-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Mengunci PowerPoint Agar Tidak Bisa Diedit. Ikuti 3 Cara Ini!

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Ada saatnya, kamu pasti perlu melakukan presentasi dengan data dan informasi yang penting serta sensitif. Oleh karena itu, mengetahui cara mengunci file powerpoint agar tidak bisa diedit sangatlah penting.

Cara Mengunci PowerPoint Agar Tidak Bisa Diedit


Mengapa Perlu Mengunci PowerPoint?

Mengunci PowerPoint menjadi penting guna memproteksi file yang telah dibuat agar tidak bisa sembarangan dibuka, dicopy, diedit, dirubah atau bahkan dihapus orang lain tanpa software tambahan apapun. 
Dengan mengunci PowerPoint, kamu bisa menjaga keamanan data dan informasi serta tetap dapat melakukan kontrol konten.

Nah, sekarang bagaimana sih cara mengunci file power point agar tetap aman? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Mengunci PowerPoint Agar Tidak Bisa Diedit

1. Menggunakan Password

Mengunci presentasi dengan password adalah salah satu langkah yang bisa kamu pilih. Tapi perlu diingat, tidak sembarang password bisa melindungi dengan baik. Banyak yang berpikir bahwa membuat password adalah hal yang mudah. Pada kenyataannya tidak semua password diciptakan sama. 
Oleh karena itu, sangat diperlukan membuat pasword yang kuat sebagai salah satu pertahanan pertama terhadap orang yang mencoba membuka presentasimu tanpa izin. 

Bagaimana cara mengunci dengan password? Berikut langkahnya.

  • Langkah pertama kamu perlu masuk pada opsi File kemudian klik Info, Protect Presentation, Encrypt with Password.
  • Setelah itu masukkan Password yang kamu inginkan. Pilihlah pasword dengan perpaduan angka dan huruf dengan tujuan menambah keamungkinan orang lain dapat mengetahuinya.
  • Terakhir masukkan sekali lagi Password yang sama untuk konfirmasi. Kemudian kamu bisa menyimpan file presentasi seperti biasanya lewat menu “save”.
Saat ingin membuka file presentasi PowerPoint tersebut, maka kamu ataupun orang lain harus memasukkan passwordnya.

Jadi jika presentasi secara tidak sengaja terkirim ke orang lain, maka mereka tidak serta merta bisa membukanya tanpa memiliki password yang dibutuhkan.
Tips membuat pasword yang baik.

  • Menggunakan Kombinasi yang Kuat
  • Memperbarui Penguncian Secara Berkala
  • Memastikan PowerPoint Anda Aman
  • Backup File PowerPoint
  • Menyimpan Password dengan Aman
  • Mengawasi Akses ke File PowerPoint

2. Menggunakan Fitur Enskripsi

Enkripsi bekerja dengan cara mengacak data dalam presentasi sehingga hanya orang yang memiliki "kunci" enkripsi yang dapat mengembalikannya ke bentuk semula. Dengan cara ini kamu bisa melindungi presentasi dengan kuat. 

Langkah-langkah Menggunakan Fitur Enkripsi

Bagaimana cara mengaktifkan fitur enkripsi dalam PowerPoint? Ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  • Membuka PowerPoint dan Memilih Presentasi

Langkah pertama adalah dengan membuka aplikasi PowerPoint dan memilih presentasi yang ingin kamu enkripsi. 
  • Pilih "File" dan "Info"
Selanjutnya, peilihlah menu tab "File" dan klik "Info". Di sini, kamu akan menemukan opsi "Enkripsi dengan Sandi." Kemudian klik opsi itu.

  • Tentukan Sandi Enkripsi
Setelah memilih opsi enkripsi, kamu akan diminta untuk menentukan sandi enkripsi. Pastikan sandi yang kamu pilih kuat dan aman dengan menggunakan kombinasi yang kuat.

  • Simpan Presentasi yang Telah Dienkripsi
Setelah menentukan sandi, klik "OK" dan simpan presentasi. Sekarang, presentasimu telah dienkripsi dan aman dari mata yang tidak diinginkan.

3. Menggunakan File PDF

Format PDF dapat melindungi presentasi dengan cara mengunci semua elemen presentasi, dengan demikian, presentasi yang telah dibuat hanya bisa dilihat dan dicetak, bukan diedit. Ini adalah cara efektif untuk mencegah perubahan yang tidak diinginkan.

Langkah-langkah Mengunci PowerPoint ke Format PDF

Bagaimana cara mengunci presentasimu dengan format file PDF? Ikuti beberapa langkah berikut ini agar kamu dapat melakukannya dengan mudah.

  • Buka Presentasi PowerPoint
Langkah pertamanya adalah dengan membuka presentasi PowerPoint yang ingin kamu ubah ke format PDF. Pastikan sudah menyimpannya dengan benar.

  • Pilih "File" dan "Simpan Sebagai"
Selanjutnya, pergilah ke tab "File" dan pilih "Simpan Sebagai." Di sana, kamu akan melihat opsi untuk menyimpan presentasimu dalam format PDF.

  • Tentukan Nama dan Lokasi
Setelah memilih format PDF, tentukan nama file dan lokasi di mana kamu ingin menyimpannya. Pastikan untuk memberikan nama file yang jelas.

  • Pilih Opsi Keamanan
Dalam beberapa kasus, kamu dapat mengatur opsi keamanan untuk file PDF, seperti memasang sandi. Ini adalah langkah ekstra untuk melindungi presentasi yang telah dibuat.

  • Klik "Simpan"
Setelah mengatur semua pengaturan, jangan lupa untuk klik "Simpan." Presentasimu akan tersimpan dalam format file PDF sehingga aman dari perubahan yang tidak diinginkan.


Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin Mengunci PowerPoint agar tidak bisa diedit. Dari penjelasan artikel ini kita tahu bahwa keamanan adalah kunci dari keberhasilanmu dalam melindungi presentasi yang telah diibuat.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana, bisa menciptakan perlindungan yang besar bagi PowerPointmu. Oke, jangan lupa untuk memberikan perlindungan ekstra dan memastikan presentasimu tetap utuh. Terima kasih telah membaca, dan selamat mengunci presentasimu!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter