-->

Begini Cara Mengatur Ukuran Slide PowerPoint agar Tetap Proporsional di Canva

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Ukuran slide pada presentasi PowerPoint memiliki peranan yang cukup penting. Slide PowerPoint yang berukuran proporsional tentu akan membuat tampilan presentasi terlihat lebih rapi dan profesional. Namun, mengatur ukuran slide PowerPoint agar tetap proporsional tak selalu mudah dilakukan. Jangan khawatir, pada artikelkali ini kita akan membahas mengenai Cara Mengatur Ukuran Slide PowerPoint agar Tetap Proporsional di Canva.

Yuk simak penjelasannya, agar powerpoint di canvamu selalu berukuran proporsional.

Kelebihan Mengenal Cara Mengatur Ukuran Slide di Canva

Sebelum mulai mengatur ukuran slide PowerPoint di Canva, alangkah baiknya kita mulai dengan memahami terlebih dahulu mengapa ukuran slide yang proporsional itu penting. Dalam hal ini, slide dengan proporsi yang pas akan membuat presentasimu tidak hanya rapi, tapi juga terlihat keren dan membuat kamu terlihat profesional, loh!

Yuk simak lebih jelasnya beberapa keunggulan jika kamu mengetahui cara mengatur ukuran slide PowerPoint dengan benar di Canva.

1. Mudah Disesuaikan dengan Kebutuhan

Kamu pasti suka jika bisa mengatur ukuran slide sesuai keinginan bukan? Nah, dalam Canva, hal itu bisa menjadi super mudah! Kita bisa menyesuaikan ukuran slide dengan tema dan kontennya tanpa harus pusing.

2. Slides Selalu Rapi dan Proporsional

Dengan mengetahui cara mengatur ukuran slide, presentasimu bakal selalu terlihat rapi dan proporsional. 

3. Mempercepat Proses Pembuatan

Waktumu berharga bukan? Nah, dengan mengetahui caranya, proses pembuatan presentasi di Canva jadi lebih cepat. Pasalnya, tidak perlu waktu lama untuk memikirkan ukuran, kamu hanya perlu fokus pada konten yang ingin disampaikan.

4. Meningkatkan Kualitas Tampilan

Kamu pasti mau presentasimu tampil beda dan berkualitas, kan? Dengan mengatur ukuran slide dengan benar, tampilan presentasimu otomatis terangkat.

5. Memberikan Keprofesionalan

Kesannya profesional banget! Dengan tampilan yang rapi dan proporsional, kamu akan memberikan kesan profesional yang tidak terlupakan bagi audiens. 

6. Memudahkan Berbagi dan Mencetak

Canva bukan hanya membuat presentasi, tetapi bisa juga membuat hidupmu lebih mudah. Pasalnyya, setelah selesai, kamu bisa dengan simpel berbagi presentasi atau mencetaknya tanpa ribet.

Hal-hal Penting Saat Mengatur Ukuran Slide PowerPoint di Canva

Meski terdapat banyak kemudahan dan keunggulan saat mengatur ukuran slide PowerPoint di Canva, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan juga loh.

Nah, sebelum kita masuk lebih dalam, yuk simak beberapa hal yang tidak boleh dilewatkan ketika mengatur ukuran slide PowerPoint di Canva!

1. Tetap Perhatikan Standar Ukuran Slide Umum

Kalian pasti tahu kan, bahwa setiap presentasi itu memiliki standar ukuran tertentu. Untukitu, penting banget nih agar tetap memperhatikan standar tersebut. Meskipun Canva memiliki kebebasan, tapi memastikan slide kamu kompatibel di berbagai platform juga tidak kalah penting.

2. Jangan Atur Terlalu Kecil atau Besar

Selanjutnya, jangan sampai slide yang kamu buat menjadi seperti bingkai foto mini atau malah segede poster, ya. Hal ini tidak hanya membuat kita bingung, tapi juga bisa membuat audiens kesulitan. Jadi, pastikan ukuran slide sesuai dengan kebutuhan dan nyaman dilihat.

3. Pastikan Rasio Tinggi dan Lebar Proporsional

Kalian pasti suka melihat slide yang proporsional bukan? Nah, untuk itu pastikan rasio tinggi dan lebar slide itu seimbang. Jadi, tampilan presentasi kamu tidak hanya enak dipandang tapi juga terlihat profesional.

4. Sesuaikan dengan Tema, Layout, dan Konten

Setiap presentasi memiliki cerita dan nuansa sendiri, kan? Jadi, pastikan ukuran slide sesuai dengan tema, layout, dan konten yang ingin kamu sampaikan. Tujuannya, agar slide kamu bisa menjadi kohesif dan mengalir dengan baik.

5. Perhatikan Konsistensi dalam Satu Presentasi

Selanjutnya, konsistensi itu seperti kunci kebahagiaan presentasi. Maka, pastikan ukuran slide konsisten dalam satu presentasi. Agar tampilan terlihat menyatu dan terorganisir dengan baik.

6. Cek pada Berbagai Perangkat Sebelum Cetak atau Publikasi

Sebelum mulai membagikannya, pastikan untuk mengecek tampilan slide di berbagai perangkat. Kamu tidak mau kan ada yang kelewatan? Jadi, yuk, pastikan semuanya oke sebelum presentasi di-share ke dunia.

Mengatur Ukuran Slide PowerPoint di Canva

Nah, setelah mengetahui gambaran besar terkait pengaturan ukuran slide PowerPoint di Canva, sekarang kita akan masuk pada pembahasan inti, yakni cara mengatur ukuran slide itu sendiri.

Sebenarnya, pengaturan ukuran slide di Canva ini cukup mudah untuk dilakukan. Pasalnya, canva menyediakan ukuran standar slide yang bisa langsung digunakan. Selain itu, kamu juga bebas menyesuaikan lebar dan tinggi slide sesuai keinginan.

Yuk lanngsung saja ikuti langkah demi langkah pengaturan ukuran slide PowerPoint di Canva berikut ini!

1. Buka Aplikasi Canva dan Login

Pertama, tentu kamu harus membuka aplikasi Canva di smartphone atau laptop. Setelah itu, login dengan akun Canva yang sudah kita miliki.

2. Pilih Menu "Presentasi" untuk Memulai

Setelah masuk ke Canva, langsung pilih menu "Presentasi" dan klik "Presentasi Kosong." Hal ini akan membuka lembar kerja baru untuk proyek presentasimu.

3. Akses Menu "Desain" dan Pilih Tab "Ukuran"

Sekarang, arahkan dirimu ke menu "Desain" yang terletak di sebelah kiri. Kemudian, klik tab "Ukuran." Di sini, kamu akan menemukan berbagai opsi pengaturan ukuran slide.

4. Pilih Ukuran Default atau Sesuaikan Sendiri

Nah, pada tab Ukuran, kamu bisa pilih ukuran slide standar yang sudah disediakan Canva. Tapi, jika ingin lebih spesifik, kita juga bisa mengatur sendiri lebar dan tinggi slide sesuai keinginan.

5. Simpan Perubahan dengan Klik "Simpan"

Setelah puas mengatur ukuran slide, jangan lupa klik tombol "Simpan" di pojok kanan atas layar. Hal ini agar semua perubahan yang kamu lakukan tetap tersimpan.

6. Selesai, Kamu Sudah Bisa Mulai Mendesain!

Selamat! Dengan langkah-langkah tersebut, sekarang kamu sudah siap untuk memulai mendesain slide presentasimu. Mulailah eksplorasi kreativitasmu dengan Canva!

Done!

Itulah beberapa langkah mudah dan praktis dalam mengatur ukuran slide PowerPoint agar tetap proporsional menggunakan aplikasi Canva. Dengan fitur custom ukuran slide, Canva memudahkan kita untuk membuat presentasi dengan tampilan yang rapi dan proporsional.

Ukuran slide yang ideal dan standar tentu akan membuat presentasi terlihat lebih profesional di mata audiens. Oleh karena itu, luangkan waktu sedikit untuk menyesuaikan ukuran slide dengan benar saat membuat presentasi di Canva.

Semoga panduan singkat ini bisa membantu kamu dalam membuat presentasi yang menarik. Jangan ragu untuk bereksperimen menggunakan berbagai fitur canggih di Canva. Selamat mencoba dan sukses dengan presentasimu!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter