-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Ini Dia Cara Mengunci WhatsApp dengan Sidik Jari, Pola, dan PIN

Posting Komentar
Konten [Tampil]

WhatsApp telah menjadi salah satu cara komunikasi yang paling kuat dan populer di seluruh dunia. Dengan lebih dari dua miliar pengguna, aplikasi yang dikembangkan oleh Facebook ini telah menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk berkomunikasi dengan orang lain. 

Namun, dengan semua orang yang menggunakan WhatsApp (WA), terkadang kamu ingin memastikan bahwa data pribadi aman dan terlindungi. 

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengunci WhatsApp dengan sidik jari, pola, atau pun PIN.

Cara Mengunci WA dengan Sidik Jari

Cara mengunci whatsapp

Dengan menggunakan sidik jari, kamu dapat pastikan bahwa hanya orang-orang yang kamu percaya yang dapat mengakses data di dalam aplikasi WA.

 Ini akan melindungi kamu dari orang yang tidak dikenal yang ingin mengakses data pribadi kamu. Nah, cara mengunci WA dengan sidik jari sangat mudah. 

Pertama, kamu harus memastikan bahwa ponsel kamu mendukung fitur pengenalan sidik jari. Jika tidak, kamu harus membeli smartphone baru yang mendukung fitur tersebut.

Setelah memastikan ponsel memiliki fitur pengenalan sidik jari, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengunci WhatsApp kamu, yuk!

  • Membuka aplikasi WhatsApp dan memilih pengaturan.
  • Di sana, kamu akan melihat opsi “Kunci Aplikasi”.
  • Pilih opsi tersebut dan kamu akan melihat beberapa opsi lain yang dapat digunakan untuk mengunci aplikasi.
  • Pilih opsi “Pengenalan Sidik Jari” dan ikuti langkah-langkah untuk mengatur sidik jari.
  • Setelah itu, aktifkan pengenalan sidik jari. Ini akan memungkinkan kamu mengunci dan membuka aplikasi dengan cepat dan mudah.

Setelah mengaktifkan pengenalan sidik jari, kamu akan diminta untuk menyimpan sidik jari pribadi. Dengan begitu, kamu dapat membuka aplikasi hanya meletakkan jari di sensor ponsel.

Jika sidik jari sudah tersimpan, kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi. Ini akan memastikan bahwa hanya orang yang kamu percaya yang dapat mengakses aplikasi WA kamu.

Setelah memasukkan kata sandi, aplikasi WA pun telah berhasil dikunci.

Selanjutnya, kamu dapat mengatur pengingat otomatis supaya aplikasi WA langsung terkunci setelah setiap kali menggunakannya.

Cara Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi Supaya Tetap Aman

Sebagai aplikasi pesan, WhatsApp seringkali digunakan untuk berbagi informasi yang bersifat rahasia maupun pribadi. 

Oleh karena itu, diperlukan suatu proteksi yang bisa membuat akun WhatsApp anda terlindungi. Salah satunya adalah dengan mengunci aplikasi WhatsApp pada smartphone kalian. 

Berbagai tipe smartphone menawarkan cara yang mudah untuk mengunci suatu aplikasi, termasuk WhatsApp. 

Kini tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk mengunci suatu aplikasi. Berikut ini adalah cara mengunci aplikasi WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi tambahan:

HP Samsung

Bagi Anda pengguna Samsung, Samsung menawarkan fitur yang bisa mengunci aplikasi-aplikasi yang ada pada smartphone Anda, cara penggunaannya pun cukup sederhana. Berikut ini adalah cara menggunakannya:

  • Buka setelan pada smartphone Anda.
  • Pilih Advanced Features.
  • Buka opsi AppLock.
  • Kemudian klik pilihan ON.
  • Atur metode penguncian yang akan Anda gunakan.
  • Jika sudah diatur, pilih WhatsApp.
  • Aktifkan pengunci pada WhatsApp.

HP Xiaomi

Cara mengunci aplikasi WhatsApp di Xiaomi pun cukup mudah. Berikut ini adalah caranya:

  • Buka setelan pada smartphone Vivo Kalian.
  • Masuk ke Kunci Aplikasi dan masukkan pola yang sudah Anda atur.
  • Pilih WhatsApp dan aktifkan penguncian.
  • WhatsApp sudah terkunci. Untuk mencobanya anda bisa membuka WhatsApp.

HP Vivo

Bagi Anda yang menggunakan smartphone Vivo tidak perlu khawatir karena Vivo memiliki fitur untuk mengunci aplikasi, termasuk WhatsApp. Berikut ini adalah cara menggunakannya:

  • Buka pengaturan di smartphone Anda.
  • Pilih menu Keamanan.
  • Kemudian, pilih Privasi & Enkripsi Aplikasi.
  • Atur kata sandi Anda.
  • Selanjutnya, aktifkan kunci pada aplikasi WhatsApp.

HP ASUS

HP ASUS yang terkenal dengan seri Zenfone juga dilengkapi dengan fitur pengunci aplikasi. Fitur ini bisa ditemukan pada seri-sei lawas hingga yang terbaru. Berikut ini adalah cara mengaktifkan fitur tersebut:

  • Tekan layar beranda beberapa saat dan buka menu Kelola Rumah.
  • Pilih App Lock.
  • Atur kunci yang akan digunakan.
  • Aktifkan aplikasi pengunci pada WhatsApp.

HP OPPO

Sebagai salah satu tipe smartphone yang banyak digunakan di Indonesia, OPPO juga menawarkan fitur yang bisa membantu kalian dalam mengunci aplikasi, salah satunya adalah WhatsApp. Berikut ini adalah cara mengaktifkannya:

  • Buka pengaturan.
  • Pilih menu Layar Kunci & Kata Sandi.
  • Pilih menu Enskripsi Asli.
  • Atur kunci yang akan Anda gunakan.

5 Tips Aman Mengunci WhatsApp agar Tidak Diintip Orang Lain

Smartphone yang digunakan setiap orang memiliki privasi masing-masing. Hal ini termasuk isi di dalamnya seperti foto, video, email, pesan singkat, hingga aplikasi perpesanan, salah satunya WhatsApp. 

Disinilah salah satu pentingnya mengetahui cara mengunci whatsapp di smartphone kalian.

Ketika orang lain dengan sengaja membuka smartphone kamu, tentunya hal ini merupakan sebuah pelanggaran privasi. 

Misalnya saja membuka isi pesan WhatsApp yang dilakukan karena iseng atau kepo sehingga tahu masalah pribadi kamu saat ini. Oleh karena itu, mengunci WhatsApp menjadi solusi tepat untuk menghindari hal-hal tersebut. 

Apalagi jika WhatsApp dipakai untuk hal-hal yang membuat kamu malu seperti mengirim pesan ke orang lain karena bercanda. Nah, berikut ini tips aman yang bisa dilakukan untuk mengunci WhatsApp sehingga tidak bisa diintip maupun diisengi oleh orang lain.

  1. Pastikan bahwa aplikasi WhatsApp sudah update ke versi terbaru.
  2. Masuk ke aplikasi WhatsApp, lalu buka menu 'Settings'.
  3. Pilih 'Account', lalu masuk ke 'Privacy'.
  4. Scroll ke bawah sampai menemukan pilihan 'Fingerprint lock'.
  5. Lalu, aktifkan toggle 'Unlock with fingerprint' dan klik 'Set up'.
  6. Setelah itu, pilih jenis kunci yang diinginkan seperti pattern atau pola, PIN, hingga sidik jari.

Ketika jenis kunci yang diinginkan sudah dipilih, maka ada sejumlah setelah berikutnya yang harus diatur. Mulai dari jeda waktu untuk mengaktifkan penguncian dan tampilan isi dari pesan yang ada di notifikasi. 

Di mana, untuk pilihan jeda waktu tersedia 'immediately' yang berarti WhatsApp akan langsung dikunci setelah layar ditutup atau menguncinya.

Lalu, ada juga pilihan lain yaitu setelah 1 menit atau 30 menit. Sedangkan untuk tampilan di notifikasi dapat diatur dengan cara mengaktifkannya yang ada pada bagian bawah jeda waktu penguncian. 

Ketika setelan ini diaktifkan, maka isi pesan masih bisa terbaca melalui notifikasi. Sementara jika tidak aktif, akses pesan hanya bisa dilakukan setelah pengguna masuk ke dalam WhatsApp.

Manfaat Mengunci Whatsapp di Hp Android

Mengunci WhatsApp memiliki berbagai manfaat yang sangat penting untuk melindungi data pribadi dan privasi pengguna. Berikut ini adalah beberapa manfaat mengunci WhatsApp:

  • Perlindungan Data Pribadi

Dengan Lock WhatsApp, pengguna dapat memastikan bahwa data pribadi seperti pesan, foto, video, dan dokumen yang ada di dalam aplikasi aman dari akses oleh orang lain yang tidak berwenang. Hal ini menghindari kemungkinan informasi sensitif jatuh ke tangan yang salah.

  • Mencegah Akses Tidak Sah

Tanpa penguncian, siapa pun yang memiliki akses ke ponsel pengguna dapat secara mudah membuka aplikasi WhatsApp dan melihat isi pesan atau konten lainnya. Dengan meengamankan WhatsApp, hanya pengguna yang memiliki kode akses atau fitur pengenalan sidik jari yang dapat membukanya.

  • Melindungi dari Pencurian Identitas

Pada beberapa kasus, peretas dapat mencoba menggunakan WhatsApp untuk memperoleh informasi pribadi dan mencuri identitas seseorang. Mengunci aplikasi WhatsApp dapat mengurangi risiko akses ilegal dan membantu melindungi identitas pengguna.

  • Keamanan Saat Ponsel Hilang atau Dicuri

Jika ponsel hilang atau dicuri, mengunci WhatsApp akan menjadi benteng pertama dalam melindungi data pengguna dari penggunaan yang tidak sah. Penguncian ini memberikan tambahan lapisan keamanan dan memberi waktu bagi pemilik untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

  • Mencegah Pelecehan dan Penyadapan

Dengan penguncian, orang lain tidak dapat membuka aplikasi WhatsApp pengguna dan membaca pesan-pesan pribadi tanpa izin. Hal ini membantu mencegah pelecehan atau penyadapan yang mungkin terjadi pada perangkat pengguna.

  • Pencegahan Pembelian Tidak Sah

Beberapa kasus telah dilaporkan di mana seseorang dapat menggunakan WhatsApp untuk melakukan transaksi atau pembelian tanpa izin. Setelah mengunci WhatsApp, pengguna dapat mencegah kemungkinan pembelian yang tidak sah atau kecurangan.

  • Melindungi dari Malware

Jika perangkat pengguna terinfeksi malware atau virus, mengunci WhatsApp dapat membantu mencegah akses ilegal atau penyebaran malware melalui aplikasi tersebut.

  • Privasi dalam Grup Chat

Jika ada beberapa anggota keluarga atau teman yang menggunakan ponsel yang sama, yangmengunci WhatsApp akan memastikan bahwa pesan pribadi dalam grup chat tetap rahasia dan tidak dapat diakses oleh orang lain.

Dengan berbagai manfaat yang disediakan oleh fitur penguncian WhatsApp, sangat penting bagi pengguna mengamankan dengan cara mengunci whatsapp untuk meningkatkan keamanan dan privasi mereka secara keseluruhan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter