10 Tips Sebelum Membeli Rumah dengan Budget Pas-Pasan

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

10 Tips Sebelum Membeli Rumah dengan Budget Pas-Pasan

,

ilmupedia.NET-Cara membeli rumah dengan modal pas-pasan- Semua orang hampir ingin mempunyai rumah sendiri, terutama bagi pasangan muda-mudi jaman sekarang, apalagi yang mau menghadapi pernikahan dan langsung menempati rumah baru mereka, memang dengan tinggal berdua sama pasangan merupakan kebahagian tersendiri.

Namun yang menjadi kendala membeli rumah memerlukan modal besar itupun tidak bisa kita mencapainya dalam waktu singkat, nah bagi kamu yang ingin membeli rumah dengan modal pas-pasan kini ada tips sebelum membeli rumah supaya selaras dengan keungan kamu.

Bagi kamu yang masih belum punya uang untuk membeli rumah, sebaiknya menabung dahulu, menabung dapat dilakukan dibank atau lebih baik menabung mas, sebab harga mas yang stabil dan bahkan berujung mahal akan memberi laba lebih bagi kamu. so cobalah menabung emas

Tips Membeli Rumah Sesuai Kondisi Keuangan


1.Tahan nafsumu untuk membeli rumah dengan tampilan mewah

Rumah adalah tempat tinggal yang utama bagi kita, dimanapun kamu berada pastinya ingat rumah yang pertama kamu tempati, membeli rumah yang nyaman tergantung dari diri sendiri, pastikan membeli rumah dengan kondisi keunganmu, jangan berfikir akan mengumpulkan uang dengan membeli rumah dangan harga yang fantastik, sedang keungan kamu sekarang sudah cukup untuk membeli rumah yang sederhana.

Disaat kamu berencana membeli rumah mewah namun dengan cara mengumpulkan uang terlebih dahulu, hal itu cenderung akan menghabiskan uangmu, sebab properti semakin lama semakin mahal, sedang pemasukanmu itu-itu saja, lain halnya jika kamu mempunyai tambahan yang cukup serta yakin dengan keinginanmu, boleh saja membeli rumah mewah dengan harga fantastik.

2.Pertimbangkan Kualitas rumah

Sebelum kamu mengambil langkah lebih serius, ada pentingnya kamu melakukan surve terlebih dahulu, pastikan kondisi rumah layak ditempati serta mempunyai kualitas yang bagus, baik dari segi bahan bangunan atau latar belakang dan bentuk rumah, bahkan kamu lebih baik memanggil tukang bangunan yang mahir dalam pembangunan rumah.

Tinjau  kredibilitas penjual, meskipun menjual dengan harga lebih tinggi namun dengan kualitas rendah, lebih baik memilih rumah dengan kualitas tinggi dengan harga yang lebih mahal sedikit, hal itu lebih menjamin keadaan rumah untuk jangka panjang.


3.Melihat dan Pertimbangan Lokasi

Dijaman sekarang meninjau lokasi rumah memang hal yang paling utama, sebab kamu yang akan menempati rumah tersebut dan sebisa mungkin merasa nyaman dengan lokasi dan keadaan sekitar, bisa saja kamu memilih rumah di tengah kota namun dengan harga yang sama saja dengan rumah yang diinggir jalan serta akses masuk lebih mudah, pertimbangkan dulu sebelum mengambil keputusan.

Membeli rumah dengan akses mudah seperti dipinggir jalan raya, maka akan berdampak baik bagi kamu, lokasi kantor dan sekolah anak lebih dekat dan lebih terjangkau, sehingga tidak merepotkan tamu atau saudara kamu yang mau bermain kerumah baru kamu.


4.Tips Membeli Rumah Melalui KPR

Jika keungan kamu masih minim, sedang keinginan membeli rumah sudah menggebu-gebu tidak ada salahnya membelir rumah dengan melalui KPR, namun ada yang perlu diketahui dalam sistem kerja KPR, berbagai macam KPR yang telah beredar, kamu bisa memilih sesuai dan kebutuhan kamu.

Produk KPR semakin beragam karena selain KPR dari bank konvensional, terdapat pula produk KPR Sejahtera dan KPR Syariah, di mana masing-masingnya memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri sehingga kamu tinggal menyesuaikannya menurut kebutuhan.

5.Periksa Lingkungan Rumah

Membeli rumah tidak cukup dengan modal yang banyak, kamu harus memeriksa lingkungan rumah, pastikan rumah yang akan dibeli aman dari beberapa hal seperti banjir disaat musim hujan, serta kenyamanan dalam akses keluar dan masukknya.

Memastikan kondisi rumah senyaman mungkin memang hal yang wajib, sebab kamu akan tinggal lama dirumah tersebut, menimbangkan akses jalan raya serta rute menuju kantor dan sekolah anak.

6.Memeriksa Legalitas

Memeriksa legalitas rumah sudah dipastikan aman dan tidak mempunyai masalah dimasa depan, oleh sebab itu memeriksa dokumen rumah secara keseluruhan dengan membawa sertifikat ke PBN, kelurahan dan kecamatan, lebih baik menggunakan jasa notaris untuk membatu mengurusi dokumen rumah supaya aman dan nyaman harus ditangani oleh ahlinya.

7.Menyiapkan Budget Tambahan

Menyediakan uang tambahan selain dari harga rumah tersebut memang sangat penting, sebab setelah kamu membeli rumah masih ada sesuatu dalam rumah yang harus diperbaiki, seperti membeli bahan tambahan seperti meja, kursi atau bahan lain, bahan dapur dan lainnya.

Jangan sampai membeli rumah dengan modal pas-pasan seharga rumah tersebut,baik membelinya secara tunai atau kredit, menyiapakan uang darurat sebagai persediaan jika ada sesuatu yang harus ditambah dalam rumah tersebut.

8.Prioritaskan kebutuhan

Dalam membeli rumah yang paling diutamakan adalah kebutuhan terlebih dahulu, nah bagi anak milenial jangan terlalu mempioritaskan sosialitas, hanya demi pandangan semua orang, yang perlu diperhatikan adalah keperluan yang sangat dibutuhkan.

9.Bila masih ragu, berkonsultasilah pada agen propeti

Apapun yang kamu lakukan baik dalam membeli rumah, maka lebih baik bertanya dulu pada yang lebih ahli, hal ini agar terhindar dari penipuan dan layaknya harga yang harus dibayar, bisa saja kamu terkecoh masalah harga, oleh sebab itu lebih baik bertanya dulu pada agen propeti atau teman kamu yang lebih berpengalaman.

10.Rumah Diserahkan Dalam Kondisi Baik

Setelah kamu bulat dengan keputusan membeli rumah tersebut maka langkah terahir adalah memastikan kondisi rumah sebaik dan sejeli mungkin, barangkali ada suatu propeti yang rusak, meskipun rusaknya ringan, bisa saja kamu memerlukan biaya tambahan untuk meperbaikinya, oleh sebab itu lebih baik cek secara detail rumah yang akan kamu beli, karena pemakain jangka panjang akan mendukung kenyamanan kamu tinggal dirumah tersebut.

Itulah cara atau tips membeli rumah dengan Budget pas-pasan, menabunglah terlebih dahulu agar kamu lebih leluasa mendapatkan rumah impian kamu, karena tinggal berdua sama pasangan adalah impian yang paling utama.


Tag



Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler