-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Tips Mendidik Anak TK Agar Cepat Bisa Membaca

Post a Comment

     Anda seorang pengajar anak Tk? namun masih kebingungan bagaimana cara mengajarkan anak Tk untuk bisa membaca?nah ini adalah artikel untuk jawaban dari permasalahan anda.ketika seorang anak sudah memasuki usia sekolah maka mereka akan dituntut agar bisa menguasai beberapa keterampilan seperti membaca misalnya.carilah metode belajar yang semenarik mungkin agar mereka tidak merasa jenuh dan bosen ketika belajar. tentunya bukanlah perkara yang mudah untuk bisa mengajarkan mereka bisa membaca namun apa sih yang gak mungkin.untuk anak seusia mereka pastinya hanya akan sibuk bermain nah maka dari itu anda sebagai pengajar harus pintar-pintar memikirkan metode bagaimana cara agar anak bisa cepat belajar membaca tetapi menggunakan cara yang seru dan menyenangkan.berikut ini kami akan memberikan Tips Mendidik Anak TK Agar Bisa Membaca:



cara cepat mengajar anak membaca 

Berikut kami akan membagikan beberapa tips agar anak bisa cepat membaca.dimulai dengan mengenalkan huruf,hingga melatih mereka membaca secara penuh.

  1. Pengenalan huruf menggunakan cara yang menyenangkan

    Sebelum kita mengajari langsung mereka untuk membaca tentunya mereka pasti akan melewati proses pengenalan huruf terlebih dahulu.jadi langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengenalkan mereka tentang huruf tetapi sebisa mungkin menggunkan metode pembelajaran  yang menyenangkan.mengapa harus begitu?karena anak-anak akan mudah mengingat dan menghafalkan apabila sesuatu yang mereka pelajar itu seru dan mengasyikkan.caranya,anda bisa mengunakan alat peraga untuk pengenalan huruf-huruf tadi atau bisa juga dengan menggunakan gambar yang penuh dengan warna-warna yang menarik.atau bisa juga dengan menggunakan metode bernyanyi sambil lalu menempelkan huruf di alat peraga.perkenalkanlah juga kepada mereka tentang cara pengucapan huruf-huruf yang benar.

     2.Ajarilah menghafal suku kata 

       Setelah mereka sudah mengusai pengucapan huruf,maka selanjutnya adalah proses untuk mengajari mereka menghafalkan suku kata.untuk permulaan ajarilah mereka huruf konsonan dari B sampai Z lalu diikuti huruf vokal A,I,U,E dan O.Misalnya ca,ci,cu,ce,co dan seterusnya.maka nantinya secara nertahap mereka akan menghafal huruf dan suku kata.

     3.Ajaklah untuk membaca suku kata variatif
    
       Pada tahapan selanjutnya adalah mengenalkan kepada mereka suku kata yang lebih variatif tetapi mudah untuk dihafalkan dan diakhiri oleh huruf vokal.seperti kata bo-la,bu-ku,dan masih banyak yang lainnya.hindarilah mengenalkan mereka suku kata yang akhiran huruf mati karena masih proses penguasaan tahap ini terlebih dahulu.

     4.Kenalkanlah huruf mati
       Pastikan anak didik anda sudah benar-benar melewati tahapan ketiga tadi sebelum memasuki tahapan ini.pada tahapan keempat ini anda bisa mulai untuk mengenalkan huruf mati.caranya adalah mengenalkan kepada mereka huruf seperti :"ny","ng",dan yang lainnya.

     5.Mengajarkan membaca kata secara utuh
          Mengajari mereka dengan metode tanpa mengeja memang terdengar sangat sulit.untuk awal-awal mungkin mereka akan menemukan banyak kesulitan,sehingga mengharuskan mereka untuk mengeja.nah disinilah peran anda sebagai pengajar agar terus konsisten melatih mereka agar bisa membaca tanpa mengeja.lama-kelamaan mereka pasti akan mulai lancar membaca.itulah beberapa tips mendidik anak TK agar cepat bisa membaca.


    Perbedaan teknik mengeja dengan tanpa mengeja

    Sebenarnya untuk masalah teknik ini tidak memiliki banyak perbedaan,hanya saja untuk teknik pengejaan dilatih untuk mengeja beberapa penggabungan dua huruf,sedangkan teknik yang kita bahas tadi tidak perlu mengeja dari huruf satu ke huruf yang lain,tetapi anak langsung diajarkan untuk menghafalkan suku-suku kata.

    Tips Menerapkan Tanpa Mengeja

    Agar anda berhasil dalam menerapkan tips di atas,maka akan diperlukan beberapa teknik khusus,yaitu sebagai berikut:
  • Gunakanlah beberapa media belajar
  • Ajarilah mereka sambil bermain
  • Berilah batasan waktu
  • Sesuaikanlah dengan mood mereka
Nah itulah beberapa tips mendidik anak Tk agar cepat bisa membaca semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.sekian terimakasih.






Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close