-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Awali Aktivitas Harian Anda Dengan Pola Hidup Sehat

2 komentar
Konten [Tampil]

Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

Triprofik.com-Mengawali pola hidup sehat di pagi hari dibulan kemenangan setelah berpuasa satu bulan lamanya, berjuang menahan lapar dan haus serta godaan yang dapat mengurangi pahala puasa , mari kita awali bulan ini dengan pola hidup sehat.

Badan terasa stagnan disaat olahraga berkuarang bahkan rasa malas menghinggapi pada diri kita untuk melakukan olahraga di bulan puasa, yang di halangi dengan beberapa alasan  masuk akal, misalnya kalau haus tidak dapat minum, namun untuk bulan setelahnya mari mulai dari nol lagi.

Layaknya jiwa yang bersih dari dosa sesama manusia mari kita bersihkan juga jiwa ini dari sesuatu yang mengganggu proses berjalannya kehidupan, serta dapat menambah kekuatan ibadah yang dapat kita jalani dengan baik.

untuk mengawali bulan  kemenangan ini admin akan berbagi beberapa tips menu kesehatan yang dapat di lakukan dengan mudah, lungkanlah waktu meskipun cuma satu jam dalam sehari atau bila tidak memungkinkan setengah jam dalam satu hari itu sudah lebih dari cukup untuk melatih kesehatan tubuh ini.

Daftar kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat

1.Awali aktivitas dengan sarapan pagi
Bulan Syawal dalam islam merupakan bulan kemenangan setelah satu bulan berpuasa. di bulan inilah kegiatan seperti biasanya sudah mulai aktiv kembali dari yang sebelumnya mudik ke kampung halaman kini sudah mulai arus balik dari masing-masing kampung halaman meraka.

mari kita aktivkan juga pola hidup sehat dengan sarapan pagi. Sarapan pagi ini biasanya banyak di lakukan kisaran jam 9 pagi dan itupun menurut beberapa ahli yang sudah banyak di sepakati.



apa yang harus dilakukan pada pagi hari sebelum mengawali aktivitas adalah Sarapan pagi begitu penting bagi kelangsungan tubuh kita yang mengawali kegiatan rutin di setiap harinya, sebab di pagi hari merupakan kosongnya perut kita, dikerena sudah menjalani proses selama 7-8 jam sebelumya yaitu waktu istirahat di malam harinya, maka dari itu awali kegiatan sehari-hari kita dengan sarapan pagi terlebih dahulu.

2.Atur porsi makan
Porsi makan merupakan hal yang harus di jaga, jangan terlalu berlebihan dan jangan pula telat dalam mengisi porsi ini, kita tahu tubuh ini memerlukan asupan tenaga dalam setiap harinya.

Itulah manusia yang di ciptakan sangat sesempurna mungkin, manusia di beri rasa lapar merupakan sebuah kenikmatan yang tidak ada bandingannya, bayangkan saja jika kita tidak merasakan lapar sama sekali, mana mungkin kita dapat merasakan menu makanan yang sudah dihidangkan untuk kita.

layaknya sebuah muatan jika kelebihan akan berdapak negatif pada daya tahan beban, begitu juga dengan manusia, jadi aturlah porsi makan kita dengan pas yang tidak terlalu berlebihan dan juga tidak terlalu kekurangan.

kerena sebaiknya-baiknya perkara adalah sesuatu yang tidak berlebihan dan juga tidak terlalu kekurangan. jadi tepat dalam memilih suatu perkara.

3.Perbanyaklah minum air putih
Banyak minum air dalam sehari sudah di sarankan oleh dokter namun hal ini sudah di jelaskan di dalam Al-Qur'an, bahwa hidup memang dari air. sejatinya juga banyak tafsiran namun yang sudah terjadi merupakan kebanyakan dari air

Air merupakan elemen  penting dalam kehidupan. " di mana ada air di situ pasti ada kehidupan "
menurut penelitian, manusia bisa bertahan hidup tanpa makanan selama 10 sampai 14 hari namun jika tanpa air bertahan hidup hanya 3 sampai 4 hari saja.

Nah untuk menjaga kesehatan mulailah perbanyak minum air.

Pengalaman Pribadi
Dulu saya pernah sakit Maag yang sangat sulit untuk sembuh, sempat kambuh beberapa kali, Oleh dokter sudah di sarankan operasi namun saya sendiri tidak menghendaki, sudah pernah opname satu kali namun kambuhnya berkali-kali, kambuhnya sudah tidak di temukan jumlahnya, karena sudah terlalu sering kambuh.

sempat saya dengar saran dari beberapa dokter dan beberapa orang terdekat saya supaya memperbanyak minum air, begitu juga sudah di sebut di dalam AL-Qur'an. Dengan pengetahuan itulah saya menjadi yakin untuk sembuh dengan terapi minum air.

Wal hasil Alhamdulillah saya sangat bersyukur sekali sampai sekarang penyakit itu sudah tidak pernah kambuh lagi.



4.Olahraga secara rutin kebiasaan baik di sore hari

kebiasaan baik di sore hari-Kita tahu sejak masih sekolah SD pasti ada pelajaran olahraga, begitu pentingnya olahraga bagi tubuh kita.

Selain membuat tubuh kita bugar ternyata olahraga dapat menghilangkan pikiran yang kacau seperti pikiran yang terbebani dengan pekerjaan sehari-hari. dan juga dapat menghilangkan stres.

kebiasaan sehat dengan melakukanlah olah raga minimal satu kali dalam satu pekan, normal 3 sampai 4 kali dalam satu pekan.
olahraga bukan cuma di lakukan dengan alat moderen seperti alat fitnes atau yang lainnya, namun olahraga juga dapat di lakukan dengan sesederhana mungkin. misalnya lari pagi atau jalan kaki, bersepeda dan sebagainya.

dengan olahraga daya tahan tubuh kita menjadi bertambah, seperti yang saya alami dalam kisah pribadi saya, dimana dulu saya sangat rutin mengikuti fitnes namun kendala jarak rumah saya yang jauh maka rutinitas itu saya tinggalkan, tapi masih menjalani olahraga di rumah. kisa itu saya tuangkan dalam judul Cara mengatasi Insomnia dengan fitnes
semua saya alami sendiri dan bukan hasil orang lain.

5.Penuhi kebutuhan vitamin D
Contoh kebiasaan baik di siang hari dengan berjemur di pagi harinya Vitamin D merupakan vitamin yang menopang kekebalan tubuh kita dari berbagai virus dan bakteri sebab Vitamin D dapat berperan menstimulus sel imun, yang sangat berfungsi menjaga kekebalan tubuh.

Vitamin D ini dapat di peroleh dari beberapa makanan seperti telur, susu, ikan salmon, udang, tahu, keju, jamur, dan kedelai.

vitamin D juga bisa di dapat dari selain makanan seperti energi sinar matahari di pagi hari, sebernanya bukan sinar mataharinya, tapi tubuh kita akan memproduksi vitamin D jika terkena sinar matahari di pagi hari. 

sinar matahari dapat memproduksi hingga 80% vitamin D  di dalam tubuh.

Cukup sekian Artikel tentang mengawali hidup sehat di bulan yang penuh kemenangan semoga bermanfaat bagi semua kalangan terutama bagi diri saya sendiri.

Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

2 komentar

  1. terkadang orang mengabaikan semua itu apalagi kalau pagi pagi,,,,biasa,,,alasannya karena buru buru kerja udah telat hhha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, selain itu rasa malas yang tak dapat di hindari

      Hapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter