Pantai Air Manis tempat Malin Kundang di kutuk jadi batu

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Pantai Air Manis tempat Malin Kundang di kutuk jadi batu

,

Triprofik.com Lagenda Malin kundang sejak dulu sampai sekarang menjadi sebuah bentuk pelajaran bagi kita semua agar menghormati orang tuanya, dipelajaran SD dulu Lagenda Malin kundang sering diceritakan oleh guru kita waktu masih di sekolah dasar, aku ingat betul disaat b.guru menceritakan dengan mudah dipahami, sehingga cerita itu masih melekat diingatanku.


Dan berikut cerita cuplikannya
Malin kundang seorang anak yang mencari bekerjaan dengan berlayar ke negri sebrang, setelah beberapa tahun dalam mencari pekerjaan, akhirnya dia sukses dan menjadi saudagar kaya raya, namun setelah ibunya menemuinya Malin kundang tidak mengakui ibunya karena miskin, Malin kundang merasa malu pada istrinya jika mempunyai seorang ibu yang miskin.

Dengan kemarahan ibunya, lalu ibunya murka dan mengutuknya jadi batu, dengan seizin Allah Malin kundang dengan kapalnya menjadi bongkahan batu yang hingga kini diabadikan pada sebuah pantai yang terletak di Sumatra ini, namanya pantai Air manis.

Hingga kini pantai Air manis menjadi terkenal dengan adanya kisah Malin kundang, banyak para wisatawan yang datang kesini hanya ingin melihat batu kutukan Malin Kundang, batu ini dibangun pada tahun 1980 hasil karya Dasril Bayras bersama Ibenzani Usman.

Obyek Wisata Pantai Air Manis
Selain kental dengan lagenda Malin Kundang, pantai Air manis juga terkenal dengan keindahan pantainya yang asyik, ombak yang tidak terlalu besar, dengan konturnya yang landai, menjadikan pantai ini salalu rame pengunjung, apalagi disaat liburan sekolah tiba, semua orang berdatangan ke pantai Air manis ini.

Warna pasir Pantai air manis kecoklatan yang bertransisi putih, dengan luas pantai yang lebar dan panjang, cukup banyak menampung wisatawan yang hadir ke pantai ini.

Diujung utara pantai air manis terdapat sebuah gunung padang yang dijadian tempat para layang memulai penerbangannya, hingga mendarat dipantai air manis ini, selain itu ada dua pulau kecil yang melengkapi indahnya pantai Air manis ini, yaitu pulau Pisang kecil |( pisang ketek ) dan pulau pisang besar ( pisang gadang ) 

Asal nama pantai Air Manis bermula dalam bahasa minang yang berbunyi Aia Manih, jika dalam bahasa indonesia berarti pantai Air manis.

Lokasi pantai Air Manis
Lokasinya berada dibelakang gunung Padang dikecamatan padang selatan, kota Padang, sekitar berjarak 10 km dari kota padang.


Ada banyak transportasi untuk bisa sampai ke pantai Air Manis , anda dapat menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi.

Namun untuk mencegah dari kemacetan yang sering terjadi dijalur pantai air manis, lebih disarankan menggunkan kendaraan umum.

Biasanya yang umum disini menggunakan bus trans padang dengan rute dari lubuk buaya-pasar raya sampai melewati jalan raya teluk bayur.

Dipersimpangan pantai air manis dilanjutkan dengan angkot atau ojek setempat., bagi yang menggunakan kendaraan pribadi bisa mengikuti papan petunjuk yang mengarah pada pantai Air manis ini.

Tiket masuk pantai Air manis
Untuk tiket sendiri cukup murah hanya membayar sebesar 5000 rupiah sudah dapat menikmati indahnya pantai ini.

untuk biaya parkir kendaraan sebasar 5000 mobil. dan 3000 untuk sepeda motor.

Cukup menarik untuk dikunjungi, apalagi sambil melihat lagenda Malin Kundang yang ada di pantai Air Manis ini.



Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler