-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Pantai Malikan Papuma wisata Jember Indah

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Triprofik.com-tanjung papuma atau lebih di kenal dengan pantai papuma sebuah singkatan dari " pasir putih malikan" pantai papuma sendiri terletak di ujung selatan kabupaten jember sekitar 45 kilometer dari pusat kota jember, pantai ini selalu rame pengunjung setiap harinya apalagi di hari-hari libur nasional, sangat pas buat liburan bersama keluarga atau bersama temen.

Lokasi pantai papuma
lokasi pantai papuma sangat mudah untuk di akses kendaraan baik roda dua atau roda empat
rute lokasi pantai papuma :JL. raya lojejer ,area kebun, lojejer, wuluhan, kabupaten jember,
dua pantai yang berdekatan ini memang selalu menjadi destinasi wisata jember, lebih tepatnya lokasi pantai Papuma terletak disebelah barat pantai Payangan, sederetan pantai yang berhubungan dan berdekatan.


jawa timur , 
disepanjang perjalanan menuju pantai papuma banyak pohon jati di pinggiran jalan sehingga menjadikan jalanan adem terlindung dari sinar matahari yang seolah olah memayungi kepala kamu, selain itu banyak juga pengunungan yang menemani perjalanan menuju pantai papuma ini jadi tak akan bosan dehh liat pemandangan sambil adem ayem ....

pantai memang sebuah tempat destinasi wisata yang sering dikunjungi banyak orang salah satunya pantai papuma ini pantai yang dikelilingi perbukitan asri nan terjaga ke ekosistemannya hutan yang masih terlindungin membuat fauna di sini tertawa riaa..

Hotel di pantai papuma jember
Untuk penginapan anda juga dapat memesannya melalui online yang sudah banyak menyediakan tiket hotel, dan lokasinyapun juga cukup berdekatan dengan wisata Malikan ini, bagi yang perjalanan jauh dapat beristirahat tanpa terlalu jauh dari pantai malikan atau papuma.
 
Tiket masuk pantai papuma
wisatawan nusantara hari kerja :Rp.15.000      hari libur Rp. 17.500

wisatawan manca negara Rp : 30.000

harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu

Pintu awal masuk papuma
setelah kita bayar tiket maka kita akan terus melanjutkan perjalanan menuju pantai yaitu melewati bukit yang menanjak dengan jalur dua arah di awal sehingga lebih aman untuk yang lawan arah mengingat jalanannya yang terjal, di sepanjang jalan sebelum sampai di pantai banyak monyet yang berkeliaran di pinggir jalan membuat gemes pengen pegang.. tapi hati-hati juga kalau kita sambil pegang HP yang dibuat foto di takutkan di ambil oleh monyet yang berkeliaran .

lokasi pantai papuma yang panjang
setelah kita sampai di pantai tak   henti-hentinya kita menelusuri pantai papuma dari timur pantai sampai berakhir di barat pantai yang  di halangi bukit , pantai papuma sendiri memiliki pasir putih
ombak yang besar , memang sichh tak jarang kalau di pantai selatan ombaknya cukup lumayan besar karena langsung berhadapan dengan laut lepas.

mitos yang berada di pantai selatan 

1.pantai selatan selalu makan korban 
Sering kita jumpai papan himbawan agar tidak mandi di pantai ketika ombak sedang besar-besarnya , pantai selatan di setiap tahunya selalu rutin memakan korban ada kabar yang berkaitan dengan kerajaan nyi Roro kidul di pantai selatan yang mitosnya korban di jadikan penghuni kerajaanya. .

2.Batu yang terletak di tengah lautan 
Ada sebuah batu atau gunung kecil yang berada di tengah pantai inilah yang menjadi ciri khas pantai Papuma , adanya batu atau gunung kecil beredar mitos bahwasanya warga di sana menjauhi batu tersebut direnakan adanya ular-ular berbisa yang menjadi penghui batu tersebut
batu yang bila dilihat dari satu sisi lain akan berbentuk deretan yang menghadap kearah barat
batu-batu tersebut mempunyai nama tersendiri  yaitu dhampar kencana ,genteng/kura-kura,kodok, kresna, narada, dan kajang.

3.Batu malikan
 batu malikan adalah sebuah batu yang berjejer di tengah pantai yang konon mitosnya batu malikan tempatnya Raden musada dan Mursaud dalam cerita lain bernama Mursudo dan Joko samudra memancing ikan ajaib raja mina yang kemudian dilepaskan ,dan disitulah kail joko samudra tersangkut ular raksasa yang kemudian dibelah menjadi tiga bagian oleh Mursodo dengan cemeti pemberian raja mina .

4.Gua lawa 
Mitosnya di Gua lawa ini adalah sebuah tempat bersemayam dewi sri wulan salah satu penguasa  putri pantai selatan dan tempat kiai mataram bersemedi , gua ini tidak selalu bisa dilihat oleh banyak orang atau wisatawan yang berkunjung dikarenakan letak dari gua tersebut masih tertutup air pantai ,
gua ini bisa terlihat apabila air pantai sedang surut .

5.Larung sesajen 
Warga sekitar pantai papuma rutin mengadakan larung sesajen guna sebagai bentuk syukur atas kelancaran panen ikan tahun ini dan untuk tahun kedepannya, larung sesajen di selenggarakan pada waktu-waktu tertentu saja .




Rofik86
Seorang yang berpegang teguh pada komitmen dan tentunya sangat setia pada seorang wanita

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter