-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara word biar landscape, Gampang banget..

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Hai, teman-teman setiap triprofik.com! Apakah kalian pernah merasa bingung saat harus mengubah orientasi halaman di Microsoft Word biar landscape? Tentu saja, hal ini adalah keahlian penting dalam pengolahan dokumen. 

Hari ini, kita akan menjelaskan dengan jelas cara mengubah orientasi halaman menjadi lanskap atau potret di Microsoft Word.

Tampilan Word Lanskap vs. Potret: Apa Bedanya?

Cara word biar landscape

Kalian mungkin pernah bingung saat harus memilih antara tata letak lanskap dan potret dalam Microsoft Word. Mari kita bahas perbedaan keduanya agar kalian dapat memilih yang tepat untuk dokumen kalian.

Tampilan MS Word Lanskap

Lanskap adalah tata letak halaman yang lebar, di mana lebar dokumen melebihi tingginya. Ini sangat cocok untuk konten visual seperti grafik, tabel, atau foto yang perlu menonjolkan detil horisontal. Lanskap memberikan ruang lebih untuk menyajikan informasi dalam format visual yang kuat.

Tampilan Menulis di Ms Word Potret

Potret adalah tata letak halaman yang lebih tinggi daripada lebarnya. Ini adalah pilihan yang umum digunakan untuk dokumen teks, seperti surat, artikel, atau esai. Potret memungkinkan teks untuk mengalir secara alami dari atas ke bawah, sehingga lebih mudah dibaca.

Bagaimana Cara Memilih mengubah tampilan dari Potrait menjadi Landscape atau sebaliknya?

Untuk memilih antara lanskap dan potret di Microsoft Word, kalian bisa memulainya dengan Buka dokumen kalian di Microsoft Word. Setelah terbuka seperti biasa, lanjukan Pergi ke tab "Layout" di menu atas.

Di grup "Setup", kalian akan melihat opsi "Orientation" > Klik "Landscape" untuk mengubah ke tata letak lanskap, atau "Portrait" untuk potret. Secara singkatnya prosesnya sangat mudah kan?

Kapan Menggunakan Masing-Masing Tata Letak?

Pilihan antara lanskap dan potret tergantung pada konten dan tujuan dokumen kalian. Gunakan lanskap jika kalian memiliki elemen visual yang lebar atau ingin menampilkan data secara horizontal. Sementara itu, pilih potret untuk dokumen teks standar atau ketika fokus utama adalah pada isi tulisan.

Ringkasnya...

Jadi, inilah perbedaan antara tampilan lanskap dan potret di Microsoft Word. Pilihlah yang sesuai dengan tujuan dan konten dokumen kalian. Dengan memahami perbedaan ini, kalian akan dapat memaksimalkan tata letak halaman untuk menyajikan informasi dengan efektif.

Tahapan Mengubah Tampilan Menulis Word Menjadi Landscape

Langkah #1: Buka Dokumen MS word

Pertama, buka dokumen Microsoft Word yang ingin kalian ubah orientasinya. Ini bisa dokumen yang sedang kalian buat atau yang sudah ada.

Langkah #2: Pilih Halaman yang Akan Diubah

Selanjutnya, kita harus memilih halaman yang ingin diubah orientasinya. Microsoft Word memungkinkan kita untuk mengganti orientasi halaman pada satu halaman tertentu atau seluruh dokumen.

Langkah #3: Mengubah Orientasi

Sekarang, saatnya untuk melakukan perubahan! Ikuti langkah-langkah berikut:

Pergi ke menu "Layout".

Pilih opsi "Orientasi".

Kemudian, kalian dapat memilih antara "Landscape" untuk orientasi lanskap atau "Portrait" untuk orientasi potret.

Contoh Lengkapnya

Misalnya, jika kalian ingin mengubah satu halaman tertentu menjadi lanskap dalam dokumen teks kalian, ikuti langkah-langkah di atas. Namun, jika kalian ingin mengubah seluruh dokumen menjadi lanskap, pilih "Landscape" pada semua halaman.

Kesimpulan Mengubah Tampilan Microsoft Word Menjadi landscape

Untuk mengubah orientasi halaman di Microsoft Word menjadi lanskap, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah untuk Microsoft Word (PC):

  • Buka Dokumen: Buka dokumen yang ingin diubah orientasinya.
  • Pilih Semua: Tekan Ctrl + A di keyboard untuk memilih seluruh teks dokumen.
  • Layout: Pergi ke tab "Layout" di menu pita Word.
  • Orientasi: Di grup "Setup Halaman", Anda akan menemukan opsi "Orientasi". Klik pada panah bawah di sebelahnya.
  • Pilih Lanskap: Dari menu dropdown, pilih "Lanskap".
  • Simpan Dokumen: Pastikan untuk menyimpan dokumen Anda setelah melakukan perubahan.

Langkah-langkah untuk Microsoft Word (Mac):

  • Buka Dokumen: Buka dokumen yang ingin Anda ubah orientasinya.
  • Pilih Semua: Tekan Cmd + A di keyboard untuk memilih seluruh teks dokumen.
  • Layout: Pergi ke tab "Tata Letak" di menu pita Word.
  • Orientasi: Di grup "Atur Halaman", kalian akan menemukan opsi "Orientasi". Klik pada panah bawah di sebelahnya.
  • Pilih Lanskap: Dari menu dropdown, pilih "Lanskap".
  • Simpan Dokumen: Pastikan untuk menyimpan dokumen kamu setelah melakukan perubahan.

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, dokumen kalian akan berubah menjadi orientasi lanskap. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, beri tahu saya!

Sederhana, bukan? 

Mengubah orientasi halaman dalam Microsoft Word menjadi Lanscape. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat mengatur dokumen sesuai kebutuhan kalian. Jadi, mulailah bermain-main dengan orientasi halaman dan ciptakan dokumen yang menarik dan terstruktur dengan baik.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat! Jangan ragu untuk bertanya jika kalian memiliki pertanyaan lebih lanjut. Kami senang bisa membantu. Terima kasih! 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter