-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Memasukan Backsound Musik ke PowerPoint

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Apakah kamu ingin membuat presentasi PowerPoint yang lebih hidup dan menarik dengan menambahkan musik latar? Maka membaca artikel kali ini akan sangat cocok. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai cara memasukan backsound musik ke PowerPoint dengan mudah dan cepat. 

Backsound Musik dalam Power Point

Jika ingin menambahkan backsound musik ke dalam power point, kamu bisa menggunakan musik yang sudah ada di komputer, atau merekam suara sendiri dengan mikrofon. Selanjutnya, juga bisa mengatur kapan musik dimulai, berapa lama musik berlangsung, dan bagaimana musik berhenti.

Dengan menambahkan backsound musik ke PowerPoint, kamu bisa membuat presentasi PowerPoint yang lebih menarik, menyenangkan, dan profesional. Pasalnya, musik bisa membantu menyampaikan pesan, menimbulkan suasana, dan mempengaruhi emosi audiens. Musik juga bisa membuat presentasi PowerPoint lebih berbeda dan unik dari yang lain.

Langkah-langkah Memasukkan Backsound Musik

Jika kamu tertarik mencoba memasukkan backsound musik ke dalam power point, maka terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

1. Siapkan File Musik

Sebelum memasukan backsound musik ke PowerPoint, kamu harus menyiapkan file musik yang ingin digunakan. PowerPoint mendukung banyak format audio, tapi sebaiknya pakai format audio populer saja seperti MP3 atau WAV. 

Dalam hal ini, kita bisa menggunakan musik yang sudah ada di komputer, atau mengunduh musik dari internet. Pastikan sudah memiliki hak untuk menggunakan musik tersebut, dan tidak melanggar hak cipta. Kamu bisa mencari musik tanpa hak cipta di beberapa situs seperti 4 Situs Backsound Music Tanpa Copyright.

2. Buka File PowerPoint

Setelah menyiapkan file musik, kamu harus membuka file PowerPoint yang ingin ditambahkan musik. Selanjutnya, kita bisa membuat file PowerPoint baru, atau membuka file PowerPoint yang sudah ada.

Pilih slide yang ingin ditambahkan musik. Jika ingin musik diputar saat presentasi dimulai, maka pilihlah slide pertama. Jika ingin musik diputar di slide tertentu, maka pilihlah slide yang sesuai.

3. Sisipkan File Musik

Setelah memilih slide yang ingin ditambahkan musik, klik tab Insert. Pada kelompok “Media”, pilih “Audio”, kemudian klik opsi “Audio from My PC”.

Kemudian, dalam kotak dialog “Insert Audio”, pilih file musik yang ingin kamu sisipkan. Klik “Insert”.

Setelah itu, akan terlihat ikon audio pada slide presentasi. Kemudian bisa memindahkan ikon audio ke tempat yang diinginkan pada slide. Jika menggunakan lebih dari satu file audio di setiap slide, sebaiknya letakkan ikon audio pada tempat yang sama pada slide agar lebih mudah menemukannya.

4. Atur Opsi Pemutaran

Setelah menyisipkan file musik, kamu bisa mengatur opsi pemutaran musik sesuai keinginan. Pilih ikon audio, lalu pilih tab “Playback”. Kemudian, pilih opsi yang ingin kamu gunakan. Berikut penjelasannya.

1.Untuk memangkas audio, pilih “Trim”, lalu gunakan penggeser berwarna merah dan hijau untuk memangkas file audio sesuai kebutuhan.

2. Untuk memperkeras atau mengecilkan audio, ubah nomor dalam kotak “Fade Duration”.

3. Untuk menyesuaikan volume, pilih “Volume”, lalu pilih pengaturan yang diinginkan.

4. Untuk memilih cara file audio dimulai, pilih panah menurun di samping “Start”, lalu pilih opsi:

  • On Click: Memutar file audio secara otomatis dengan sekali klik.
  • Automatically: Memutar file audio secara otomatis setelah membuka slide tempat file audio berada.
  • When Clicked On: Memutar file audio hanya ketika ikon diklik.
5. Untuk memilih cara audio diputar dalam presentasi kamu, pilih salah satu opsi:
  • Play Across Slides: Memutar satu file audio di seluruh slide.
  • Loop until Stopped: Memutar file audio secara berulang hingga audio dihentikan secara manual dengan mengklik tombol “Play/Pause”.
  • Play in Background: Memutar file audio terus-menerus di seluruh slide di latar belakang. Opsi ini juga akan mengatur file audio untuk dimulai secara otomatis, berlangsung di seluruh slide, dan berulang sampai dihentikan.

5. Simpan dan Putar Presentasi

Setelah mengatur opsi pemutaran, kamu bisa menyimpan dan memutar presentasi untuk melihat hasilnya. Klik tab “Slide Show”, lalu pilih “From Beginning” atau “From Current Slide”.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memasukan Backsound Musik ke PowerPoint

Setelah mengetahui langkah-langkah memasukkan backsound ke power point, selanjutnya akan dijelaskan beberapa tips dan trik yang perlu diperhatikan saat memasukan backsound musik ke PowerPoint. Pasalnya, dalam memasukan backsound musik ke PowerPoint tidak semudah memasukan teks atau gambar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika tidak memperhatikan hal-hal tersebut, presentasi bisa jadi bermasalah.

Oleh karena itu, sebelum memasukan backsound musik ke PowerPoint, kamu perlu mengetahui hal-hal berikut ini.

1. Format Audio

PowerPoint mendukung banyak format audio, tapi sebaiknya pakai format audio populer saja seperti MP3 atau WAV. Format audio lain mungkin tidak kompatibel dengan PowerPoint, atau membutuhkan codec tambahan untuk diputar. 

2. Ukuran File

Ukuran file audio yang kamu masukan ke PowerPoint akan mempengaruhi ukuran file presentasi PowerPoint kamu. Jika memasukan file audio yang besar, presentasi PowerPoint akan menjadi besar pula. Hal ini bisa menyulitkan untuk membagi atau mengirim presentasi PowerPoint melalui email atau media sosial.

3. Opsi Pemutaran

Opsi pemutaran adalah pengaturan yang menentukan bagaimana file audio diputar dalam presentasi PowerPoint. Kamu bisa mengatur opsi pemutaran sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

4. Hak Cipta

Hak cipta adalah hak yang dimiliki oleh pencipta atau pemilik suatu karya, termasuk musik. Jika menggunakan musik yang memiliki hak cipta tanpa izin atau lisensi, kamu bisa melanggar hak cipta dan mendapat sanksi hukum. 

Oleh karena itu, sebelum memasukan backsound musik ke PowerPoint, harus memastikan bahwa kamu memiliki hak untuk menggunakan musik tersebut, dan tidak melanggar hak cipta.

Demikian artikel tentang “Cara Memasukan Backsound Musik ke PowerPoint”. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam membuat presentasi PowerPoint yang lebih keren. 

Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya! 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter