-->

Cara Mengatasi Power Point Found a Problem With Content

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Jika sering menggunakan Power Point, kamu pasti sering menjumpai bahwa terkadang PowerPoint juga kerap mengalami masalah atau error saat digunakan.

Salah satu pesan error yang paling umum muncul adalah "PowerPoint found a problem with content". Pesan error ini tentu dapat mengganggu saat kita ingin melakukan presentasi menggunakan PowerPoint.

Lantas bagaimana cara mengatasi error ini? Pada dasarnya ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah PowerPoint found a problem with content ini. Dengan menerapkan cara-cara berikut, error ini bisa diatasi dan PowerPoint bisa berfungsi normal kembali. Yuk simak artikel ini agar prosesnya lancar.

Penyebab PowerPoint Found A Problem With Content

Sebelum mengetahui cara untuk mengatasinya, penting juga mengetahui apa saja yang menjadi penyebab munculnya error "PowerPoint found a problem with content" ini. Adapun beberapa kemungkinan penyebabnya adalah sebagai berikut.

1. File Media yang Rusak

Pertama, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah file media, seperti gambar, video, atau audio yang digunakan dalam presentasi, rusak atau hilang. Mungkin saat itu kamu sedang bersemangat menambahkan elemen-elemen visual, tapi ternyata file medianya bermasalah.

2. Hyperlink yang Rusak

Seringkali kita menambahkan hyperlink untuk membuat presentasi lebih interaktif. Namun, jika hyperlink pada slide sudah tidak aktif atau mengarah ke halaman yang salah, ini bisa menjadi pemicu munculnya error. Jadi, kamu perlu memastikan bahwa semua hyperlink dalam presentasimu berfungsi dengan baik.

Mengembalikan File Power Point yang Belum Tersimpan Menggunakan AutoRecover

3. File Terinfeksi Virus

Dunia maya penuh dengan ancaman, dan file PowerPoint tidak luput dari risiko terinfeksi virus. Dalam hal iini, virus bisa merusak isi dan data dalam file, sehingga menyebabkan error muncul. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa file presentasimu bebas dari ancaman virus.

4. File Terkorupsi

Situasi yang kurang menyenangkan adalah ketika file PowerPoint itu sendiri sudah terkorup atau rusak. Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kesalahan saat menyimpan, kegagalan sistem, atau lainnya. Perlu diingat, terkadang file dapat menjadi korup tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Cara mengatasi power point found a problem with content

Setelah mengetahui beberapa kemungkinan penyebabnya, selanjutnya mari kita eksplorasi bersama-sama beberapa solusi untuk mengatasi masalah ini. Siapkan dirimu untuk memulai perjalanan mengatasi error "PowerPoint found a problem with content"!

1. Perbarui PowerPoint ke Versi Terbaru

Seringkali, penyebab dari pesan error ini adalah karena versi PowerPoint yang kamu gunakan mungkin perlu diperbarui. Untuk itu, pastikan kamu menggunakan versi terbaru dari perangkat lunak ini. Pasalnya, pembaruan dapat membawa perbaikan bug dan peningkatan yang bisa membuat presentasimu berjalan mulus.

2. Buka File dengan Mode Aman

Jika PowerPoint terus-menerus menemukan masalah, kamu bisa mencoba membuka file presentasi dalam "Safe Mode". Caranya adalah dengan menekan dan menahan tombol "Ctrl" saat membuka PowerPoint, dan pilih "Yes" saat muncul konfirmasi. Mode ini memungkinkan presentasi dibuka tanpa menggunakan add-ins, yang mungkin menjadi penyebab masalah.

3. Cek dan Perbarui Media yang Digunakan

Pesan error ini sering kali terkait dengan file media, seperti gambar, video, atau audio. Maka, pastikanlah semua file media yang kamu gunakan dalam presentasi tidak rusak atau korup. Caranya bisa dilakukan dengan mencoba menyimpan ulang atau mengganti file media yang bermasalah.

4. Gunakan Alat Perbaikan PowerPoint

Selanjutnya, PowerPoint memiliki alat perbaikan bawaan yang dapat membantu mengatasi masalah. Pertama, bukalah PowerPoint dan pilih "File" > "Options" > "Trust Center" > "Trust Center Settings" > "Privacy Options", dan centang opsi "Enable Office Diagnostics". Setelah itu, kamu bisa menjalankan alat perbaikan dengan mengklik "Microsoft Office Diagnostics".

5. Salin dan Tempel Kontennya ke File Baru

Jika semua usaha di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba metode klasik ini. Buka file presentasi yang bermasalah, kemudian salin semua isinya, dan tempel ke file presentasi baru. Meski sederhana, kadang langkah ini cukup efektif untuk memulihkan presentasi yang rusak.

Mencegah PowerPoint Found a Problem with Content

Setelah mengetahui beberapa cara untuk mengatasi power point found a problem with content, kali ini kita akan membahas cara-cara mencegah munculnya "PowerPoint Found a Problem with Content" agar presentasimu selalu berjalan lancar.

1. Selalu Update Versi PowerPoint Terbaru

Seringkali kita terlupa untuk melakukan pembaruan perangkat lunak. Jadi, pastikan selalu menggunakan versi terbaru dari PowerPoint. Pasalnya, dalam pembaruan tersebut, Microsoft biasanya memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja, termasuk mengatasi masalah "PowerPoint Found a Problem with Content".

2. Pilih File Media dengan Hati-Hati

Ketika menambahkan elemen visual seperti gambar atau video, pastikan file media tersebut terjaga keutuhannya. Memilih file yang rusak dapat menjadi pemicu pesan error. Pastikan semua file media yang digunakan dalam presentasi masih dalam kondisi prima.

3. Hindari Penggunaan Hyperlink yang Mati

Selanjutnya, hyperlink yang mati bisa menjadi pemicu munculnya pesan error. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa semua hyperlink dalam presentasimu masih aktif dan mengarah ke tempat yang benar. Hal ini akan memastikan keseluruhan presentasi tetap terhubung dengan baik.

4. Lakukan Backup Secara Berkala

Lakukanlah backup secara berkala untuk mencegah kehilangan data akibat rusaknya file. Ini juga dapat membantu Kamu untuk mengembalikan presentasi ke keadaan sebelumnya jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

5. Periksa File Presentasi dengan Antivirus

Ketika Kamu merasa yakin dengan presentasimu, langkah berikutnya adalah memeriksa file dengan antivirus. Hal ini akan membantu mencegah masalah yang disebabkan oleh virus atau malware yang mungkin merusak file presentasi.

Cara power point tidak bisa di edit, Ternyata Cukup Begini.

6. Optimalkan Penggunaan Add-ins

Terakhir, beberapa pesan error dapat terkait dengan add-ins. Oleh karenanya, pastikan add-ins yang Kamu gunakan kompatibel dengan versi PowerPoint yang dimiliki. Atur dengan bijak penggunaannya dan pastikan tidak ada add-ins yang mengakibatkan konflik atau kerusakan.


Jadi, sekarang, kamu sudah punya beberapa strategi untuk mengatasi masalah "PowerPoint Found a Problem with Content" bukan? Percayalah, tidak ada presentasi yang tak bisa diatasi. 

Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, Kamu dapat mencegah dan mengatasi munculnya pesan error yang menyebalkan. Jadikan presentasimu sebagai karya yang menginspirasi tanpa hambatan teknis. Semangat terus, dan raih sukses dengan setiap presentasi yang dibuat!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter