-->

Ad Unit (Iklan) BIG

20 Resep Masakan Udang Enak Dan Praktis Khas Nusantara

Post a Comment
Triprofik.com-Resep Masakan Udang Enak Dan Praktis-Indonesia itu mempunyai alam yang luas serta laut dengan biotanya yang beraneka ragam, banyak yang dapat kita jadikan menu masakan khas dengan keberadaan Indonesia ini, di antaranya Udang, udang memang jenis hewan kecil yang memiliki cita rasa nusantara banget, udang mengingatkanku pada masa kecil saat berburunya di sungai, namanya juga hidup didesa dan pengen makan udang, jadi jalan satu-satunya dengan berburunya di sungai wal hasil hanya nemu satu itupun gak digoreng tapi di bakar ditempat, nah suasana yang seperti ini jarang kita temui sekarang.

Udang Jika di kota menjadi masakan favorit banyak orang tapi kalau di desa udang jarang mengisi menu masakan daour, mungkin karena sulitnya didapat atau mungkin memang orang desa kurang suka masakan udang, namun tidak sedikit yang suka dengan udang, menu masakan udang itu banyak sekali jika kamu pintar mengolahnya, dan berikut ini resep masakan udang enak dan praktis.

Berbagai macam resep masakan udang, udang tidak hanya di tumis dan di goreng, adanya banyak rasa yang dapat kita terapkan pada udang, bisa pedas, pedas manis, asam manis, dan lainnya sebagainya, untuk lebih lengkapnya silahkan simak kumpulan resepnya di bawah ini.

Ini Dia aneka resep masakan udang praktis

sumber gambar cookpad


1.Udang Goreng Cabe Ijo
Resep yang pertama ini mungkin udah pada tau, karena dari namanya aja ada Cabe ijonya, pasti semua orang tau kan cabe itu apa? rasanya yang pedas dicampur dengan udang, pasti bisa di bayangin seperti apa rasanya, yuk ikutin resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang harus di sediakan


  1. 500 gr udang
  2. 1 sdm air asam
  3. 4 lb daun jeruk
  4. 1 btg serai
  5. 2 sdm saus tiram
  6. Garam, gula, kaldu jamur
  7. cabe ijo keriting, iris secukupnya
  8. 1/2 btr bawang bombay
  9. 5 bawang merah, iris
  10. 3 bawang putih, iris
  11. 2 tomat ijo kecil
Kemudian ikuti petunjuk dan langkah pembuatannya


1.Tumis udang dengan sedikit margarin/ minyak hingga matang, tambahkan air asam, nanti air udangnya jangan dibuang, sisihkan

2.Tumis bumbu iris, tambah daun jeruk, serai, gula, garam, kaldu, masak hingga wangi, tambahkan saus tiram

3.Tambahkan udang berikut airnya, masak hingga bumbu meresap, setelah itu udang siap untuk di sajikan.

Diterbitkan oleh Tunik dari Cookpad

2.Resep masak udang kecil bumbu kuning pedas

sumber gambar: cookpad
Untuk yang ini bahan udangnya berukuran kecil dan mungil, maka bagi bunda yang mempunyai udang kecil boleh deh coba resep yang ini, berikut bahannya

  1. 500 gr udang (buang kepalanya): ini aku pake udang jambu ya moms
  2. 11 buah cabai rawit
  3. 3 siung bawang merah
  4. 1 siung bawang putih
  5. 1 ruas kunyit ukuran agak besar
  6. 4 buah cabai merah
  7. 1/2 buah tomat
  8. Gula merah
  9. Bumbu lain
  10. Garam
  11. Penyedap
  12. Daun salam
Langkah

1.Haluskan bumbu


2.Tumis bumbu sampai wangi tambahkan garam, penyedap dan daun salam


3.Beri sedikit air aja soalnya udang mengandung air ya gaesss

4.Masukan udang tunggu sampai air benar benar habis

5.Sajikan di saat udang sudah benar benar sedap

Diterbitkan oleh Annisa nur azmi dari cookpad

3.Balado udang kentang pete

gambar cookpad

  • 1/4 kg udang besar
  • 1 butir kentang besar
  • 1 batang pete, kupas kulitnya
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putuh
  • 1/2 sdt merica
  • 1 buah tomat
  • 2 cabai merah besar
  • 3 cabai kecil
  • 1 sdm saori saus tiram
  • 2 sdm kecap manis
  • Garam
  • Gula
1.Bersihkan udang, potong kepala dan ekornya, cuci!

2.Kupas kentang dan potong kecil kecil.

3.Kupas pete dan belah jadi 2.

4.Blender bumbu (bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai kecil, tomat)

5.Tumis bumbu yang sudah di blender,

6.Masukkan kentang

7.Masukkan pete

8.Tambah air, masak hingga air mulai meresap.

9.Masukkan udang, saos tiram, garam, gula, kecap.

10.Masak hingga udang matang, tapi jangan terlalu lama agar udang tidak keras.

11.Balado udang kentang pete siap disajikan. =)

4.Udang goreng tepung Saus Telur Asin

gambar cookpad
Resep udang rumahan yang ini cukup menarik perhatian, karena dari namanya saja berkombinasi dan keliatan dari gambarnya sangat enak sekali, yuk simak resepnya seperti apa

  • 500 gr udang fillet
  • 250 gr tepung bumbu serbaguna (pakai kobe)
  • Bahan saus :
  • 4 kuning telur asin matang
  • 2 siung bawang putih,haluskan
  • 1 sdm margarin/mentega
  • 1 sdm susu fullcream
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • secukupnya Air
1.Cuci bersih udang. Lumuri dengan perasan lemon, diamkan sebentar lalu cuci kembali sampai bersih.

2.Ambil 2 sdm tepung bumbu, taruh dalam mangkok kecil. Beri air sedikit.

3.Masukkan udang kedalam larutan tepung bumbu. Lalu gulingkan kedalam tepung bumbu. Lakukan sampai semua udang habis.

4.Panaskan minyak goreng, goreng udang sampai matang. Angkat dan tiriskan.

5.Bikin saus : lumatkan kuning telur asin. Panaskan margarin tumis bawang putih sampai harum.

6.Masukkan kuning telur. Tambahkan lada, garam, dan kaldu bubuk. Aduk rata

7.Masukkan air dan susu fullcream. Aduk rata sampai teksturnya kental.

8.Sajikan udang gorneg tepung dengan tipping saus telur asin.

5.Udang Bakar


gambar cookpad


  • 1/2 kg Udang
  • 1/2 butir Lemon ukuran kecil, ambil airnya
  • Mentega
  • Bumbu Halus
  • 5 siung Bawang Merah
  • 3 siung Bawang Putih
  • 2 butir Kemiri
  • 1 ruas Kunyit
  • 1 sdm Ketumbar
  • Bumbu Marinasi
  • 2 sdm Kecap Manis
  • 1 sdm Saus Tiram
  • 1 sdm Saus Sambal

1.Cuci bersih udang. Rendam udang dengan air lemon sekitar 15 menit.

2.Campur bumbu halus dengan bumbu marinasi. Masukkan udang. Aduk rata. Biarkan selama minimal 30 menit

3.Siapkan teflon. Lelehkan mentega. Masukkan udang. Masak hingga matang dan agak kecoklatan. Gunakan api kecil.

4.Angkat dan sajikan ☺️

6.Udang Bakar Saus Madu


gambar cookpad


  • 150 gr udang
  • 1/2 jeruk nipis
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm saus tomat
  • secukupnya garam
  • 2 siung bp
  • 3 sdm madu
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt lada
  • 1/2 sdt ketumbar

1.Cuci bersih udang bersihkan kulitnya

2.Beri perasan jeruk nipis

3.Campur bumbu saus jadi satu

4.Beri bumbu saus pada udang marinasi 15-30menit

5.Setelah marinasi udang, susun udang pada tusuk sate

6.Panaskan teflon beri mentega lalu panggang udang

7.Bubuhi udang dengan sisa saus madu kemudian balik udang

8.Bakar udang sampai matang kemudian sajikan


7.Udang Pete saus tiram

gambar cookpad
Salah satu resep masakan udang saus tiram adalah menggunakan bahan pete sebagai kombinasi rasa khas nusantara, memang pete banyak yang tidak suka dengannya, namun rasanya yang nendang bikin orang berpikir dua kali untuk memakannya, disisi lain pete cenderung mengeluarkan bau tak sedap namun rasanya sangat sedap sekali, bahkan pete yang ada di Indonesia ini sangat sedap sekali jika dikombinasikan dengan masakan lain, contohnya udang, untuk mengikuti resepnya silahkan simak di bawah ini.

  • 1/2 kg udang buang kepalanya
  • 2 keris Pete kupas,
  • 1/4 bawang Bombay cincang halus
  • 3 buah cabe besar iris serong
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 1 ruas jahe iris korek api
  • 1 sereh geprek
  • Saus tiram
  • Saus tomat
  • Saus sambal
  • secukupnya Gula garam totole
  • Minyak goreng untuk menumis
1.Bersihkan terlebih dahulu udang nya,lalu cuci Pete sampai bersih

2.Tumis bawang Bombay sampai harum masukkan udang,jahe dan sereh, diamkan beberapa saat sampai matang.. setelah itu masukkan Pete,cabe dan bawang putih, gula garam totole secukupnya..saus tiram,saus tomat dan saus sambel nya juga.
3.Angkat dan sajikan 😋

8.Udang dan tahu kuah kuning Papua


gambar cookpad

  • 1/4 kg udang
  • 2 bungkus tahu
  • 5 siung Bawang merah
  • 5 siung Bawang putih
  • 2 buah cabe merah besar
  • 2 cm jahe
  • 4 buah kemiri
  • 10 buah cabe rawit
  • 1/2 sendok teh kunyit bubuk
  • 1 bt sereh
  • 2 lembar daun salam
  • Daun kemangi
  • secukupnya Garam
  • 1 sendok makan gula pasir
1.Bersihkan udang, buang kepalanya. Potong tahu berbentuk dadu.

2.Blender bawang merah, bawang putih, jahe, cabe merah dan kemiri. Tambahkan kunyit bubuk.

3.Tumis bumbu halus dan tambahkan sereh serta daun salam.

4.Setelah wangi, masukkan udang dan masak dengan bumbu hingga wangi. Lalu tambahkan air dan masak hingga mendidih

5.Setelah mendidih tambahkan tahu dan cabe rawit. Masak tahu hingga matang. Tambahkan gula dan garam serta perasan jeruk nipis. Sesuaikan rasa asam, pedas dan asinnya.

6.Terakhir tambahkan daun kemangi. Udang dan tahu kuah kuning siap disantap.

9.Tumis Pare Udang Merah


cookpad

  • 1 pare
  • 1 genggam udang
  • 1 Cabai merah besar
  • Sambal Masak
  • 2 Tomat
  • 10 Rawit
  • 3 Cabai keriting
  • 7 Bawang merah
  • 2 Bawang putih
  • Garam
  • Gula
  • 1 gelas Air
  • Bumbu tumis
  • Bawang bombay
  • Daun bawang
1.Potong-potong pare. Berikan 2,5 sdm Garam. Remas hingga keluar air hijau. Untuk mengurangi rasa pahit.

2.Tumis sampai wangi sambal sisa dengan bawang merah bawang putih yang di iris. Masukkan pare berikan air satu gelas. Sedikit asat berikan irisan cabai besar yang telah di buang bijinya iris miring,irisan bawang Bombay, dan irisan daun bawang

10.Udang Asam Manis

  • 250 gr udang, kupas, bersihkan
  • 1 batang wortel, potong korek api
  • Bumbu:
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 4 siung bawang merah, cincang
  • 3 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • 1/2 sdt lada
  • 1/2 sdt gula
  • 1/2 sdt kaldu
  • 1 sdm minyak untuk menumis
  • 100 ml air
1.Tumis bawang merah dan bawang putih

2.Masukkan wortel, masak hingga layu

3.Tambahkan air hingga mendidih, lalu masukkan saus tomat, saus tiram, gula, garam, kaldu, lada

4.Masukkan udang, aduk-aduk, masak sebentar, koreksi rasa, siap disajikan

Sebelum kita beranjak pada resep udang selanjutnya maka kami akan menyajikan resep masakan udang pedas yang mana katagori ini merupakan masakan udang dengan cita rasa pedas, nah bagi kalian yang suka pedas coba deh masakan udang dengan rasa pedas yang panas, tentu rasa pedas disini ada berbagai level, jika kalian sukanya level rendah maka jangan terlalu memaksakan untuk level tinggi, agar tidak berbahaya pada sakit perut. dan berikut ini resepnya.


11.Udang saos pedas simple


gambar cookpad


  • 1/4 kg udang (direbus dulu)
  • Tempe secukupnya (dipotong dadu)
  • Tomat (potong dadu)
  • Bawang bombai
  • Cabai merah besar (potong serong)
  • Daun bawang (potong halus)
  • Margarin (2 sendok)
  • Tepung maizena (opsional)
  • Bumbu halus
  • 4 bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 15 cabai rawit (sesuai selera)
  • Jahe (secukupnya)
  • Merica, gula, garam (sesuai selera)
  • Masako (secukupnya)
  • Saos-saos
  • Saos tiram (satu sachet)
  • Saos bangkok (3 sendok)
  • Kecap manis (2 sendok)
1.Haluskan bumbu halus.

2.Masukkan 2 sendok margarin, tumis bumbu halus hingga harum.

3.Masukkan udang, bawang bombai, daun bawang, tomat, cabai merah. Tambahkan sedikit air rebusan udang. (Atau air biasa)

4.Masukkan saos tiram, saos bangkok dan kecap manis

5.Beri sedikit campuran tepung maizena + air (opsional) agar bumbu sedikit mengental.

6.Masak sampai airnya meresap. Angkat dan sajikan.

12.Udang Masak Pedas
gambar cookpad

  • 150 gram udang
  • 100 gram kerang
  • Cabe merah besar
  • 3 siung Bawang putih
  • 4 siung Bawang merah
  • 1 ruas jahe geprek
  • Garam
  • Gula pasirMasako
1.Ulek semua bumbu

2.Tumis bumbu sampai wangi

3.Kemudian masukan udang & kerang

4.Aduk sebentar saja Karena kalau kelamaan nanti udang menjadi keras


13.Udang Bakso Pedas Manis
gambar cokkpad

  • secukupnya Udang
  • 20 butir Bakso
  • 2 butir Bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 butir bawang bombai
  • garam
  • penyedap
  • gula jawa
  • 5 biji cabai keriting merah
  • 3 biji cabai setan
  • 150 ml air
1.Potong bawang merah, bawang putih bombai, cabe

2.Iris bakso sesuai selera lalu goreng setengah mateng

3.Tumis bumbu yang udah di cincang, lalu masukkan air, gula jawa, kecap, garam dan penyedap dan terakhir masukkan masko serta udang

4.Cek rasa, tutup sampai air berkurang dan siap di sajikan

Memang masakan yang berbahan udang itu sangat banyak, berbagai resep yang bertebaran di internet salah satunya di artikel ini, dan berikut ini akan kami bagikan berbagai resep tumis udang yang mempunyai cita rasa khas nusantara, masakan dengan kata tumis itu sangat didambakan oleh bunda, ranya memang menggambarkan cita rasa yang ada di Indonesia ini.

14.Tumis Udang Buncis


gambar cookpad

  • Udang
  • Buncis potong serong
  • potong dadu Wortel
  • 1/4 buah Bawang bombay
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • Cabai merah 3 buah (sesuai selera)
  • Cabai rawit hijau 5 buah (sesuai selera)
  • 1 sdt Saos tiram
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdt Gula
  • secukupnya Penyedap
  • 2 sdm Minyak goreng
1.Iris semua sayuran dan bumbu seperti pada gambar

2.Panaskan minyak goreng kemudian tumus bawang merah, bawang putih, cabai dan bawang bombay. Ketika sudah cukup layu, masukkan wortel, aduk kemudian ditutup.

3.Setelah wortel agak layu, masukkan udang. Tambahkan saos tiram, gula, garam dan penyedap sesuai selera. Aduk kemudian tutup kembali.

4.Masukkan buncis dan tunggu hingga tingkat kematangan yang diinginkan. Tumis siap dihidangkan.


15.Tumis Udang Saus Tiram Gapake Ribet


gambar cookpad

  • 500 gram udang
  • 1 buah wortel ukuran sedang
  • 1/2 siung bawang bombay
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sendok saus tiram (saya pakai saori sachet)
  • secukupnya lada bubuk
  • secukupnya gula pasir
  • jeruk nipis (untuk marinasi udang)
1.Cuci bersih dan buang kotoran udang. Disini saya hanya membuang kulit bagian kepala. Bagi yang gasuka kulit udang silahkan dibersihkan semuanya ya. Karena udang yang saya masak ukurannya besar jadi saya potong menjadi 2 bagian

  
2.Haluskan 1 siung bawang putih dan balurkan ke udang yang sudah dicuci, tambahkan perasan air jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit (untuk menghilangkan bau amis)

  
3.Tumis bawang putih yang sudah dicincang dan bawang bombai sampai harum, lalu masukkan udang dan wortel

  
4.Tambahkan saus tiram, lada bubuk, gula pasir dan air secukupnya
(kok gapake garam ? karna saori saus tiram udah asin jadi gaperlu ditambahkan garam lagi ya)

  
5.Masak hingga matang, bisa ditambahkan potongan daun bawang biar lebih sedap

Berikut ini macam olahan udang sederhana

Dari sekian banyak masakan udang kini tinggal masakan udang yang sederhana saja, bagi kamu yang suka masakan udang dengan olahan sederhana maka kami akan membagikan resepnya di bawah ini, simak yaa, siapa tau jadi referensi menu masakan kamu selanjutnya

16.Bakwan Udang, Sambel tomat


gambar cookpad

  • 15 ekor / 150 gr udang (saya dibuang kulitnya)
  • 200 gr tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • Secubit kunyit bubuk
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 1/4 sdt lada duduk
  • 1/2 sdt kaldu jamur / mecin
  • 1/4 bungkus rocyo ayam
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 gelas/ 80 ml air matang
  • Sambel tomat
  • 1/2 buah tomat
  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 5 buah cabe rawit
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya kaldu jamur /mecin
1.Buat adonan bakwan dengan mencampurkan semua bahan menjadi satu. Aduk rata. Note: adonan jangan terlalu cair atau terlalu kental ya.

2.Panaskan minyak. Masukkan adonan ketika minyak sudah panas. Adonan akan mengapung ketika sudah matang. Goreng pada sisi lainnya. Lalu angkat. Bakwan sudah jadi.

3.Goreng semua bahan sambal, diawali dengan menggoreng tomat. Hingga matang, tiriskan, lalu diulek. Siap dicocol buat bakwan. Atau bisa langsung praktis pake saos botolan ya..tetep enak.

4.Budget -+ Rp. 13.000,-

 17.Udang saos padang sederhana
gambar cookpad

  • 1/4 kg udang
  • 1 buah jagung manis potong dan rebus hingga empuk
  • 1 batang serai geprek
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 sendok makan saos tomat
  • 1 sendok makan kecap manis
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya merica bubuk
  • Secukupnya gula pasir
  • Bumbu halus
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah besar
  • 5 buah cabe keriting
  • 7 buah cabe rawit
  • 1 buah tomat
1.Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan batang serai dan daun jeruk. Tambahkan sedikit air masak hingga mendidih.

2.Jika bumbu halus sudah harum dan matang, masukkan saos tomat dan kecap manis, bumbui dengan gula, garam, merica. Masukkan udang dan jagung manis.

3.Koreksi rasa, masak hingga semua bumbu meresap.

18.Udang goreng mantega


gambar cookpad

  • 4 ekor Udang besar atau sedang 8, ukuran dan banyaknya sesuai selera
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 sendok makan margarine
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sendok teh merica bubuk
1.Cuci tangan terlebih dahulu dan siapkan bahannya.

2.Bersihkan udang, buang kulit dan peras jeruk nipis, diamkan 15 menit - 30 menit, ditutup biar ga debuan atau di lalarin ya.

3.Panaskan Wajan tanpa margarine, masukan udang.

4.Bolak-balik udang, setengah matang, masukan bawang putih dan merica dan margarine.

5.Masak hingga mentega mencair dan udang matang, jangan kelamaan karena udang gampang matang. Jika masak kelamaan, akan mengubah tekstur daging udang.

6.Selamat mencoba dan selamat menikmati (gambar dibawah ini).

Resep masakan udang asam manis

Banyak masakan udang dengan katagori asam manis itupun semua orang udah pada tau semua, namun disini kami tetap membagikan resepnya, siapa tau masih suka dengan resep yang ini

19.Udang Asam Manis
gambar cookpad

  • 1/2 kg Udang
  • 4 Bawang merah
  • 2 Bawang putih
  • 3 Cabe merah keriting
  • 1/2 Bawang bombay
  • Saus sambal
  • Saus tomat (lebih sedikit dr saus sambal)
  • 1 sdm Saus tiram
  • Garam
  • Gula
  • Penyedap rasa
1.Cuci udang terlebih dahulu

2.Iris bawang putih, bawang merah, bawang bombay, dan cabai merah keriting. Kemudian tumis bahan2 semuanya

3.Setelah bahan2 harum, masukkan udang, saus sambal, saus tomat dan saus tiram. Tambahkan garam, gula, penyedap rasa (koreksi rasa)

4.Udang asam manis siap disajikan

20.Udang asam manis (simple)


gambar cookpad

  • 500 gr udang (kupas)
  • 1/2 buah bwg bombai (me skip lg mahalll)
  • 2 siung bwg putih (cincang)
  • Saos tomat
  • Saos sambal
  • Garam
  • Cuka makan
  • Bahan tepung
  • 3 sdm tepung maizena
  • 3 sdm tepung terigu
  • Garam
1.Belah bagian punggung udang, bersihkan kotorannya. Lalu balur dgn garam.biarkan sebentar. Cuci hingga bersih
2.Campur adonan tepung dengan air secukupnya.sampe kental. Goreng hingga matang.

3.Untuk Saos. Panaskan minyak,tumis bombai hingga matang. Masukan saos tomat Dan sambal. Baru bwg putih. Masak hingga menyatu. Kasi air sedikit.tambah cuka. Koreksi rasa. Lalu masukan udang. Sajikan

Itulah 20 Resep Masakan Udang Enak Dan Praktis khas nusantara yang dapat dijadikan referensi menu masakan kamu selanjutnya, silahkan pilih yang mana yang paling disukai atau ingin mencobanya satu persatu juga tidak masalah, selamat mencoba semoga berhasil.

Sumber: Cookpad
Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close