-->

Ad Unit (Iklan) BIG

3 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Malas

2 comments
Photo by Hutomo Abrianto on Unspl
Kali ini saya akan membahas sebuah topik yang pasti di hinggapi oleh jutaan bahkan miliaran orang di dunia, yaitu rasa malas.



Malas adalah sesuatu yang wajar, malas itu sesuatu kerja otak, dimana kita di hinggapi rasa malas kerana sebab akibat tertentu,  untuk menghindari rasa malas maka kita harus punya sesuatu yang membuat kita terangsang sebuah kesenangan yang akan di capai.

Berikut cara untuk menghindari rasa malas


1.Niat dan Mempunyai Target Yang Jelas

Lagi-lagi niat sebagai landasan utama kita, dengan niat kita dapat melakukan sesuatu yang bahkan tidak   di senangi oleh diri kita.

kemudian mempunyai target yang jelas,jika anda mempunyai sebuah target yang jelas pasti anda  akan bergerak cepat untuk mencapai target tersebut sehingga rasa malas itu dapat di kalahkan oleh keinginan atau target tersebut.


Misalnya mempunyai target tahun ini harus bisa beli motor, secara tidak sadar otak kita akan merangsang sebuah pemikiran untuk bekerja supaya dapat membeli motor . 



Berbeda dengan sebuah target yang tidak jelas, misalnya kita ingin bangun pagi, niat bangun pagi saja belum cukup untuk mendorong rasa malas  pergi dari diri kita, beda halnya jika target itu jelas, saya ingin bangun pagi jam 4 shubuh, maka otak kita akan mendorong sebuah usaha supaya bisa bangun jam 4 pagi, dengan menyalakan alarm mungkin atau minta tolong sama temen ataupun orang terdekat kita.

Bahkan dengan niat yang kuat serta keinginan yang begitu mendalam tanpa kita minta tolong pada sebuah media lain seperti alarm atau di bangunin. dengan otomatis diri kita bisa bangun dengan sendirinya.

itulah cara pertama agar kita terhindar dari rasa malas, harus mempunyai niat kuat serta target yang jelas.


2. Punishment atau sebuah hukuman

Manusia itu akan bergerak secara antusias jika ada sebuah hukuman,
punishment akan mendorong kita secara terpaksa dengan lama-kelamaan rasa terpaksa akan hilang dengan sendirinya, maka  akan dirasakan sebuah kebiasaan yang mungkin tidak di rasakan dari zona keterpaksaan, sebagaimana yang di rasakan pada awal kita mau bergerak.

Punishment akan men stimulasi otak kita, dengan sebuah dorongan yang kuat,  contohnya disaat mau ujian, stimulasi otak kita akan mendorong supaya kita belajar.

jadi kita akan merasakan sebuah gerakan dengan keterpaksaan yang dapat dengan kuat mengalahkan rasa malas itu sendiri.


3. Reward atu Hadiah


Sering kali kita temui di saat sedang bekerja di sebuah perusahan, jika sudah memcapai target sekian maka kita akan mendapatkan sebuah reward atau hadiah sekian, dari atasan kita. itulah sebuah bentuk dorongan agar kita semangat dalam bekerja.

Begitu juga dengan kita memberi suatu hadiah pada diri sendiri, dengan stimulasi kerja otak kita, mendorong atau membakar semangat kita untuk mencapai target yang ingin kita capai.




Hal ini mungkin pernah terjadi di mana kita masih  kecil dulu, sering orang tua kita memberi sebuah reward jika lulus dengan nilai sekian maka akan di belikan sebuah papan catur, atau  dibelikan sepeda.

Itulah sebuah bentuk usaha  orang tua, agar mendorong kita semangat dalam belajar , dengan itulah otak kita akan ber stimulasi , jika dapat nilai sekian aku punya sepeda.

sama juga seperti sayembara, barang siapa yang bisa menemukan dompet ini, akan mendapatkan hadiah sekian...itu suatu bentuk usaha, agar kita dapat melakukannya meskipun dengan sebuah keterpaksaan.


sama seperti yang dikatakan Anthony robbins, dia berkata bahwa :

“Manusia itu akan bergerak maju (moving forward), kalau ada 2 poin. Yang pertama adalah Gain Pleasure, dan yang kedua adalah Avoid Pain.

  • Gain plasure
Maksud Gain plasure yaitu manusia akan bergerak maju jika ada sesuatu yang merangsang dan menyenangkan dirinya. dengan demikian rasa malas itu akan hilang dengan sendirinya.


  • Avoid Pain
menghindari rasa sakit atau menghindari sebuah hukuman, maka dengan punishment atau hukuman , manusia akan bergerak atau menhindar dari sebuah hukuman. 

cukup sekian tiga tips untuk menghilangkan rasa malas, semoga bermanfaat bagi diri kita,
terutama bagi diri saya sendiri.


Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

2 comments

  1. rasa malas memang selama ini selalu jadi masalah untuk banyak orang termasuk blogger juga,,,btw nice info

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pasti itu gan, apalagi bloger pemula,

      Delete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter
close