-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Mengatasi Masalah PowerPoint, Tidak Bisa Membuka File PPT/PPTX

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Triprofik.com Kali ini masih seputar powerpoint nih, Khususnya membahas Mengatasi Masalah PowerPoint Tidak Bisa Membuka File PPT/PPTX.

Saya yakin kamu pernah mengalami momen ketika kamu ingin membuka file PowerPoint yang sudah kamu tunggu-tunggu, tetapi tiba-tiba file tersebut enggan untuk terbuka. Rasanya sangat frustrasi, bukan? 

Saya juga pernah merasakannya. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, saya akan berbagi denganmu cara mengatasi masalah ketika PowerPoint tidak bisa membuka file PPT atau PPTX yang seringkali membuat kita kesal. Mari kita mulai!

Masalah PowerPoint Tidak bisa dibuka Kadang bikin Jengkel


Sebentar, sebelum membahas cara mengatasi Power point tidak bisa dibuka, .. Sepakat dong kalau pas lagi butuh butuhanya presentasi malah muncul berbagai pesan yang bikin kita jengkel.

Kadang-kadang, ketika kita ingin membuka file PPT atau PPTX yang kita unduh dari internet atau terima melalui email, muncul notifikasi yang menyatakan masalah pada file tersebut. Notifikasi seperti "Word Experienced and Error Trying to Open The File" atau "Powerpoint can't open the type of file represented by" seringkali membuat hati kita berdebar. Apa yang harus kita lakukan dalam situasi ini?

Cara Membuka File PowerPoint yang Tidak Bisa Dibuka

Oke, mari kita bahas apa saja sih yang bisa kalian lakukan supaya presentasi bisa berjalan dengan lancar dan aman?

1. Buka Blokir File PPT/PPTX

Jika kamu mendapatkan notifikasi seperti yang disebutkan di atas, kemungkinan besar file PPT/PPTX tersebut diblokir oleh sistem Windows. Untungnya, mengatasi ini cukup mudah. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka file PPT/PPTX yang tidak bisa dibuka.
  • Klik kanan pada file tersebut dan pilih "Properties."
  • Di jendela "Properties," pilih tab "General," lalu pada bagian "Security," klik tombol "Unblock."
  • Terakhir, klik "Apply" dan kemudian "OK."

Dengan langkah-langkah sederhana ini, kamu dapat membuka file PowerPointmu tanpa harus menghapus atau mendownloadnya lagi.

2. Nonaktifkan Mode "View Protected"

Jika kedua cara di atas masih tidak berhasil, pertimbangkan untuk menonaktifkan "View Protected" di PowerPoint.

  1. Buka aplikasi Microsoft PowerPoint, lalu pilih "File" dan kemudian "Options."
  2. Saat muncul jendela "PowerPoint Options," pilih "Trust Center" atau klik tombol "Trust Center Settings."
  3. Di tab "View Protected," hilangkan centang pada tiga properti berikut untuk menonaktifkan mode "View Protected" yang membatasi fungsi pengeditan:

  • Enable Protected View for files originating from Internet.
  • Enable Protected View for files located in potentially unsafe locations.
  • Enable Protected View for Outlook attachments.
  • Terakhir, klik "OK" untuk menyelesaikan dan coba buka kembali file PPT/PPTX.

3. Gunakan Fitur "File Repair"

Jika setelah menghapus blokir file kamu masih tidak bisa membukanya, kemungkinan file PPT/PPTX tersebut telah rusak. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mencoba fitur "Open and Repair" yang tersedia di Microsoft PowerPoint.

  • Buka aplikasi Microsoft PowerPoint, lalu pilih "File" dan kemudian "Open."
  • Cari file PPT/PPTX yang bermasalah, dan klik pada file tersebut.

Untuk membuka opsi tambahan, klik ikon segitiga mengarah ke bawah, lalu pilih "Open and Repair" untuk membiarkan sistem memperbaiki file tersebut.

Penutup, Mengatasi Powerpoint tidak bisa dibuka

Demikianlah beberapa metode yang berguna untuk mengatasi masalah saat PowerPoint tidak bisa membuka file PPT/PPTX. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dan membantu mengatasi kesulitanmu. Jika kamu memiliki pertanyaan atau pengalaman lain terkait masalah ini, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar di bawah artikel ini. Kami akan dengan senang hati memberikan dukungan!

Sekian artikel mengenai cara membuka file PowerPoint yang tidak bisa dibuka. Saya yakin setelah membaca artikel ini, masalah kamu akan terselesaikan. Terima kasih telah membaca, dan semoga hari kamu menyenangkan!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter