Cara Mengatasi Memori rusak tanpa format dengan Aplikasi sd card repair tools

PERHATIKAN DAERAH SEKITARMU

Data Covid-19 Indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Postingan terbaru

Cara Mengatasi Memori rusak tanpa format dengan Aplikasi sd card repair tools

,
Triprofik.com-SD card repair tools adalah sebuah aplikasi yang dapat memperbaiki kartu sd rusak  sehingga dapat digunakan kembali, sebelumnya memang ada cara mengatasi kartu memori rusak dengan manual dan itupun terbukti ada yang berhasil dan begitu juga sebaliknya.



Memori adalah sebuah tempat penyimpanan data yang mungkin kebanyakan orang masih menggunakannya, sebab pentingnya data yang tersimpan didalam memori tersebut sehingga sangat sayang sekali jika suatu saat memori tersebut rusak dan harus diformat, maka data yang ada didalamnya seperti foto, video dan dokumen yang lainnya akan hilang total, bahkan foto kenangan bersama mantan juga ikut hilang hehe..

Cara mengatasi memori rusak tanpa menformatnya adalah sebuah hal yang sangat sulit sekali sebab kebanyakan kartu memori yang rusak langsung keluar pemberitahuan format memori, tidak boleh tidak, dengan terpaksa harus menekan tombol format yang sangat tidak diinginkan.

Pengalaman saya sendiri mempunyai kartu memori dengan kapasitas 8 GB yang mana memori ini sudah lama saya pakai dan isinyapun banyak foto kenangan bersama teman dan sahabat serta mantan-mantan yang saya cintai, maka dari itu saya tidak pernah membuang memori itu meskipun sudah rusak dan tidak dapat diakses kembali.

Setahun berlalu memori itu masih jadi bangkai ditempat penyimpanan barang namun saat itu saya iseng-iseng saja memasang pada sebuah hp android yang saya gunakan lalu muncul pemberitahuan perintah untuk memindahkan data yang ada di dalam memori tersebut dan kebetulan waktu itu saya mempunyai komputer yang lumayan cukup untuk menyimpan keseluruhan data yang ada pada memori tersebut. 

Al hasil data yang ada dalam memori tersebut masih dapat berfungsi dengan baik meskipun ada sebagian foto yang tidak jelas atau sudah rusak, akan tetapi  masih dapat melihat kenangan bersama mantan dahulu. haha

Cara yang pertama mengatasi memori rusak tanpa menformatnya adalah dengan menyimpannya dan jangan membuah memori tersebut, mungkin suatu saat memori tersebut dapat dipakai kembali. Inilah cara yang memang versi saya sendiri, adapun beberapa cara yang lain saya tulis dibawah ini dan juga termasuk cara memperbaiki kartu memori rusak dengan aplikasi atau sd card repair tools.

Sebelum masuk ke cara mengatasi memori rusak, mari kita pahami dulu apa penyebab memori rusak atau tidak terbaca.

Berikut penyebab kartu sd memori rusak total

1.Kotor
Penyebab yang pertama ini mungkin sudah lumrah terjadi pada kita sebab kotornya memori akan berakibat tidak terbaca oleh sistem baik komputer atau hp, adanya kotoron seperti debu atau hal lainnya akan menghalangi kuningan memori terdeteksi oleh sistem, oleh sebab itu janganlah anda memegang kartu sd dalam keadaan kotor atau berkeringat.

2.Berminyak
Mungkin yang satu ini sering terjadi sebab orang-orang yang habis makan gorengan langsung memegang memori card, hal ini akan berakibat rusaknya kartu memori, minyak akan menghalangi terbacanya memori oleh sistem.

3.Hard Work
Kartu sd yang dipaksakan menyimpan secara berlebihan dan tidak ada ruang kosong sedikitpun akan berakibat rusaknya kartu sd secara perlahan, pemakain yang over akan berakibat tekanan pada kartu sd, oleh sebab itu sisakanlah sedikit ruang kosong pada kartu memori agar masih bisa bernafas.


Cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat

1.Bersihkan kartu memori
Pertama kali jika kamu mendapati kartu memori rusak ambillah penghapus pensil lalu bersihkan kuningan kartu memori secara perlahan dan pelan, bersihkan sampai benar-benar bersih gunakan isting agar tidak kerlaluan, kemudian coba pasang kembali kesistem hp atau komputer.

2.Bersihkan bad sektor pada kartu memori
Salah satu cara mengatasi kartu memori rusak tanpa memformatnya adalah membersihkan bad sektor melalui pc atau laptop yang mana bad sektor juga menjadi faktor rusaknya kartu memori.

Caranya hubungkan kartu memori kamu dengan card reader atau kabel data kemudian klik kanan pada kartu memori  dan berikut tahapannya.

  • pilih properties
  • tools
  • check now
  • beri centang pada Automatically fix file system errors
  • Scan for and attempt recovery of bad sector
  • klik tombol stars untuk memulainya
dan cara ini juga dapat diberlakukan pada  USB flashdisk.

3.Scan kartu memori dengan anti virus
Mungkin cara ini agak sama dengan di atas namun inilah sebagian cara yang mungkin dapat kamu gunakan, dan tidak jarang juga memori kenak virus dan hal ini memang rawan terjadi pada kartu memori yang kebanyakan orang sering mengerim lagu atau aplikasi dari teman keteman dari situlah virus dapat masuk pada kartu memori kamu. 

Proses scan kamu dapat menggunkan anti virus yang sudah ada pada pc kamu, seperti Smadav, Avira, atau AVG yang terkenal ampuh. jika benar memori terdeteksi virus segeralahh bersihkan virus tersebut lalu pasangkan kembali pada hp kamu.

4.Mengunakan aplikasi pihak ketiga
Cara yang keempat menggunakan bantuan aplikasi yang mana hal ini sudah banyak penyedia aplikasi untuk mengatasi memori rusak tanpa memformatnya, aplikasi ini sangat bervariasi dan begitu juga dengan cara penggunaanya, berikut daftar aplikasi untuk memperbaiki kartu memori rusak tidak terbaca atau minta format. kamu dapat mendonwloadnya diinternet atau Playstore.

  1.     Icare Data Recovery
  2.     Stellar Phoenix Photo Recovery 
  3.     Paretologic Data Recovery Pro
  4.     Minitool Power Data Recovery Full
  5.     M3 Raw Drive Recovery uh
  6.     Power Data Recovery Full/Portable

Mungkin begini saja cara mengatasi kartu memori rusak tanpa memformatnya dan jika belum berhasil jalan satu-satunya memformat kartu memori tersebut dan semua data akan hilang,  semoga membantu.
Mungkin Anda Juga Ingin Baca

TerPopuler