Pentingnya Ilmu Kesehatan Masyarakat

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Pentingnya Ilmu Kesehatan Masyarakat

,
kesehatan mental

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Melirik kepada tingkat kesakitan di indonesia,Ilmu Kesehatan Masyarakat sangatlah penting untuk diketahui dan diterapkan dalam masyarakat kita.guna mengurangi angka kesakitan dan penanggulangan dini penyakit-penyakit kronis yang dapat diderita siapa saja di negeri ini.

Ilmu Kesehatan Masyarakat (public health) adalah Cara dini mencegah berbagai macam penyakit yang dapat dilakukan oleh semua komponen masyarakat, dimana hasilnya akan dinikmati oleh masyarakat itu sendiri.
Bahkan Ilmu Kesehatan Masyarakat disini dapat juga diterapkan di dalam rumah tangga,dengan cara mengajarkan hidup sehat kepada anak-anak kita,dengan begini bisa menekan angka kesakitan di Indonesia.

Kendati demikian masih banyak masyarakat yang seakan-akan tidak peduli dengan Ilmu Kesehatan Masyarakat dan tidak tahu kalau ilmu tsb sangatlah baik apabila benar-benar diterapkan dari tingkat dasar (masyarakat)

Adapun definisi ilmu kesehatan masyarakat (bahasa Inggris: public health) Di Wikipedia menurut Profesor Winslow dari Universitas Yale (Leavel and Clark, 1958) adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol infeksi di masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan, untuk diagnosa dini, pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung agar setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang kuat untuk menjaga kesehatannya.

Ikatan Dokter Amerika, AMA, (1948) mendefinisikan Kesehatan Masyarakat adalah ilmu dan seni memelihara, melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat.

Kesehatan Masyarakat disini sangatlah memiliki peran penting dalam menunjang sumber daya manusia (SDM) dalam suatu kelompok, baik itu negara sampai tingkat desa, bahkan bisa menjadi penanggulangan kemiskinan dan pembangunan ekonomi. Indeks Pembangunan Manusia meletakkan kesehatan adalah salah satu komponen utama pengukuran selain pendidikan dan pendapatan.

BACA JUGA : Iuran BPJS Naik,Bisakah Berhenti Dari BPJS

Kondisi umum kesehatan dalam suatu Negara dipengaruhi oleh faktor lingkungan, perilaku, dan pelayanan kesehatan. Sementara itu pelayanan kesehatan terdiri dari beberapa komponen antara lain ketersediaan dan mutu fasilitas pelayanan kesehatan, obat dan perbekalan kesehatan, tenaga kesehatan, pembiayaan dan manajemen kesehatan. Fasilitas pelayanan kesehatan dasar, yaitu Puskesmas yang diperkuat dengan Puskesmas Pembantu dan Puskesmas Keliling, telah didirikan di hampir seluruh wilayah Indonesia, namun pemerataan,fasilitas pelayanan dan keterjangkauan pelayanan kesehatan masih menjadi kendala.

Dalam kondisi keterjangkauan pelayanan yang masih belum merata dan kebutuhan perubahan perilaku masyarakat, organisasi masyarakat sangatlah penting, terutama untuk respon atas penyakit menular yang tingkat penyebarannya masih relatif tinggi di lingkungan masyarakat, seperti TBC, Malaria dan HIV/AIDS.

Pilar Ilmu Kesehatan Masyarakat


1. Epidemiologi dan Biostatistika

3. Kesehatan Lingkungan

4. Pendidikan Kesehatan dan Perilaku

5. Administrasi Kesehatan Masyarakat

6. Gizi Kesehatan Masyarakat

7. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

8. Kesehatan Reproduksi

9. Sistem Informasi Kesehatan

10.Surveilans Penyakit Menular dan Tidak Menular

Faktor Penunjang Kesehatan Masyarakat


Kesadaran Masyarakat akan pentingnya Kesehatan

Faktor utama dalam kesehatan masyarakat adalah tingkat kesadaran masyarakat sipil untuk ikut andil dalam menekan angka kesakitan di indonesia.seperti menjaga lingkungan agar tetap asri memberikan ilmu Kesehatan kepada masyarakat awam,biasakan hidup sehat,gemar berolah raga,tidak merokok dll.

Kesehatan Mental

Seseorang yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain.
maka dari itu Kesehatan Mental sangatlah berperan penting dalam menunjang tercapainya Kesehatan dalam Masyarakat.

Pola hidup sehat

Dengan begini masyarakat akan kebal dalam segala macam kondisi dan mencegah terjangkitnya penyakit menular.

Tidak Merokok


Seperti yang kita tahu bahwa rokok mengandung zat-zat berbahaya didalamnya.

Berikut ini beberapa bahan berbahaya yang terkandung pada sebatang rokok:

  1. Aseton: ditemukan dalam cairan pembersih kuteks (cat kuku)
  2. Amonia: pembersih rumah yang umum digunakan
  3. Asam asetat: bahan cat rambut
  4. Arsenik: digunakan pada racun tikus
  5. Benzene: ditemukan di semen karet
  6. Butane: digunakan dalam cairan korek
  7. Kadmium: komponen aktif dalam asam baterai
  8. Karbon monoksida: tercipta dari asap knalpot
  9. Formaldehida: cairan pengawet
  10. Hexamine: ditemukan di cairan korek barbekyu
  11. Lead: digunakan dalam baterai
  12. Naftalena: bahan dalam kapur barus
  13. Methanol: komponen utama bahan bakar roket
  14. Nikotin: digunakan sebagai insektisida
  15. Tar: material untuk mengaspal jalan
  16. Toluene: digunakan untuk bahan cat

Upaya-upaya yg dapat dikatagorikan sebagai seni atau penerapan ilmu kesehatan masyarakat antara lain:

  1. Pemberantasan penyakit, baik menular maupun tidak menular
  2. Perbaikan sanitasi lingkungan
  3. Perbaikan lingkungan pemukiman
  4. Pemberantasan vektor
  5. Pendidikan (penyuluhan) kesmas
  6. Pelayanan kes ibu dan anak
  7. Pembinaan gizi masyarakat
  8. Pengawasan sanitasi tempat2 umum
  9. Pengawasan obat dan minuman
  10. Pembinaan peran serta masyarakat , dsb

Sekian artikel ini tentang Kesehatan Masyarakat saya susun untuk menjadi inspirasi dan ilmu tambahan bagi kita semua dan memberi manfaat kepada semua yang membacanya.

NOTE : Jika artikel ini memang berguna untuk Teman-teman,Mohon agar artikel ini di share kepada yang lain,agar Teman-teman kita yang lain juga mendapatkan manfaatnya,TERIMAKASIH !


Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler