Sholat Jamak Bagi Orang Yang Sakit

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Sholat Jamak Bagi Orang Yang Sakit

,
Trip Rofik.com-Pengajian IASS ahad kemaren saya mendapati sebuah hukum sholat jamak bagi orang yang sedang sakit, yang mana jika melakukan sholat pada waktunya memungkin sakit sedang menghampinya, maka diperbolehkan bagi orang yang sakit melakukan sholat jamak sesuai waktu masing-masing sholat tersebut, yang perinciannya seperti ini !



jika ada seseorang lagi sakit yang dimungkinkan dia tidak mampu melakukan sholat pada waktunya, maka dia di perbolehkan menjamak sholatnya, sesuai syarat yang tertuai di bab sholat jamak.

contoh :  jika ada seseorang yang lagi sakit namun dia tidak mampu melakukan sholat dhuhur di waktunya maka dia diperbolehkan menjamak sholatnya dengan sholat ashar, dalam artian dia menjamak takhir, yang mana dia harus berniat di waktunya sholat dhuhur tersebut, dan jika seseorang itu di khawatirkan sakitnya kambuh di sholat ashar maka dia diperbolehkan untuk mengawalkan shlatnya, yakni dengan jamak ta'dim.

Begitu juga diperboleh menjamak sholatnya di saat hujan sedang melanda yang mana dengan syarat adanya hujan tersebut sampai membasahi pakaiannya seseorang.
akan tetapi dalam hal ini tidak boleh meng qoshor sholatnya, hanya di perbolehkan menjamak sholatnya.


Dan pendapat ulamak yang lain menambahkan, tidak boleh tidak ( wajib ) adanya sakit tersebut harus jelas  dalam artian sakit tersebut dapat dilihat,  dan pendapat ini yang diunggulkan.

cukup disini dulu pembahasan hari ini, dan saya sertakan foto takbir kitabnya, agar jika ada kesalahan dari hasil pemahaman saya, anda dapat memperbaikinya, karena saya sendiri masih dalam tahap belajar.



Gambar di atas merupakan takbir dari apa yang saya tulis, jika ada yang lebih paham dengan tabir di atas monggo dijelaskan secara benar, agar kesalahan yang saya pahami dapat terlengkapi dengan kebenaran yang anda tambahi, mohon maaf dengan adanya tulisan makna yang jelek, heheh, semoga bermanfaat untuk semuanya.

Referensi : Fathul mu'in  hal :44






Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler