pujer kabupaten Bondowoso.


17.Jembatan Gubrih
Jempatan ini dibahan dasari dengan besi dan dengan konsep jempatan gantug yang seakan akan mengantung di awang awang.

Alamat desa Gubrih kecamatan Wringin kabupaten Bondowoso.


18.Pemandangan Arak-Arak
Arak-arak merupakan sebuah jalur yang menghubungkan antara kota Bondowoso dengan kabupaten Situbondo dan beberapa daerah lain di ujung barat, jika anda melewati jalur ini, anda akan menemukan pemandangan alam dengan jalur yang berkelok kelok, sehingga dapat kamu tempuh sambil menikmati pemandangan alam sekitar


19.Bukit Jampit Jabal Krimit
Aneh bin ajaib bukit ini berwarna hijau pekat, sangat indah saat dimusim hujan, berfoto dengan latar belakang bukit akan bedampak indahnya suasana alam di dalam foto yang anda jebret

Alamat desa Jampit kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso.

20.Pohon Pelangi di hutan Bogor
Hutan di Bondowoso ada yang unik dengan adanya pohon yang berwana warni, sangat cocok untuk dijadikan spots foto keren dan istagramemble.

Alamat desa Sumber Wringi kecamatan sumber Wringin kabupaten Bondowoso


21.Wisata Glingseran
Masih dalam kecamatan Wringin yang terdapat tempat kece untuk berfoto yaitu wisata Glingseran yang berlokasi di kecamatan Wringin kabupaten Bondowoso


22.Air Terjun Niagara Mini
Pastinya anda sudah mendengar dengan sebutan Air Terjun Niagara yang terletak di Amerikat serikat, namun di Bondowoso sendiri terdapat Air Terjun yang bentuknya cukup mirip dengan Air Terjun Niagara aslinya, jadi wisata air Terjun Niagara ini dijuluki Air Terjun Niagara Mini.

Alamat Kalianyar, Sempol Kabupaten Bondowoso.


23.Taman Bunga Villa  Afdeling Jampit
Obyek Wisata ini menyajikan taman bunga serta bangunan Villa dengan aksitektur jaman dulu, dengan itulah taman bunga ini mempunyai keunikan tersendiri, sehingga menjadi asyik untuk dikunjungi.

Alamat Jampit Sempol Kabupaten Bondowoso.


24.Pemandian Tasnan
Pemandian Tasnan salah satunya wisata buatan yang ada di Bondowoso, namun lokasinya yang berada ditengah pepohonan pinus, sehingga membuat suasana sejuk nan permai akan anda temukan disini.

Alamat Desa Taman Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso.

Baca Juga: Pemandian Tasnan Dan Hutan Pinus penuh bunga cinta

25.Air Terjun Polo Agung
Tak lengkap rasanya jika sebuah pegunugan yang tak dihiasi dengan air terjun, nah Air terjun Polo agung ini akan membuat anda nyaman menikmati gemercik air yang jatuh dari ketinggian.

Alamat Desa Sukorejo kecamatan Sumber Wringin kebupaten Bondowoso.


26.Air Terjun Blerang
Air Terjun Blerang dipenuhi dengan hawa blerang yang  seakan bercampur blerang, dengan air terjun yang bertingkat-tingkat, akan menambah kesan antik dan unik.

Alamat desa kali anyar kecamatan Sempol




27.Airt Terjun Gentongan
Di Kecamatan Sempol masih terdapat air terjun yang seakan-akan menggantung dari satu tingkat ketingt yang lainnya, oleh sebab itu Air Terjun Ini dinamakan air Terjun Gentongan.

Alamat Desa kali anyar kecamatan Sempol kabupaten Bondowoso.


28.Air Terjun Solor Bondowoso
Bagi anda yang suka berpetualang dari desa-kedesa kota ke kota dan pastinya akan menemukan sebuah air terjun yang masih alami dan jarang terjamah manusia, nah Air Terjun Solor ini merupakan Air Terjun yang masih alami dan menyatu dengan alam

Alamat desa Solor kecamatan Cerme kabupaten Bondowoso.


29.Air Terjun Blawan Bondowoso
Air Terjun Blawan ini merupakan wisata yang dilengkapi dengan beberapa fasilats yang cukup memadai, bentuknya yang lain dari pada yang lain.

Alamat desa kali anyar keamatan Sempol kabupaten Bondowoso


30.Air Terjun Tancak Kembar
Terdapat dua aliran air terjun yang jutuh kebumi, maka akan menghasilkan sebuah hiasan dinding alami ditebing curam, namanya air terjun tancak Kembar, karena  air terjun tersebut mempunyai dua aliran yang sama 

Alamat desa Andongsari kecamatan Pakem kabupaten Bondowoso.


31.Museum Kereta Api
Dahulu Bondowoso masih mempunyai Kereta Api yang aktif namun sekarang sudah tidak lagi, nah bagi anda yang ingin tau seperti apa Museum Kerteta Api Bondowoso  yuk jelajahi Museumnya yang beralamatkan di Mandaluki, Kademangan, Kec. Bondowoso, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68217.

32.Alun-alun kota Bondowoso
Pusat kota yang terdapat di Bondowoso ini menyimpan tempat unik untuk dikunjungi, terdapat air mancur atau beberapa tempat makan yang berada disekeliling Alun-alun kota Bondowoso


33.Pegunungan Hyang Bondowoso
Untuk berlibur dengan pegunungan maka tidak usah diragukan lagi, menuju puncak gunung Hyang di Bondowoso ini cukup lumayan tinggi dengan ketinggian mencapai 3.008 meter dari permukaan laut.


34.Taman Krocok Bondowoso
Salah satu keindahan alam yang terletak di taman krocok Bondowoso tidak ada salahnya untuk dikunjungi, banyak spots wisata asli dengan beberapa keindahan yang belum anda temui sebelumnya.


35.Taman Galuh
Taman ini merupakan perbukitan yang indah, sayang jika dilewatkan, dengan pesona alam khas pegunungan cukup untuk mengisi liburan anda.


36.Situs Megalitikum yang baru
Baru-baru ini ditemukan sebuah situs megalitikum batu peninggalan jaman dulu, dengan keunikan serta benda bersejarah itu sudah dapat di kunjugi oleh para wisatawan, tempat ini berada di desa

Gliseran kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso.




37.Pemandian air panas
Pemandian Air Panas juga dapat anda kunjungi untuk sekedar merasakan apa sih pemandian air panas itu, apa air panas atau memang di panaskan ya?
memang suatu kelebihan bagi Bondowoso dengan adanya suatu destinasi wisata yang unik dari yang lain.

Alamat Rengahrejo, Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68288.

38.Air Terjun Busa
Nama air Terjun ini berbeda dengan yang lain, yaitu karena air yang terdapat di air terjun ini memang berbusa, jadi air terjun ini dinamakan Air terjun Busa.
Alamat Desa Kali Anyar kecamatan Ijen kabupaten Bondowoso 

39.Bukit KO'ONG
Bukit atau disebut juga Gunung Ko'ong ini memang cukup dapat mengisi liburan anda dikala waktu senggang, menaiki perbukitan akan menemukan pesona alam yang dapat terlihat dari ketinggian, dari atas bukit Ko'ong ini anda dapat melihat megahnya gunung Argopuro dan pegunungan Ijen.

Alamat desa tanah wulan kecamatan maesan kabupaten Bondowoso

40.Bukit APETLEPET atau bukit berlapis
Bukit ini dinamakan bukit Apet lepet yang berasal dari bahasa madura dan mempunyai arti berlapis, jadi bukit ini bukit berlapis.

Alamat Desa Kali Anyar Kecamatan Ijen Kbupaten Bondowoso



41.Masjid Attaqwa Bondowoso
Jika sudah mengunjungi salah satu destinasi di atas tingal anda menghadap sang penciptanya, yaitu di masjid Attaqwa untuk melaksanakan kewajiban bagi ummat islam, selain itu Masjid ini mempunyai arsitektur yang unik dan nyaman beribadah disini.

Alamat barat Alun-alun kota Bondowoso


Cukup sekian Triprofik menyajikan 50 wisata lengkap yang ada di kabupaten Bondowso, sengaja memberikan Judul dengan 50 Wisata Bondowoso, karena antisipasi jika akan bertambahnya Wisata yang ada di Bondowoso ini, semoga terus maju dan jaya.




Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter