Tata cara belanja online shop disemua situs, agar tidak tertipu

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Tata cara belanja online shop disemua situs, agar tidak tertipu

,
Triprofik.com-Tips belanja online agar tidak kecewa-Tidak dapat dipungkiri lagi dijaman sekarang semua kebutuhan dapat terselesaikan dengan adanya akses internet yang begitu bebas, serta dengan mudahnya pengguna internet melakukan aktivitas hariannya, baik itu hanya sebatas chating basi-basi atau chating yang bernuansa bisnis online, bahkan pembelian barang dapat dilakukan hanya dengan modal duduk santai dirumah.



Begitu juga denganku yang selalu mengandalkan belanja online jika barang yang saya butuhkan  tidak ada didekat daerah saya, ya jalan satu-satunya belanja online meskipun harus sabar menunggu datangnya barang, tapi dengan mudahnya melakukan belanja online hanya bermodal duduk santai dirumah. sebagian orang masih bingung cara belanja online yang aman, jika seseorang belum pengalaman tentang belanja online tidak heran rasa takut tertipu pasti ada dibenak seseorang yang baru mulai belanja online.

namun saya akan uraikan tips belanja online yang aman, mungkin cara ini dapat menambah wawasan dan sedikit menghilangkan rasa wawas disaat belanja online.

Tips belanja online yang aman

1.Riset situs
Pastikan dulu situs yang akan anda tuju keamanannya, pilihlah situs yang memang sudah familiar dikalangan pengguna internet, tinjau kridibilitas kesehatan situs tersebut, lakukan meninjaun pada teman atau seseorang yang pernah pengalaman didekat anda, carilah situs yang memang dapat dipercaya  atau situs yang memang anda anggap benar menurut naluri hati anda, jika sudah yakin, carilah barang yang kamu butuhkan disitus tersebut. semakin banyak jumlah barang terjual semakin bagus kualitas barang tersebut.

2.Pilih toko yang dekat dengan kota anda
Manfaat memilih toko yang dekat dengan tempat anda berada, selain pengiriman lebih cepat, ongkos kirim tidak begitu mahal, lumayan sedikit mengirit kantong uang anda, jika anda tidak terlalu terburu -terburu, anda dapat banding harga disitus lain sesama toko online agar tidak tertipu masalah harga, jika harganya tidak jauh berbeda maka dapat dipastikan harga barang tersebut lumrah dalam pasaran.
llebih nikmatnya lagi jika ongkos kirimnya gratis dan biasanya hal ini berlaku dengan batas minimal pembelian.

3.Lihat Ulasan barang
Jika anda sudah menemukan barang yang anda cari, kemudian lihatlah ulasan barang yang tertera pada keterangan barang tersebut, jika kebanyakan orang menanggapi positif dari segala aspek, bisa dianggap barang dan penjual dapat dipercaya, setidaknya menambah kepercayaan bagi anda yang pemula belanja online, semakin banyak jumlah barang terjual semakin tinggi tingkat kualitas barang dan toko penjual.

Barang yang anda beli sudah dapat dipastikan cocok dengan kreteria yang memang benar-benar anda cari, budayakan membaca sebelum membeli, dari segi keterangan barang serta kelebihan dan kekurangannya agar tidak mengecewakan dikemudian hari.

4.Tahapan proses pembayaran
Pilih opsi bayar ditempat jika barang tersebut dapat dibayar dengan cod selain paling aman kamu tidak perlu pergi kebank atau ATM untuk melakukan proses pembayaran, namun jika opsi ini tidak tersedia pada  barang yang anda beli, jalan kedua pilih pembayaran melalui pihak ketiga yang dapat melibatkan seseorang untuk peroses pembayaran, lakukan pembayaran via Indomaret atau Alfamart dan sejenisnya, dengan ini situs yang anda tuju memang benar-benar resmi dan bukan penipuan, setidaknya jika nama anda dapat terakses melalui kasir Indomaret atau Alfamart bisa dipastikan situs yang anda tuju memang benar-benar situs resmi dan bukan penipuan.

Dan cara ini dapat dilakukan oleh orang-orang yang belum mempunyai rekening bank sehingga tidak perlu membuat rekening terlebih dahulu, cukup membayar secara tunai sudah dapat terselesaikan, biaya admin sekitar 2500.

5.Pantau perkembangan barang dalam perjalanan
Mudahnya belanja online saat ini, dapat pantau barang yang sedang dalam perjalanan, anda dapat dengan mudah mencari informasi barang yang sedang dalam perjalanan, dengan melalui cek resi.

Caranya tulis atau copy nomor resi yang terkirim melalui email atau via apapun yang dikirim keakun anda, lalu pastekan di situs cek resi, maka keterangan barang anda akan muncul secara detail mulai dari tempat, waktu dan hari kapan akan sampai ditempat anda, selain itu ada pemberitahuan jika barang sudah hampir sampai pada tempat anda. melalui SMS, pesan WA atau Email, seandainya jika  ada kendala dalam pengiriman, anda dapat menghubinginya melalui pihak pengirim atau jika anda berkenan dapat dijemput sendiri.


6.Dokumentasikan barang pesanan anda
Jika barang yang anda pesan sudah sampai ditempat tujuan maka proses Unboxing harus dilakukan dengan kehati-hatian, jika perlu anda harus mendokumentasikan dalam bentuk video, seandainya ada kerusakan pada barang yang bukan disebabkan oleh anda, maka anda dapat melakukan komplin kepihak penjual dengan jangka waktu dua hari, jika dalam kurun waktu dua hari anda tidak melakukan komlin maka barang tersebut dianggap sesuai pesanan anda. pengaduan setelah batas waktu dua hari tidak dapat dilayani.

Mungkin cukup sekian tips belanja online yang aman dari saya jika dari sahabat ada hal lain bisa ditambahi sendiri atau komen dibawah, dan terimakasih atas kunjungan dan masukannya.




Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler