-->

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Surat pengunduran diri kerja adalah salah satu dokumen penting yang harus disiapkan dengan cermat saat seseorang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan mereka. Surat ini berfungsi sebagai pemberitahuan resmi kepada perusahaan mengenai niat seseorang untuk mengakhiri hubungan kerja. Menulis surat pengunduran diri yang baik dan benar adalah langkah penting untuk menjaga integritas dan hubungan baik dengan perusahaan serta rekan kerja.

Ilustrasi: Surat Pengunduran Diri Kerja

Persiapan Sebelum Menulis Surat Pengunduran Diri

Sebelum mulai menulis surat pengunduran diri, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, evaluasi alasan Anda untuk mengundurkan diri. Pastikan alasan tersebut cukup kuat dan rasional. Selanjutnya, cari tahu kebijakan perusahaan terkait pengunduran diri. Beberapa perusahaan mungkin memiliki persyaratan khusus, seperti memberikan pemberitahuan tertentu sebelumnya.

Selain itu, siapkan juga dokumen-dokumen terkait seperti catatan kinerja, kontrak kerja, dan dokumen lain yang diperlukan. Hal ini akan membantu dalam menyusun surat pengunduran diri dengan lebih baik.

Format Surat Pengunduran Diri yang Benar

Sebelum masuk ke konten surat pengunduran diri, penting untuk mengikuti format yang benar. Berikut adalah beberapa elemen yang harus ada dalam surat pengunduran diri:

Nama dan alamat lengkap: Letakkan nama lengkap dan alamat Anda di pojok kiri atas surat.

Tanggal penulisan: Tuliskan tanggal saat surat pengunduran diri ditulis di bawah nama Anda.

Nama dan jabatan penerima surat: Sertakan nama dan jabatan atasan atau orang yang bertanggung jawab menerima surat pengunduran diri di bawah tanggal.

Isi surat pengunduran diri: Bagian ini akan dijelaskan lebih detail dalam subjudul berikutnya.

Isi Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Isi surat pengunduran diri adalah inti dari dokumen ini. Pastikan Anda menyampaikan niat pengunduran diri secara jelas dan singkat. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam isi surat pengunduran diri:

  1. Menyampaikan niat pengunduran diri dengan jelas dan singkat: Sampaikan niat Anda untuk mengundurkan diri secara tegas, tanpa meninggalkan ruang tafsir atau keraguan.

  2. Menyebutkan tanggal efektif pengunduran diri: Beritahukan tanggal ketika Anda ingin pengunduran diri tersebut berlaku. Usahakan memberikan pemberitahuan yang wajar sesuai dengan kebijakan perusahaan.

  3. Memberikan penjelasan yang sopan mengenai alasan pengunduran diri: Jelaskan alasan pengunduran diri Anda secara singkat namun sopan. Hindari mengkritik atau mencela perusahaan atau rekan kerja Anda.

  4. Menyatakan rasa terima kasih dan apresiasi kepada perusahaan: Luangkan waktu untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh perusahaan dan apresiasi terhadap pengalaman kerja yang Anda dapatkan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Benar

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri kerja yang sesuai dengan format yang telah dijelaskan sebelumnya:

[Contoh Surat Pengunduran Diri]

[Rancaekek, Bandung] [11-Mei-2003]

[PT Aneka Karton Box] [Jln. IR. Sukarno] [Bandung, 7853]

Perihal: Pengunduran Diri dari Pekerjaan

Kepada [Bpk. Fuad],

Saya, Nonong, dengan ini mengajukan pengunduran diri saya dari posisi [Packing] di [PT Aneka Karton Box]. Saya ingin memberi tahu Anda bahwa saya tidak akan lagi dapat melanjutkan tanggung jawab saya di perusahaan ini mulai dari [12-Mei-2003], sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Pengunduran diri ini bukanlah keputusan yang saya buat dengan gegabah. Setelah mempertimbangkan secara matang dan memperhatikan perkembangan karier saya, saya telah memutuskan untuk mengambil langkah ini guna mengejar peluang baru yang telah muncul di hadapan saya.

Saya merasa beruntung telah bekerja di [PT Aneka Karton Box] selama [2Tahun]. Selama masa kerja saya di sini, saya telah belajar banyak hal berharga dan telah mengalami perkembangan yang signifikan. Saya berterima kasih kepada manajemen yang luar biasa, rekan kerja yang hebat, dan pengalaman yang berharga yang saya dapatkan selama berada di perusahaan ini.

Saya berkomitmen untuk memberikan kontribusi maksimal selama masa pemberitahuan pengunduran diri ini. Saya siap untuk membantu dalam proses transisi dan menyelesaikan pekerjaan yang saya tangani saat ini. Saya akan berusaha keras agar proses pengunduran diri ini tidak memberikan dampak negatif terhadap kelancaran operasional departemen dan perusahaan secara keseluruhan.

Saya meminta agar Anda memberikan petunjuk lebih lanjut mengenai prosedur pengunduran diri ini, termasuk hal-hal yang perlu saya perhatikan dan tindakan yang harus saya ambil. Saya juga siap untuk bertemu dengan Anda dan mendiskusikan masalah ini secara langsung jika dianggap perlu.

Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda dan seluruh tim di [Nama Perusahaan/Organisasi] atas dukungan dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya selama bekerja di sini. Saya sangat menghargainya.

Sekali lagi, saya memohon maaf atas segala ketidaknyamanan yang mungkin terjadi akibat pengunduran diri ini. Saya berharap agar hubungan baik antara kita tetap terjaga di masa depan.

Hormat saya,

[Nonong] [Packing] [Tanda Tangan]

Catatan: Pastikan untuk menyesuaikan surat pengunduran diri di atas dengan keadaan Anda sendiri, termasuk tanggal pengunduran diri, alamat perusahaan, dan pengalaman kerja pribadi Anda. Juga, jangan lupa untuk mencetak surat ini, menambahkan tanda tangan Anda, dan mengirimkan salinan kepada pihak yang berwenang dengan metode yang sesuai (misalnya, melalui pos atau email)

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri yang Efektif

Selain mengikuti format yang benar, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda menulis surat pengunduran diri yang efektif:

  • Gunakan bahasa formal dan sopan dalam surat pengunduran diri.
  • Sampaikan pesan Anda dengan jelas dan tegas, tanpa ambigu atau keraguan.
  • Jaga sikap profesional dalam setiap kata yang Anda tulis.
  • Hindari mencela atau mengkritik perusahaan atau individu di dalam surat pengunduran diri.

Langkah-langkah Setelah Mengirim Surat Pengunduran Diri

Setelah mengirim surat pengunduran diri, ada beberapa langkah yang perlu Anda ambil:

  • Sampaikan pemberitahuan kepada rekan kerja dan atasan mengenai niat Anda untuk mengundurkan diri.
  • Selesaikan tanggung jawab pekerjaan Anda sebaik mungkin dan bantu dalam proses transisi kepada pengganti Anda.
  • Jaga hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan Anda meskipun Anda akan meninggalkan perusahaan.

Kesimpulannya

Menulis surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar adalah langkah penting dalam proses mengakhiri hubungan kerja dengan perusahaan. Dengan mengikuti format yang benar dan menyampaikan niat pengunduran diri dengan sopan, Anda dapat menjaga integritas dan hubungan baik dengan perusahaan serta rekan kerja. Penting juga untuk mengambil langkah-langkah setelah mengirim surat pengunduran diri agar proses pengunduran diri berjalan lancar.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah saya harus memberikan alasan pengunduran diri secara rinci? Tidak perlu memberikan alasan yang terlalu rinci. Cukup sampaikan alasan pengunduran diri secara singkat dan sopan.

Bagaimana cara menyampaikan surat pengunduran diri kepada atasan? Anda dapat menyampaikan surat pengunduran diri secara langsung kepada atasan atau melalui email dengan menambahkan salinan kepada pihak yang berwenang.

Apakah saya perlu menyebutkan pengalaman kerja di surat pengunduran diri? Tidak wajib, tetapi menyebutkan pengalaman kerja atau pelajaran yang Anda dapatkan selama bekerja dapat memberikan kesan positif.

Berapa lama sebaiknya saya memberikan pemberitahuan pengunduran diri sebelumnya? Berikan pemberitahuan pengunduran diri sesuai dengan kebijakan perusahaan atau minimal dua minggu sebelum tanggal efektif pengunduran diri.

Apa yang harus saya lakukan jika perusahaan menolak surat pengunduran diri saya? Jika perusahaan menolak surat pengunduran diri Anda, coba komunikasikan alasan Anda dengan jelas dan terbuka. Diskusikan kemungkinan solusi atau kesepakatan bersama perusahaan.

Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter