-->

Cara Print Power Point Beserta Notes

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.c0m! Halo, masih ingin tampil maksimal dalam presentasi bukan? Pasti sering ya menghadapi momen di mana kamu harus berbicara di depan banyak orang. Nah, kali ini kita akan bahas cara meningkatkan kualitas presentasimu dengan menggunakan fitur yang mungkin belum banyak diketahui, yaitu Print PowerPoint beserta notes.

Apa Itu Print PowerPoint dan Notes?

Jadi, kamu pasti sering menggunakan PowerPoint untuk membuat slide presentasi kan? Nah, Print PowerPoint adalah cara untuk mencetak slide presentas. Tapi tunggu dulu, ternyata terdapat fitur menarik yang sering diabaikan, yaitu Notes. 

Notes ini merupakan ruang kecil di bawah setiap slide yang bisa kamu isi dengan catatan atau poin-poin penting terkait slide tersebut. Dengan mencetak PowerPoint beserta notes, kamu bisa memiliki materi referensi yang sangat membantu saat presentasi.


Manfaat Print PowerPoint dan Notes

Nah, sekarang kamu pasti bertanya-tanya, Kenapa sih harus repot-repot mencetak slide beserta notes? Dengan mencetak PowerPoint beserta notes, kita bisa dengan mudah memberikan salinan presentasi kepada audiens atau rekan kerja. 

Dengan ini, mereka bisa mengikuti presentasi tanpa harus repot-repot membuat catatan sendiri. Jadi, ini adalah cara pintar untuk memastikan semua orang tetap terhubung dengan materi presentasi.

Langkah Mudah Mengubah File Word ke PowerPoint

Kelebihan Print PowerPoint dan Notes

Sebelumnya, yuk kita bahas kelebihan dari Print PowerPoint beserta Notes yang mungkin belum banyak kamu ketahui. Berikut penjelasannya!

1. Peningkatan Profesionalisme

Saat menggunakan fitur Print PowerPoint dan Notes, kamu seolah-olah membuka lembaran baru dalam meningkatkan profesionalismemu dalam berpresentasi. 

Catatan di bawah setiap slide akan memberikan kesan bahwa kamu telah mempersiapkan diri dengan matang. Sehingga hal ini bisa memikat perhatian audiens.

2. Memudahkan Proses Pembelajaran

Dengan mencetak PowerPoint beserta Notes, memudahkan audiens atau rekan kerja untuk belajar lebih efektif. Mereka tidak hanya melihat slide presentasimu, tetapi juga dapat meresapi poin-poin penting yang disampaikan melalui catatan-catatan yang disertakan. 

3. Kemudahan Berbagi Informasi

Saat presentasi selesai, kamu tidak hanya meninggalkan jejak kenangan, tetapi juga memberikan kesempatan kepada orang lain untuk meresapi dan mengeksplorasi materi yang telah dibawakan.

Dengan memberikan salinan PowerPoint beserta Notes, kamu secara efektif berbagi pengetahuan tanpa harus menjelaskan berulang kali.

4. Kemungkinan Kolaborasi yang Lebih Baik

Selanjutnya, print PowerPoint dan Notes juga memungkinkan terjadinya kolaborasi yang lebih baik di antara tim atau peserta presentasi. Mereka dapat menggunakan catatan sebagai titik awal diskusi atau sebagai acuan untuk ide-ide selanjutnya. 

Jadi, kamu tidak hanya menciptakan presentasi, tetapi juga membuka ruang untuk ide-ide kreatif dari yang lain.

5. Penghematan Waktu Presentasi Berikutnya

Dengan mencetak PowerPoint beserta Notes, kamu menciptakan referensi yang berguna untuk presentasi selanjutnya. Kamu bisa memanfaatkan catatan-catatan tersebut sebagai panduan cepat dalam menyusun materi presentasi baru. 

Hal ini merupakan investasi waktu yang berkelanjutan untuk kemajuan presentasi di masa depan.

Cara Print Power Point Beserta Notes

Lalu bagaimana cara print power point beserta notes? Untuk melakukan hal ini, terdapat 3 cara yang akan dijelaskan setelah ini. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan preferensi diri sendiri. Berikut ini penjelasan dari masing-masing caranya!
Yuk simak bersama! 

1. Melalui PowerPoint

Cara pertama Print Power Point Beserta Notes yang bisa kamu pilih adalah dengan melalui PowerPointa. 

Cara ini cukup mudah diterapkan untuk presentasi yang lebih menarik. Penasaran? Langsung saja kita simak langkah-langkahnya.

  • Buka PowerPoint dan Pilih Presentasi

Pertama, buka aplikasi PowerPoint di komputermu. Pilih presentasi yang ingin dicetak bersama dengan catatan-catatan yang telah kamu tambahkan. Pastikan untuk memilih file yang benar agar hasil cetakan sesuai dengan materi presentasi.

  • Pilih Menu 'File' dan Kemudian 'Print'

Setelah memilih presentasi, masuklah pada menu 'File' yang terdapat pada bagian atas layar. Lalu pilih opsi 'Print'. Di sana, kamu akan melihat beberapa pilihan pengaturan pencetakan.

  • Atur Pengaturan Cetakan

Selanjutnya, pilihlah opsi 'Full Page Slides' untuk mencetak slide presentasi atau pilih 'Notes Pages' untuk mencetak PowerPoint beserta Notes. 

Jika ingin memastikan bahwa cetakan sudah sesuai dengan keinginan, kamu juga bisa mengatur opsi lainnya seperti ukuran kertas dan orientasi.

  • Pilih Printer dan Cetak

Setelah mengatur preferensimu, langkah selanjutnya adalah dengan memilih printer yang akan kamu gunakan. Pastikan printer terhubung dengan baik dan bekerja dengan baik. Setelah itu, klik 'Print' dan biarkan proses cetakan berjalan.

  • Periksa Hasil Cetakanmu

Setelah selesai mencetak, periksa hasil cetakan. Pastikan bahwa slide dan notes tampil dengan jelas. Kamu bisa mengeceknya dengan membaca beberapa catatan di bawah slide presentasi.

  • Siapkan Untuk Presentasi Sukses

Dengan langkah-langkah sederhana ini, kamu telah berhasil mencetak PowerPoint beserta Notes. Selanjutnya, persiapkan dirimu untuk kegiatan presentasi. 

Catatan-catatan di bawah setiap slide akan menjadi panduan yang sangat membantu dalam menjelaskan setiap poin dengan lebih detail.

Menambahkan Slide PowerPoint, Ternyata Mudah.

2. Menggunakan Adobe Acrobat

Cara ke dua yang bisa menjadi pilihan untuk mencetak PowerPoint beserta Notes adalah dengan menggunakan Adobe Acrobat. Mari kita simak langkah-langkahnya!

  • Ekspor PowerPoint ke Format PDF

Pertama, buka presentasi yang akan diprint di PowerPoint, pilihlah opsi 'File'. Kemudian, klik 'Save As' dan pilih format 'PDF'. Ini merupakan langkah awal yang penting agar presentasi bisa diakses dan dicetak melalui Adobe Acrobat.

  • Buka Adobe Acrobat dan Pilih File PDF

Setelah menyimpan presentasi dalam format PDF, buka Adobe Acrobat. Di dalamnya, pilihlah opsi 'File' dan klik 'Open'. Temukan file PDF presentasimu dan buka.

  • Pilih Opsi 'Print' dalam Adobe Acrobat

Setelah membuka file PDF, pilih opsi 'Print' dari menu utama Adobe Acrobat. Ini akan membuka jendela pengaturan pencetakan duntuk menyesuaikan preferensimu.

  •  Atur Preferensi Cetakan

Dalam jendela pencetakan Adobe Acrobat, pastikan untuk memilih opsi 'Document and Markups' agar notes yang berada di bawah setiap slide ikut tercetak. Sesuaikan juga opsi ukuran kertas dan orientasi sesuai kebutuhanmu.

  •  Klik 'Print' dan Periksa Hasilnya

Setelah mengatur preferensimu, klik 'Print' dan biarkan Adobe Acrobat menyelesaikan proses pencetakan. Periksa hasil cetakanmu untuk memastikan bahwa slide dan notes tercetak dengan jelas.

  • Siapkan Diri untuk Presentasi Lebih Dinamis

Dengan langkah-langkah sederhana ini, kamu berhasil mencetak PowerPoint beserta Notes menggunakan Adobe Acrobat. Selanjutnya, persiapkan dirimu untuk presentasi yang lebih dinamis dan informatif. 

Catatan-catatan di bawah setiap slide akan memudahkan kamu dalam menjelaskan poin-poin dengan lebih detail.

3. Menggunakan Langkah-langkah di Microsoft Word

Cara ke tiga mencetak PowerPoint beserta Notes bisa kamu lakukan melalui Microsoft Word. Yuk, simak caranya!

  • Buka Presentasimu di PowerPoint

Pertama, pastikan untuk membuka presentasi pada PowerPoint yang sudah disimpan dalam format yang mendukung konversi ke Word, seperti PDF. 

  • Buka Microsoft Word dan Pilih 'Blank Document'

Setelah menyimpan presentasi dalam format yang tepat, buka Microsoft Word. Pilih opsi 'Blank Document' untuk memulai dokumen baru yang nantinya akan dijadikan tempat mencetak PowerPoint beserta Notes.

  • Pilih Tab 'Insert' dan Pilih 'Object'

Setelah dokumen Word terbuka, pergilah ke tab 'Insert' pada menu utama. Selanjutnya, pilih 'Object' dan kemudian 'Adobe Acrobat Document'. Ini akan membuka jendela untuk memasukkan file PDF presentasimu ke dalam dokumen Word.

  • Pilih File PDF Presentasi

Setelah memilih 'Adobe Acrobat Document', pilihlah file PDF presentasi yang telah disimpan. Selanjutnya, dokumen Word akan secara otomatis menyematkan PDF tersebut.

  • Sesuaikan Ukuran dan Posisi Presentasi di Word

Ketika presentasimu muncul di dokumen Word, sesuaikan ukuran dan posisinya agar sesuai dengan halaman. Pastikan untuk memasukkan catatan atau Notes di bagian yang diinginkan.

  •  Cetak atau Simpan Sebagai PDF

Terakhir, setelah mengatur presentasi sesuai keinginan, kamu bisa mencetak dokumen Word tersebut atau menyimpannya kembali sebagai file PDF. Pastikan opsi 'Print Object' dipilih saat mencetak agar Notes turut tercetak.

Panduan Lengkap Mengubah Presentasi PowerPoint ke PDF


Oke, sekarang sudah tahu kan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencetak Power Point Beserta Notes? Jadi teman-teman, pilihlah cara yang paling sesuai dan terapkan langkah-langkahnya agar presentasimu semakin profesional dan menarik. Semangat berpresentasi!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter