Giliran Harga Gas LPG Yang Naik Tembus Rp 35.000

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Giliran Harga Gas LPG Yang Naik Tembus Rp 35.000

,
Giliran Gas LPG Yang Naik Tembus Rp 35.000
Pemerintah cabut subsidi gas melon 3kg

2020 ini bukan hanya menjadi tahun baru bagi warga Indoneaia, Namun berbagai harga juga ikut-kutan baru dan sekarang giliran gas LPG 3 kg atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Gas Melon yang akan Naik juga ke angka Rp 35.000, kenaikan harga disini mungkin mengikuti trend kenaikan harga yang sedang marak di tahun ini (2020) baik itu kebutuhan pokok atau yg bersifat iuran.

Pencabutan subsidi yang akan berdampak kepada naiknya harga Gas LPG 3kg atau gas melon 3kg disini dibantah oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Subsidi ini akan tetap ada hanya saja khusus keluarga yang tidak mampu.

"Subsidi tidak dicabut,tapi diberikan langsung kepada warga miskin yang membutuhkan,biar lebih tepat sasaran" ujarnya kepada okezone (15/1/2020)

Walau demikian, pengalihan subsidi ini akan membuat harga gas 3 kg mengalami kenaikan. Plt Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan subsidi untuk tabung gas elpiji masih akan diberikan. Hanya saja mekanismenya saja yang agak sedikit berbeda.

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan, tidak benar jika subsidi untuk tabung gas elpiji 3 kilogram dicabut. Sebab, pemerintah hanya mengalihkan mekanisme penyalurannya saja agar lebih tepat sasaran.

Menurut Agung dengan adanya mekanisme baru ini diharapkan penyaluran subsidi bisa lebih tepat sasaran dibanding tahun-tahun sebelumnya, sebab di mekanisme baru ini pemerintah memberikan subsidi langsung kepada yang membutuhkan.

Nantinya, Kementerian ESDM akan bekerja sama dengan Kementerian Sosial untuk mendapatkan data orang miskin tersebut. Setelah itu, Kementerian ESDM akan mencari formula penyaluran bantuan tersebut kepada masyarakat kurang mampu.

"Ini kebijakan teknologinya masih dibicarakan, kerjasama dengan Kemensos. Misalnya digandeng dengan BPJS," kata Agung.

Bagaimana menurut kalian,patut ditunggu seperti apa penerapannya dilapangan nanti dan semoga ini memang menjadi pemecah masalah ketidak sesuaian penyaluran subsidi di tahun-tahun terdahulu.

Sementara itu ada juga berbagai harga yang sudah mulai naik di tahun 2020 ini,ulasannya sebagai berikut:

Harga-harga Yang Akan Naik Di Tahun 2020

1. BPJS

Sebelum harga tabung elpiji 3 kg naik pada awal tahun 2020 sudah ada Iuran BPJS yang naik, kenaikan iuran BPJS Kesehatan bagi peserta mandiri. Kebijakan tersebut diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75/2019 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Aturan ini disetujui langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada (24/10) lalu. dengan besaran kenaikan iuran sebagai berikut :

Baca Juga : CARA PINDAH BPJS MANDIRI KE BPJS PBI
  • Iuran kepesertaan untuk kelas mandiri I (vip) naik 100% dari awalnya hanya Rp 80.000 menjadi Rp 160.000/anggota dalam satu bulannya.
  • Iuran kepesertaan untuk kelas mandiri II naik 115% dari awalnya hanya Rp 51.000 menjadi Rp 110.000/anggota dalam satu bulannya.
  • Iuran kepesertaan untuk kelas mandiri III naik 64,7% dari awalnya hanya Rp 25.500 menjadi Rp 42.000/anggota dalam satu bulannya.

2. Rokok

Kenaikan harga tabung gas elpigi 3 kg seakan meramaikan kenaikan harga,yang sebelumnya sudah ada kenaikan dari harga cukai rokok.
Kenaikan harga rokok menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat ini,bahkan kabar kenaikan harga rokok disini sudah menyebar sejak tahun lalu (2019).
Kebijakan disini sudah ditetapkan oleh Sri Mulyani (Menkeu) dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 152/PMK.010/2019 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas PMK 146/2017.

Berikut kenaikan Cukai Rokok yang ditetapkan Dalam PMK 152/2019 :
  • Tarif CHT Sigaret Kretek Mesin (SKM) naik sebesar 23,29 %,
  • Sigaret Putih Mesin (SPM) naik sebesar 29,95 %, 
  • Dan Sigaret Kretek Tangan (SKT) atau Sigaret Putih Tangan naik sebesar 12,84 %.
Kenaikan harga tersebut mulai berlaku pada awal tahun 2020. Mengacu pada kenaikan harga yang ditetapkan dalam PMK 152/2019 tersebut sudah bisa kita perkirakan kenaikan harga rokok akan tembus 35 % dari harga awal.

Hal itu juga disampaikan oleh Ketua Asosiasi Masyarakat Tembakau Indonesia (AMTI) Budidoyo mengatakan, dengan adanya kenaikan cukai hasil tembakau tersebut, sangat memungkinkan harga rokok pada tahun 2020 mencapai Rp 35.000/bungkus.

3. Tarif Listrik

Pemerintah akan mencabut subsidi listrik bagi golongan RTM (Rumah Tangga Mampu) berdaya 900 Volt Ampere (VA) pada 2020. Imbasnya, pelanggan golongan harus mengikuti ketentuan penyesuaian tarif listrik (tariff adjustment).
Pencabutan subsidi listrik disini akan berdampak kepada mahalnya tarif listrik bagi golongan 900 volt.

4. Tarif Tol

Tak mau kalah dengan naiknya harga tabung gas LPG 3 kg Tarif tolpun juga harus naik.
Pemerintah juga berencana untuk menaikkan tarif sejumlah ruas tol pada 2020 ini. Kenaikan tarif itu menyesuaikan inflasi yang terjadi.
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, kenaikan tarif tersebut berdasarkan perjanjian pengusahaan jalan tol. "Secara perjanjian pengusahaan ada beberapa ruas yang sudah memang dimungkinkan untuk dinaikkan tarif," ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com, 30 September 2019.

Secara total diperkirakan ada 18 ruas tol yang dimungkinkan melakukan penyesuaian tarif. Salah satu ruas tol yang sudah dipastikan akan naik tahun depan adalah jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) untuk golongan I. Kenaikan tarif ini akan mulai diberlakukan Jumat (3/1/2020) mendatang pukul 00.00 WIB. Mengutip Kompas.com, 29 Desember 2019, untuk kendaraan golongan I dengan jarak terjauh tarifnya senilai Rp 107.500 atau naik Rp 5.500 dari tarif sebelumnya Rp 102.000. "Penyesuaian tarif kali ini berdasarkan dengan data inflasi Kota Cirebon sebesar 4,93 persen," kata Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Firdaus Azis.

Itulah berbagai harga yang akan naik pada tahun 2020 ini,kira-kira setelah Harga Gas elpigi 3kg naik ada harga apa lagi yang akan naik.
refrensi CNN,Okezone,Kompas

#Harga gas lpg 3kg #harga gas melon 3kg #pertamina
Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler