-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Amalan Penting dan Mulia di Bulan Rajab Sesuai Sunnah

Post a Comment
Amalan Penting dan Mulia di Bulan Rajab Sesuai Sunnah
foto by media ummat

Ada beberapa amalan penting dan mulia di bulan Rajab Sesuai Sunnah Nabi. Bulan rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakakn oleh ALLAH SWT, di mana pada bulan ini Kanjeng Nabi Muhammad SAW diajak berwisata atau diberangkatkan Isra' dan Mi'raj guna untuk berjumpa dengan Allah SWT. Bulan diturunkannya perintah shalat wajib lima waktu bagi umat Islam.

Maka dari itu didalam bulan rajab ini kita berkesempatan untuk mendapatkan keutamaan-keutamaan apabila mengamalkan beberapa hal berikut.

Namun sebelum itu perlu kita ketahui sedikit makna di dalam bulan rajab, dari sini ilmupedia memilih untuk menghadirkan sumber terpercaya yakni sidogiri.net

Nukila “Bulan Rajab adalah bulan untuk menanam amal kebaikan. Sementara bulan Sya’ban adalah bulan untuk menyirami dan bulan Ramadhan adalah bulan untuk memanen,” jelas Habib Taufik bin Abdul Qodir As-Segaf.

Baca Juga : Jalan menuju surga selalu gratis, jalan menuju neraka terbilang cukup mahal

Dengan artian barang siapa menanam kebaikan maka akan menuai hasilnya. Yang namanya menanam tentunya harus merawatnya dan menjaganya dari kesalahan. Maka dari itu jika sudah terlanjur melakukan kesalahan, hedaklah segera bertaubat.

“Jangan sampai tertipu syaitan sehingga mengurungkan niat kita untuk bertaubat, Allah cinta kepada hamba-Nya yang banyak bertaubat (tawwabin), banyak bertaubat tentunya dimulai dengan banyak dosa. Tidak usah minder dengan kesalahan, orang beriman bukan berarti tanpa dosa namun segera jera dan bertaubat dari kesalahannya. Tapi jangan sampai merencanakan sebuah dosa,” jelas Habib Abdullah.

Di bulan Rajab ini merupakan kesempatan emas untuk bertaubat. Karena bulan Rajab bulan Istighfar, bulan penuh dengan ampunan. Di samping itu banyak kejadian menakjubkan yang terjadi di bulan Rajab. Di antaranya pada bulan ini kiblat dipindahkan kembali ke Ka’bah setelat 16 bulan menghadap Baitul Maqdis, Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad dan diwajibkannya shalat lima waktu.

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh puluhan Habaib Pasuruan ini, beliau mengajak untuk mensyukuri kemuliaan ini dengan mengsegerakan taubat kita. Karena Allah senang dan akan terus menerima taubat kita, kecuali setelah nyawa sampai di kerongkongan dan matahari terbit dari barat.


Banyak sekali amalan-amalan dibulan rajab ini, dan sebagian adalah ;

Amalan-amalan di bulan rajab mengikuti sunnah

1. Puasa Sunnah di bulan rajab

Berpuasa di bulan rajab di sunnahkan berdasarkan Hadits berikut ;
Hadits yang diceritakan 'Uthman bin Hakim dalam kitab Fasting atau Al-Siyam menjelaskan seputar puasa Rajab. Derajat hadits ini adalah sahih yang tidak diragukan lagi kebenarannya.

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى، حَدَّثَنَا عِيسَى، حَدَّثَنَا عُثْمَانُ، - يَعْنِي ابْنَ حَكِيمٍ - قَالَ سَأَلْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ عَنْ صِيَامِ رَجَبَ، فَقَالَ أَخْبَرَنِي ابْنُ عَبَّاسٍ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يَصُومُ

Artinya: Dinarasikan 'Uthman bin Hakim, "Saya bertanya apda Sa'id bin Jubair tenyang puasa selama Rajab. Dia mengatakan: 'Ibnu 'Abbas berkata Rasulullah SAW biasa berpuasa selama beberapa hari hingga kami berpikir dia tidak akan berhenti, dan dia tidak berpuasa selama beberapa hari hingga kami berpikir dia tidak akan berpuasa." (HR Abu Daud).

Puasa sunnah di bulan rajab pun pernah di bahas sidogiri.net melalui postingannya tentang

Macam-Macam Puasa Sunnah.

  • Puasa di hari Senin dan Kamis
  • Puasa pada tanggal satu Muharram
  • Puasa di bulan Sya’ban
  • Puasa di bulan Rajab
  • Puasa pada saat bulan sedang sangat terang, yaitu tanggal 14-15 untuk setiap bulannya
  • Puasa pada saat bulan sedang tidak ada, yaitu tanggal 01-03 untuk setiap bulannya
  • Puasa sepuluh hari awal bulan Muharram
  • Puasa tujuh hari di bulan Syawal
  • Puasa pada hari Asyura’, yaitu tanggal 10 Muharram.

2. Wirid Asma'ul Husna

Salah satu amalan di bulan rajab ialah wirid asmaul husna. Amalan ini sebaiknya dibaca pada bulan rajab. Sebelum melaksanakan amalan tersebut, alangkah baiknya disertai dengan melakukan puasa sunnah 3 hari.

Adapun cara mengamalkan wirid, yakni dibaca setiap ba’da shalat maghrib dan subuh:

x يا الله يا فتاح يا رحمن يا رحيم يا رزاق يا جامع ١١١ 
"Ya Allah Ya Fattah Ya Rohman Ya Rohim Ya Rozaq Ya Jami" (111x)

Amalan ini disampaikan dalam Majelis ‘Soko Jeporo’. Majelis rutin selapanan Seloso Kliwon di Dukuh Tawar, Desa Karanggondang, Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah. Para jamaah ‘Soko Jeporo’ pun sudah terbiasa menjalankan amalan tersebut setiap bulan Rajab datang. NU online

3.  Memperbanyak doa bulan rajab

Berikut bacaan doa rajab:

أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Allahumma barik lana fi rajaba wa sya’bana wa balighna Ramadhana.

Artinya: “Ya Allah, berkailah umur kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta sampaikanlah (umur) kami hingga bulan Ramadhan.”

Untuk pembacaannya,mengikuti dari pondok saya dulu,di baca sebanyak 7x sehabis sholat 5 waktu.

4. Memperbanyak dzikir istighfar

dzikir istighfar bulan rajab

5. Membaca doa di jum'at terakhir di bulan rajab

doa di jum'at terakhir di bulan rajab

Doa tersebut dibaca sebanyak 35 kali pada Jumat akhir bulan #Rajab, ketika Khatib (pembaca Khutbah) sedang berada di atas mimbar. Faidah doa ini, sebagaimana dijelaskan dalam kitab Kanzun-Najâh was-Surûr fil-Ad’iyati allatî Tasyrahush-Shudûr, orang yang membacanya tidak akan terputus (rejeki) dirham dari tangannya dalam masa setahun. sidogiri media

Sekian Artikel info tentang "Amalan Penting dan Mulia di Bulan Rajab Sesuai Sunnah" saya susun agar memberi manfaat kepada khalayak umum dan sharing pengalaman. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita semua.

NOTE : Jika artikel ini memang berguna untuk Sobat,Mohon agar artikel ini di share kepada yang lain,agar Sobat kita yang lain juga mendapatkan manfaatnya,TERIMAKASIH !
Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close