-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Contoh Surat Lamaran: Panduan dan Tips

Posting Komentar
Konten [Tampil]


 Pengenalan

Apa itu surat lamaran?

Surat lamaran adalah dokumen tertulis yang dibuat oleh seseorang yang ingin melamar pekerjaan atau magang. Surat ini berfungsi untuk memperkenalkan diri, menyampaikan minat, dan menggambarkan keahlian serta pengalaman yang dimiliki oleh pelamar.


Tujuan surat lamaran

Tujuan utama surat lamaran adalah memberikan informasi kepada pihak yang bertanggung jawab dalam proses rekrutmen. Surat ini juga dapat menjadi alat untuk menarik perhatian pewawancara agar melihat potensi yang dimiliki oleh pelamar.


Jenis Surat Lamaran

Surat lamaran pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan adalah jenis surat lamaran yang paling umum digunakan. Surat ini dikirimkan kepada perusahaan atau organisasi yang sedang membuka lowongan kerja. Isi surat ini mencakup informasi mengenai posisi yang dilamar, motivasi, keahlian, dan pengalaman yang relevan.


Surat lamaran magang

Surat lamaran magang digunakan ketika seseorang ingin melamar sebagai peserta magang di suatu perusahaan atau lembaga. Surat ini berfungsi untuk menyampaikan minat, motivasi, dan alasan mengapa seseorang ingin mengikuti program magang tersebut. Isi surat lamaran magang juga mencakup kualifikasi pendidikan dan pengalaman yang relevan.


Struktur Surat Lamaran

Bagian pembuka

Bagian pembuka surat lamaran mencakup informasi pribadi seperti nama, alamat, dan kontak yang dapat dihubungi. Selain itu, bagian ini juga berisi salam pembuka yang sopan seperti "Yth." atau "Hormat saya".


Bagian isi

Bagian isi surat lamaran merupakan bagian yang menjelaskan minat dan motivasi pelamar terhadap posisi yang dilamar. Pelamar dapat menyampaikan alasan mengapa mereka tertarik pada perusahaan atau posisi tersebut. Selain itu, keahlian dan pengalaman yang relevan juga harus dijelaskan secara singkat namun jelas.


Bagian penutup

Bagian penutup surat lamaran berfungsi untuk mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan dan menyampaikan harapan untuk dapat diberikan kesempatan wawancara. Bagian ini ditutup dengan salam penutup seperti "Hormat saya" atau "Terima kasih".


Tips Menulis Surat Lamaran

Perhatikan format dan tata bahasa

Pastikan surat lamaran memiliki format yang jelas dan terstruktur dengan baik. Selain itu, perhatikan penggunaan tata bahasa yang baik dan benar agar surat terlihat profesional.


Personalisasi surat

Setiap surat lamaran harus disesuaikan dengan perusahaan atau posisi yang dilamar. Lakukan riset tentang perusahaan dan tunjukkan pengetahuan Anda dalam surat lamaran tersebut.


Singkat dan jelas

Usahakan untuk menulis surat lamaran secara singkat namun jelas. Hindari penggunaan kata-kata yang berlebihan dan fokuslah pada informasi yang relevan.


Sampaikan keahlian dan pengalaman

Jelaskan keahlian dan pengalaman yang dimiliki sesuai dengan posisi yang dilamar. Sampaikan dengan jelas bagaimana keahlian dan pengalaman tersebut dapat mendukung perusahaan.


Lampirkan CV dan dokumen pendukung

Pastikan untuk melampirkan CV dan dokumen pendukung lainnya seperti sertifikat atau referensi. Hal ini akan memberikan informasi lebih lanjut kepada pihak yang bertanggung jawab dalam proses rekrutmen.


Contoh Surat Lamaran

Contoh surat lamaran pekerjaan

...

[Write the content for the example of a job application letter]


Contoh surat lamaran magang

...

[Write the content for the example of an internship application letter]


Kesimpulan

Pentingnya surat lamaran yang baik

Surat lamaran yang baik dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan atau kesempatan magang yang diinginkan. Dengan mengikuti panduan dan tips yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menulis surat lamaran yang menarik perhatian dan memberikan gambaran yang positif tentang diri Anda.

Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter