-->

Lakukan ini, untuk Mengirim PowerPoint via WhatsApp

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com! Halo ketemu lagi nih! Tahukah kamu, selain menggunakan email, ternyata kita juga bisa mengirim file presentasi PowerPoint melalui WhatsApp? Yuk, mari kita bahas bersama bagaimana cara memanfaatkan fitur ini untuk mempermudah dalam berbagi ide dan informasi.

Mengirim PowerPoint via Whatsapp

Mengirim PowerPoint via WhatsApp merujuk pada tindakan mengirimkan file presentasi yang telah dibuat menggunakan aplikasi PowerPoint melalui aplikasi pesan WhatsApp. Sedangkan PowerPoint itu sendiri merupakan perangkat lunak pengolah presentasi yang umum digunakan untuk membuat slide presentasi dengan berbagai informasi, gambar, dan elemen desain.

Dalam hal ini, mengirim powerpoint via whatsapp melibatkan pemilihan file presentasi yang telah disiapkan, kemudian mengunggahnya sebagai lampiran dalam percakapan WhatsApp. Setelah diunggah, penerima pesan WhatsApp dapat mengunduh dan melihat presentasi tersebut di perangkat mereka sendiri. 

Tindakan ini memungkinkan kamu untuk berbagi informasi, ide, atau materi presentasi dengan teman, kolega, atau kelompok lainnya secara langsung melalui platform pesan instan yang populer, yaitu WhatsApp.

Cara Mudah Membuat Power Point di Ponsel

Kelebihan Mengirim File PowerPoint via WhatsApp

Sekarang sudah tahu bukan? Bahwa mengirim file presentasi via email bukan satu-satunya pilihan lagi. Pasalnya, whatsApp juga menyediakan kemudahan untuk mengirim file PowerPoint dengan cepat dan praktis. Sebelum masuk pada cara mengirimnya, yuk kita bahas terlebih dulu kelebihan apa saja yang bisa didapatkan dari alternatif yang satu ini.

1. Lebih Santai

Saat ini, tidak hanya email yang bisa jadi pilihan untuk mengirim presentasi. Melalui WhatsApp yang selalu ada di genggaman, akan memberikan kesan yang lebih santai. Kalian tidak perlu lagi menunggu di depan komputer untuk mengirimkan presentasi, cukup dengan membuka WhatsApp di ponsel, presentasi powerpoint sudah bisa dikirimkan!

2. Prosesnya Cepat dan Tanpa Batasan

Selanjutnya, proses pengiriman file PowerPoint melalui WhatsApp terbilang sangat cepat dan tanpa batasan ukuran file. Selain itu kalian tidak perlu khawatir dengan file presentasi yang terlalu besar. Selain itu, pengguna WhatsApp bisa langsung mendownload dan membuka presentasimu dengan mudah di ponsel mereka.

3. Pengalaman Interaktif yang Unik

Nah, kelebihan selanjutnya adalah pengalaman interaktif. Kamu bisa menambahkan pesan singkat atau konteks pada saat mengirimkan presentasimu. Hal ini memberikan sentuhan personal dan membuat presentasimu lebih mudah dipahami penerimanya.

4. Tanggapan Cepat dan Dialog yang Hidup

Setelah presentasi powerpoint terkirim, hal menarik lainnya adalah adanya ruang untuk tanggapan dan pertanyaan yang cepat. 

Penerima presentasi bisa langsung memberikan feedback atau bertanya melalui WhatsApp. Sehingga menciptakan dialog yang lebih hidup dan responsif. Selain itu, kamu juga akan merasa lebih dekat dengan rekan-rekan dalam berkolaborasi.

5. Akses Mudah Dimana Saja

Salah satu keunggulan utamanya adalah kemudahan akses bagi penerima. Dalam hal ini, mereka bisa langsung membuka dan menjelajahi presentasi di ponsel.. Ini memberikan fleksibilitas yang luar biasa, karena presentasimu bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

Mengatasi Masalah Powerpoint Tidak Bisa di Save, Mudah

Hal yang Perlu Diperhatikan 

Saat akan mengirimkan presentasi powerpoint melalui WhatsApp, kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar proses pengiriman dan penerimaan berjalan lancar. 

Yuk, kita bahas bersama apa saja yang perlu diperhatikan saat mengirimkan PowerPoint via WhatsApp.

1. Ukuran File yang Optimal

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah ukuran file presentasi yang akan dikirim. Pastikan ukurannya tidak terlalu besar agar memudahkan proses pengiriman dan tidak memberatkan ponsel penerima. 

Untuk mengatasi hal ini, kita bisa memanfaatkan fitur kompresi pada aplikasi pengolah presentasi untuk mengoptimalkan ukuran file tanpa mengorbankan kualitas.

2. Kekonsistenan Format dan Layout

Sebelum mengirim presentasi, pastikan format dan layoutnya sudah konsisten pada setiap slidenya. Ini penting agar pesan yang ingin kamu sampaikan tetap jelas dan mudah dipahami oleh penerima. Jangan lupa untuk mengecek tata letak, font, dan elemen desain agar presentasi terlihat profesional dan menarik.

3. Kompatibilitas Aplikasi Penerima

Sebelum mengirim, pertimbangkan aplikasi yang digunakan oleh penerima untuk membuka file PowerPoint. Pastikan aplikasi tersebut mendukung format file yang kamu kirimkan. Jika perlu, berikan informasi kepada mereka agar dapat menyiapkan aplikasi yang sesuai sebelum membuka presentasi.

4. Pesan Pendahuluan yang Jelas

Sebaiknya sertakan pesan pendahuluan yang jelas saat mengirimkan presentasi. Berikan informasi singkat tentang konten presentasi dan tujuan pengiriman. Hal ini akan membantu penerima, untuk memahami apa yang akan mereka lihat dan memaksimalkan pemahaman terhadap materi yang kamu bagikan.

5. Kesempatan untuk Bertanya atau Memberikan Feedback

Selanjutnya, berikan kesempatan kepada penerima untuk bertanya atau memberikan feedback setelah melihat presentasi. Sertakan pesan yang mengundang interaksi, misalnya dengan menanyakan pendapat mereka atau memberikan ruang untuk pertanyaan. Ini akan membuat proses berbagi informasi menjadi lebih dinamis dan berkesan.

6. Keselarasan Waktu Pengiriman

Terakhir, perhatikan juga keselarasan waktu pengiriman presentasi. Pastikan kamu mengirim file pada waktu yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan penerima. Ini akan memberikan kenyamanan dan meningkatkan kemungkinan penerima untuk membuka dan menyimak presentasi dengan baik.

Cara Mengirim Presentasi PowerPoint via WhatsApp

Lalu bagaimana cara mengirim presentasi Power Point melalui WhatsApp, yuk kita simak bersama cara  praktis dan efisien untuk mengirimkan file PowerPoint via Whatsapp.

1. Siapkan Presentasi

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan presentasi dengan cermat. Pastikan setiap slide memiliki informasi yang jelas dan disusun secara terstruktur. Dengan begitu, pesan yang ingin disampaikan akan lebih mudah dipahami oleh penerima.

2. Simpan Presentasi dalam Format yang Sesuai

Setelah presentasimu siap, buka PowerPoint dan pilih opsi "Save As" atau "Simpan Sebagai". Kemudian, pilih format file ".pptx" untuk memastikan kompatibilitas saat dikirim melalui WhatsApp. Hal ini akan memastikan bahwa presentasi dapat dibuka dengan baik oleh penerima.

3. Buka Aplikasi WhatsApp dan Pilih Kontak atau Grup

Langkah berikutnya, bukalah aplikasi WhatsApp dpada ponselmu. Selanjutnya, pilih kontak atau grup yang akan menjadi tujuan dalam mengirim presentasi. Jangan lupa, pastikan grup yang kamu pilih memang ditujukan untuk berbagi file atau informasi terkait.

Cara menyambungkan WA ke Laptop Tanpa aplikasi

4. Lampirkan File Presentasi 

Masuk ke dalam obrolan dengan kontak atau grup yang dipilih. Lalu, klik ikon "Attach" atau "Lampirkan" (biasanya berbentuk penjepit kertas). Pilih opsi "Document" atau "Dokumen" dan cari file presentasimu. Selanjutnya, pilih file tersebut, dan WhatsApp akan secara otomatis mengunggahnya.

5. Sertakan Pesan Pendek untuk Konteks

Sebelum mengirim, sebaiknya tambahkan pesan singkat yang menjelaskan isi atau tujuan dari presentasi yang dibuat. Ini akan memberikan konteks kepada penerima, sehingga mereka tahu apa yang diharapkan atau apa yang perlu diperhatikan dalam presentasi.

6. Klik Kirim dan Bagikan 

Setelah semua langkah dilakukan, klik tombol "Send" atau "Kirim". Presentasimu akan segera terkirim, dan penerima bisa mengunduhnya dengan cepat. 

Selamat! Sekarang, kamu telah berhasil berbagi ilmu atau ide dengan teman-temanmu melalui WhatsApp.

Menampilkan Isi PowerPoint di Ponsel

Setelah proses mengirim power point via whatsapp berhasil. Lalu, bagaimana cara melihat atau menampilkan isinya di ponsel? Tentu, untuk melihat isi file PowerPoint yang telah terkirim di ponsel, kamu perlu memastikan terpasangnya aplikasi yang mendukung format tersebut. 

Dalam hal ini, ada beberapa aplikasi yang umum digunakan adalah WPS Office, MS Office, atau aplikasi lain yang mensupport file-file PowerPoint. Untuk itu, pastikan aplikasi yang kamu pilih sudah terinstal di ponsel agar kita bisa dengan mudah menjelajahi presentasi yang diterima. 

Jika aplikasi sudah terpasang, kamu hanya perlu membuka aplikasinya. Selanjutnya, nikmati informasi yang disajikan dalam file PowerPoint tersebut. Jangan lupa untuk memberikan feedback atau bertanya jika ada hal yang ingin didiskusikan bersama pengirimnya. 

Penutup

Dengan langkah-langkah sederhana ini, proses mengirimkan presentasi PowerPoint via WhatsApp bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan efisien bukan? Jangan ragu untuk mencoba, dan semoga artikel ini membantu.

Selamat mencoba!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter