Pengertian Domain dan berikut penjelasan yang mudah dipahami

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Pengertian Domain dan berikut penjelasan yang mudah dipahami

,
Mungkin sudah banyak yang menjelaskan tentang apa itu Domain, lalu apa fungsi Domain dan apa saja yang termasuk bagian dari domain?...

Sekarang saya akan menjelaskan Apa itu Domain dengan bahasa sederhana yang saya pahami dan mungkin juga anda dapat memahaminya,  sebagian orang pernah membaca tentang Domain namun pasti ada yang masih belum paham secara detail apa itu domain ? . Mari kita simak ulasan berikut.



Domain adalah sebuah nama unik yang berada pada akhir nama alamat sebuah Blog atau Website, contohnya : Bukalapak.com, Facebook.com, Sidogiri.net,  akhiran yang berupa .com/.net itulah yang dinamakan domain, namun domain bukan hanya itu saja, bermacam nama domain yang sudah ada di ribuan blog atau website yang berbeda-beda.

contoh  domain yang tidak dikenal atau jarang didengar oleh telinga kita
.me .xyz .online .info dan semacamnya, itulah penjelansan yang secara mudah dipahami.

Jika diartikann menurut bahasan ilmiahnya Domain adalah sebuah nama unik yang mengindentifikasi sebuah alamat yang berupa(  ip address ) server komputer seperti website, blog , email dan gmail.


 

Apa Fungsinya Domain
Domain mempermudah kita mengakses sebuah website sehingga kita tidak perlu menghafal ip andres yang terdapat pada sebuah blog atau website dengan angka-angka yang sulit dihafalkan , maka kita tinggal menulis nama/alamat website tersebut yang sudah berdomain, seperti contoh Bukalapak.com

Struktur sistem yang ada pada domain

1. Root level domain
ini merupakan akar dari domain itu sendiri yang biasanya dilambangkan dengan tanda titik (.) yang cara pengucapannya dengan (dot )

2.Top level domain
Top level domain adalah eksestensi nama domain yang berada pada akhir alamat sebuah blog atau website yang terletak setelah titik/ root seperti .com .net .me .xyz

3.Second-Level domain
Second level domain adalah sebuah nama yang merujuk pada sebuah alamat website tersebut, seperti Facebook.com dengan rincian  nama Facebook  adalah yang di maksud dengan Second level domain dan .com adalah top level domain seperti penjelasan nomer dua.

4.Third level domain
Third level domain adalah nama domain yang berada sebelum SLD  ( Second level domain ) dan TLD ( Top level domain ) contoh : www.rofik.xyz , www adalah Thir level domain sering juga disebut sub domain.



Berikut beberapa level domain dan arti dari nama domain 

.com : (dotcomercial ), domain yang mengarah pada umum dan lebih banyak dikenal banyak orang

.net :  ( dotnetwork ) domain ini kebanyakan dipakai oleh alamat yang mengarah pada situs yang bahasannya tentang internet, dan yang berkaitan dengan dunia digital.

  

.edu(doteducation)
.gov(dotgoverment)
.mil(dotmilitary)
.info (dotinfo)

serta bermacam-macam nama domain yang lainnya

Top level domain ada dua macam yang pertama Global top level domain ( GTLD ) yaitu domain  seperti yang sudah disebutkan diatas. dan dua country code top level domain ( CCTLD ) domain yang disesuaikan dengan sebuah negara masing-masing . seperti Indonesia menggunakan code ID
dan Malaysia menggunakan code MY.

1.Generic top level domain (GTLD )



.com: untuk situs komersial.
.biz: untuk situs bisnis.
.info: untuk situs informasi.
.edu: untuk situs pendidikan.
.org: untuk situs organisasi.
.gov: untuk situs pemerintahan.
.mil: untuk situs militer.

2. Country code top level domain ( CCTLD )
.id: untuk situs di negara Indonesia.
.us: untuk situs di negara Amerika.
.uk: untuk situs di negara Inggris.
.sg: untuk situs di negara Singapura.
.my: untuk situs di negara Malaysia.
.cn: untuk situs di negara Cina/ Tiongkok.

Setelah kita memahami apa itu domain ?... lalu bagaimana cara mendapatkan domain bagi sebuah blog atau website ?.

Dunia internet semakin canggih, kita bisa saja membeli sebuah domain dari beberapa situs terpercaya dan sudah teruji kepuasannya, pengalaman saya sendiri membeli domain di situs Rumahweb,  saya lebih yakin membelinya dari sebuah situs dari pada penjual online via media sosial, kebanyakan yang saya tau jual beli online melalui media sosial lebih berpotensi pada penipuan, meskipun ada juga yang tidak unsur penipuan akan tetapi hanya sedikit,  bagi yang ingin membeli domain lewat media sosial,  saya harap lebih hati-hati lagi, kecuali yang jual sudah kenal akrab dengan anda.

Berikut situs penjual domain dan hosting

2.Niagahoster.co.id

Dan banyak lagi  yang saya tidak bisa sebutkan satu persatu.

ok sampai disini dulu penjelasan tentang Apa itu domain dan struktus sistem dalam domain, semoga bermanfaat.



Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler