-->

Ad Unit (Iklan) BIG

8 Shortcut PPT di Canva untuk Bikin Presentasi Lebih Menarik

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Tahukah kamu bahwa Canva juga memiliki beberapa shortcut atau pintasan keyboard yang dapat membuat presentasi kamu lebih semarak dan interaktif? Dengan menggunakan shortcut ini, kita dapat menambahkan beberapa efek dan animasi yang dapat menarik perhatian audiens dan membuat presentasi kamu lebih hidup. Selain itu, shortcut ini juga dapat membantu dalam menghemat waktu dan tenaga saat membuat dan mengedit presentasi.

Lalu, apa saja shortcut PPT di Canva yang dapat bikin presentasi kamu lebih semarak? Berikut adalah 8 shortcut PPT di Canva yang perlu diketahui dan coba.

1. Kunci U untuk Fitur Tirai

Saat pergi menonton pertunjukkan di panggung yang megah, hal apa yang bisa kamu temukan di panggung itu? Yap, jawabannya adalah tirai yang terbuka ketika pertunjukkan akan dimulai dan tertutup ketika pertunjukkan selesai. 

Nah, kita juga bisa membuat efek tirai yang sama pada presentasi dengan menggunakan shortcut PPT di Canva yang satu ini.

Caranya adalah dengan menekan kunci U di keyboard saat sedang melakukan presentasi. Dengan begitu, kamu akan melihat tirai merah yang menutupi layar presentasi. Jika menekan kunci U lagi, maka tirai akan terbuka dan menampilkan slide presentasi. 

Kamu bisa menggunakan fitur tirai ini untuk membuat presentasi lebih dramatis dan menegangkan.

2. Kunci D untuk Fitur Drum Roll

Ingin mengumumkan sesuatu yang penting atau mengejutkan di presentasi power point? Atau mungkin ingin memberikan penghargaan atau apresiasi kepada seseorang di hadapan audiens? Jika iya, maka kamu bisa menggunakan fitur drum roll yang bisa diakses dengan menekan kunci D di keyboard.

Setelah menekan kunci D, kamu akan melihat sebuah drum yang menghiasi layar dan mendengar suara gendang yang ditabuh. Suara gendang ini akan membuat audiens lebih penasaran dan tertarik dengan apa yang akan disampaikan. 

Kita bisa menggunakan fitur drum roll ini untuk membuat presentasi lebih seru dan menyenangkan.

3. Kunci S untuk Fitur Sticky Note

Apakah kamu pernah menggunakan sticky note atau post-it untuk menulis catatan penting atau ide-ide kreatif? Jika iya, maka kamu juga bisa menggunakan fitur sticky note dalam presentasi dengan menggunakan shortcut PPT di Canva yang satu ini.

Caranya adalah dengan menekan kunci S di keyboard saat sedang membuat atau mengedit presentasi. Dengan begitu, kamu akan melihat sebuah sticky note yang muncul di layar. Selanjutnya, kita bisa menulis apa saja di sticky note ini, seperti judul, poin-poin penting, pertanyaan, atau saran. 

Kamu juga bisa mengubah warna, ukuran, dan posisi sticky note ini sesuai dengan keinginan. Fitur sticky note ini sangat berguna untuk membuat presentasi lebih rapi dan terorganisir. Selain itu bisa juga menggunakan sticky note ini untuk membuat presentasi lebih interaktif dengan melibatkan audiens untuk memberikan masukan atau tanggapan.

4. Kunci Q untuk Fitur Shhh

Apakah kamu pernah merasa kesal atau terganggu dengan suara bising atau gangguan lainnya saat sedang melakukan presentasi? Jika iya, maka kita bisa menggunakan fitur shhh yang bisa diakses dengan menekan kunci Q di keyboard.

Setelah menekan kunci Q, kamu akan melihat sebuah emoji isyarat diam atau tenang yang muncul di layar. Selain itu juga akan mendengar suara shhh yang menenangkan. Fitur shhh ini dapat membantu menenangkan diri dan mengatasi rasa gugup saat presentasi. Fitur shhh ini juga dapat menenangkan audiens sehingga membuat mereka lebih fokus pada presentasi.

5. Kunci O untuk Fitur Gelembung Mengambang

Ingin membuat presentasi kamu lebih cantik dan menawan? Atau mungkin kamu ingin membuat presentasi lebih santai dan menyegarkan? Jika iya, maka kita bisa menggunakan fitur gelembung mengambang yang bisa diakses dengan menekan kunci O di keyboard.

Setelah menekan kunci O, kamu akan melihat banyak gelembung berwarna-warni yang mengambang di layar. Gelembung-gelembung ini akan bergerak sesuai dengan gerakan mouse. Selain itu,kita juga bisa menggunakan fitur gelembung mengambang ini untuk membuat presentasi lebih semarak dan berwarna. Sehingga fitur ini dapat membuat presentasi lebih menyenangkan dan menghibur.

6. Kunci B untuk Fitur Buram

Apakah kamu pernah merasa bosan atau jenuh dengan tampilan presentasi yang monoton atau polos? Jika iya, maka kamu bisa menggunakan fitur buram yang bisa diakses dengan menekan kunci B di keyboard.

Setelah menekan kunci B, slide presentasi akan menjadi buram atau kabur. Efek buram ini akan membuat presentasi lebih artistik dan estetik. Kamu bisa menggunakan fitur buram ini untuk membuat presentasi lebih menarik dan berbeda. 

7. Kunci T untuk Fitur Timer

Selanjutnya, apakah kamu pernah merasa kesulitan untuk mengatur waktu saat presentasi? Atau mungkin ingin membuat presentasi lebih terstruktur dan efisien? Jika iya, maka kita bisa menggunakan fitur timer yang bisa diakses dengan menekan kunci T di keyboard.

Setelah menekan kunci T, kamu akan melihat sebuah timer atau pengatur waktu yang muncul di layar. Sehingga, kita bisa menentukan durasi timer ini dengan menekan salah satu angka (0-9) di keyboard. Misalnya, jika menekan angka 1, maka timer akan berjalan selama satu menit. Jika menekan angka 2, maka timer akan berjalan selama dua menit, dan seterusnya.

Dengan menggunakan fitur timer ini, dapat membuat presentasi kamu lebih dinamis dan variatif.

8. Kunci P untuk Fitur Presentasi

Terakhir, tapi tidak kalah penting, adalah fitur presentasi yang bisa diakses dengan menekan kunci P di keyboard. Fitur presentasi ini adalah fitur utama yang harus digunakan saat ingin mempresentasikan desain di Canva.

Setelah menekan kunci P, kamu akan masuk ke mode presentasi di Canva. Dalam mode ini, kita bisa melihat slide presentasi secara penuh dan berganti dari satu slide ke slide lainnya dengan menggunakan tombol panah di keyboard atau klik mouse. Selain itu juga bisa menggunakan fitur Canva Live.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mempresentasikan desain secara langsung dan interaktif dengan audiens. Dalam hal ini, kita bisa melihat jumlah dan reaksi audiens, serta menerima pertanyaan dan komentar dari mereka. Selain itu juga bisa mengundang audiens untuk bergabung dengan presentasi kamu dengan menggunakan kode QR atau tautan.

Untuk menggunakan fitur presentasi ini, kamu cukup menekan kunci P di keyboard saat sudah siap untuk mempresentasikan desain presentasi. Selanjutnya, akses fitur ini dengan mengklik tombol “Presentasi” di bagian kanan atas halaman. Plih juga mode presentasi yang diinginkan, seperti layar penuh, layar terbagi, atau Canva Live.

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang 8 shortcut PPT di Canva untuk bikin presentasi lebih semarak. Saya harap artikel ini bermanfaat dan dapat membantu dalam membuat presentasi yang menarik dan profesional. Terima kasih telah membaca artikel ini dan selamat mencoba! 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter